spot_imgspot_imgspot_img
Rabu, Juni 12, 2024
spot_imgspot_imgspot_img
BerandaBERITAMengintip Isi Museum Islam Indonesia KH. Hasyim Asy'ari

Mengintip Isi Museum Islam Indonesia KH. Hasyim Asy’ari

Moderatpers.com – Selain dikemas dalam buku-buku paket yang dipelajari di sekolah, kisah sejarah datangnya Islam ke Nusantara juga bisa ditemukan di Museum Islam Indonesia KH. Hasyim Asyari atau yang biasa disebut dengan MINHA.

Museum yang dibangun dengan nama awal Museum Islam Nusantara KH. Hasyim Asyari ini, terletak di Kawasan Makam Gus Dur Pesantren Tebuireng, Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang.

Bentuknya yang unik, membuat MINHA memiliki daya tarik tersendiri bagi banyak orang, khususnya para peziarah. Bukan hanya berkunjung, wisatawan juga terkadang datang hanya untuk sekadar berswa foto di depan gedung.

Lalu sebenarnya, apa sih isi dari museum berbentuk piramida ini?

MINHA memiliki lima lantai. Tiga lantai diantaranya berisi koleksi tentang sejarah peradaban Islam di Nusantara. Karena belum mendapatkan izin dari Kemendikbudristek untuk beroprasi penuh, pada saat musieum dibuka, pengunjung hanya di perbolehkan berada di lantai satu saja.

“Jadi, lantai pertama ini berisi bagaimana kisah sejarah masuknya Islam, lantai kedua berisi sejarah Islam di masa perjuangan, lantai ketiga berisi sejarah Islam setelah kemerdekaan, lantai keempat digunakan sebagai kantor, dan lantai tertinggi atau kelima itu musala,” ungkap salah seorang penjaga MINHA yang tidak ingin disebutkan namanya, pada Sabtu, (05/03).

Selain berisi kisah sejarah Islam di Indonesia, MINHA juga menyuguhkan sejarah biografi KH. Hasyim Asyari selaku pendiri Pondok Pesantren Tebuireng, pendiri Nahdlatul ‘Ulama – serta benda-benda peninggalannya seperti Al-Qur’an yang sering dibaca oleh Mbah Hasyim, terompah dan tongkat yang ia gunakan, dan lain-lain.

“Terompah dan tongkat Mbah Hasyim ini replikanya. Karena yang asli disimpan di Pondok Tebuireng, ” jelas penjaga MINHA.

Baca Juga : Bertepatan Dengan Hari Pahlawan, Museum Islam Indonesia Hasyim Asy’ari (MINHA) Resmi Dibuka Kembali

MINHA sendiri diresmikan pada tanggal 18 Desember 2018 oleh Presiden Jokowi,  dan dibuka untuk umum. Sampai tahun 2020, ditutup kembali karena adanya pandemi. Kemudian, MINHA dibuka kembali pada tanggal 11 November 2021 atas izin Kemendikbudristek, namun tetap dibatasi.

Selain karena pandemi, alasan lain MINHA belum bisa beroperasi adalah karena MINHA belum sepenuhnya diserahkan kepermuseuman Jawa Timur. Maka yang menjaga sekarang adalah petugas dari BPCB (Balai Pelestarian Cagar Budaya) Provinsi Jawa Timur yang berpusat di Trowulan, Mojokerto di bawah kendali  Kemendikbudristek.

 

Pewarna : Rindi Andriansah (Anggota Magang UKMP Moderat 2022)

Editor : Inni Shofia Amalia

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Follow My

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6285717777301

Baca Juga

Senin Puisi (SenPus) #Bebas-7

0
"Beberapa orang akan pergi dari hidupmu, tapi itu bukan akhir dari ceritamu. Itu cuma akhir dari bagian mereka di ceritamu.” - Faraaz Kazi Dalam Pusara Oleh:...
Foto : KPUM UNHASY

Dipertanyakan karena memberi kelonggaran kepada Paslon, KPUM Beri Jawaban

0
Moderatpers - Pemilihan Raya (PEMIRA) Universitas Hasyim Asy'ari akan segera dilaksanakan. Para mahasiswa akan segera menyambut pesta demokrasi kampus. Di tengah persiapan menghadapi PEMIRA,...

Di Akhir Kepengurusan, KSPM GI BEI FE Adakan Analisis Teknikal

4
Moderatpers.com - Rabu, (15/09), Di akhir kepengurusan Kelompok Studi Pasar Modal Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia Fakultas Ekonomi (KSPM GI BEI FE) Unhasy periode...
Foto : Seminar Penghijauan Fi Balai Desa Gebang Bunder

Bersama BIMAPALA, KDLK 28 UNHASY Gelar Seminar Penghijauan

17
moderatpers -mUnit Kegiatan Mahasiswa (Binaniaga Mahasiswa Pecinta Alam) bersama kelompok 28 Kuliah Di Luar Kampus (KDLK) Universitas Hasyim Asy’ari menggelar kegiatan seminar penghijauan yang...

Senin puisi #3

0
Dunia Sedang Tidak Baik-Baik SajaBy limajari45 Pandemi tak kunjung berakhirSemua solusi sudah dikeluarkanUntuk menjawab semua keluhanDari segi lahir maupun batinTapi hasilnya masih saja nihil Sebenarnya ada...