spot_imgspot_imgspot_img
Kamis, Juni 20, 2024
spot_imgspot_imgspot_img
BerandaBERITAHaul Gus Dur ke-12, Usung Tema “Bangkit Bersama Dengan Bahagia”

Haul Gus Dur ke-12, Usung Tema “Bangkit Bersama Dengan Bahagia”

Moderatpers.com – Peringatan haul Presiden RI ke-4, KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang ke-12 mengusung tema “Bangkit Bersama dengan Bahagia”.

Acara diselenggarakan secara hybrid pada kamis (30/12). Disiarkan langsung di 4 titik, yakni kediaman Gus Dur di Ciganjur, PP Tebuireng Jombang, Kedutaan besar Indonesia di Jerman, dan Pcacc Vilage Yogyakarta, acara berjalan lancar dan khidmat.

Putri sulung sekaligus ketua panitia haul Gus Dur ke-12 Yenni Wahid, mengungkapkan bahwa setiap peringatan haul ayahnya, selalu mempunyai tema dan fungsi tersirat.

“Fungsinya bisa menjadi ajang budaya, ekspresi budaya, ekspresi kebangsaan. Selain itu dapat menjadi momen reflektif untuk menilai atau melihat perjalanan bangsa ini,” kata Yenni saat memberikan sambutan.

Keluarga berharap, peringatan wafatnya sang tokoh pluralisme ini dapat menjadi refleksi membangkitkan semangat keterpurukan bangsa ini dalam menghadapi pandemi.

Baca Juga : Tebuireng Adakan Seminar Bertajuk “Refleksi Sejarah Resolusi Jihad Untuk Kaum Muda Milenial”

Ciri khas Gus Dur yang selalu terlihat bahagia meski keadaan sedang genting pun harapannya yang dapat diteladani juga. Dimana, putra KH. Wahid Hasyim itu selalu terlihat tertawa dan tersenyum.

Hal itu merupakan simbol kekuatan yang terpancar darinya yang membawa dampak positif hingga kini. Karena hal itulah, banyak orang yang merasa dekat dan nyaman dengannya.

Gus Dur tidak pernah menganggap dirinya serius, dirinya pejabat, dan bahkan suka menertawakan dirinya sendiri.

Baca Juga : Launching & Bedah Buku Gus Sholah “Sang Arsitek Pemersatu Umat” Dalam Rangka Haul Pertama KH. Salahuddin Wahid

“Bukan karena perkara Gus Dur suka guyonan, tapi cara pandangnya yang memang berdasarkan dalil yassiru walaa tu’assir, (permudahlah, jangan di persulit). Gitu aja kok repot,” tambah Yenni mengucapkan kata andalan ayahnya.

Acara haul juga disiarkan daring via zoom meeting dan live melalui kanal youtube Tebuireng Official, Channel TV9, Kompas TV, Ajwa TV, TVNU, dan Wahid Foundation.

Dihadiri sejumlah duta besar, tokoh nasional, pemuka agama, seniman nusantara, dan sahabat Gus Dur, acara ini dimulai dengan pembacaan yasin dan tahlil oleh para tokoh agama, testimoni dari berbagai tokoh, serta pagelaran musik dan selawat anak cucu Gus Dur.

 

 

Pewarta : Halimatus Sholihah

Editor : Rokhimatul Inayah

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Follow My

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6285717777301

Baca Juga

Lewat Drama ‘Gantung’ Haris Sampaikan Pesan Ini

Lewat Drama ‘Gantung’ Haris Sampaikan Pesan Ini

0
Moderatpers.com – Lewat pementasan drama teater berjudul ‘Gantung’, Haris Abdul Munir sampaikan pesan bahwa orang yang memberi nasihat kepada orang lain yang sedang terkena...
Kronologi Sejarah Hari Pahlawan 10

Kronologi Sejarah Hari Pahlawan 10 November

0
Moderatpers.com - Setiap tanggal 10 November, rakyat Indonesia selalu merayakan hari pahlawan. Hari Pahlawan ditetapkan untuk memperingati perjuangan para pahlawan yang gugur dalam pertempuran...
Unhasy Tandatangani MoU Bidang Tarbiyah Bersama IAIM NU Lampung

Unhasy Tandatangani MoU Bidang Tarbiyah Bersama IAIM NU Lampung

15
Moderatpers.com - Universitas Hasyim Asy’ari (Unhasy) tanda tangani Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman dengan Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIM NU) Metro...

FORMULIR ANGGOTA DEMISSIONER UKM FUM / MODERAT

5
Selam Berproses... Kami mengucapkan terima kasih kepada semua kakak Demisioner UKMP MODERAT Yang telah memberikan kami kesempatan untuk berproses di ukmp ini, ilmu dan pengalaman...

Membedah Ideologi Bangsa Melalui Nobar Film The EndGame

0
Möderatpers.com- Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia Dewan Kota Kediri (PPMI DK Kediri) dan Ikatan Badan Eksekutif Mahasiswa se Jombang (IKABEMJO) menggelar nonton bareng (Nobar)...