spot_imgspot_imgspot_img
Rabu, Juni 12, 2024
spot_imgspot_imgspot_img
BerandaBERITAMHQ, Pondok Qur’an Rintisan di Kawasan Tebuireng Jombang

MHQ, Pondok Qur’an Rintisan di Kawasan Tebuireng Jombang

Moderatpers.com – Tidak bisa dipungkiri, kawasan Tebuireng Kabupaten Jombang merupakan salah satu kiblat umat muslim di Indonesia. Hal itu melekat setelah Hadratussyaikh KH Hasyim Asy’ari mendirikan Pesantren Tebuireng pada 1899, dan Nahdlatul ‘Ulama (NU) di tahun 1926.

Lambat laun, banyak kiai di sekitar Tebuireng ikut mendirikan pesantren guna melanjutkan dakwah Islam. Salah satu pendiri pondok pesantren di kawasan Tebuireng Jombang adalah Ahmad Daroji atau yang akrab disapa Pak Ji. Ia merupakan pengasuh Pondok Pesantren Manba’ul Huffadzil Qur’an (MHQ), Desa Cukir, Kecamatan Diwek.

Terletak tidak jauh dari Universitas Hasyim Asy’ari, santrinya pun di dominasi oleh mahasiswa/i Unhasy.  Kendati tak sebesar asrama-asrama yang berada di kawasan Tebuireng, namun keberadaan MHQ bisa dibilang cukup memiliki pengaruh besar.

“Bapak itu awalnya cuma membantu menyimak setoran hafalan Al-Qur’an dari santri pondok Walisongo dan Darul Falah. Tapi alhamdulillah bisa sampai punya pondok sendiri,” kata Taqiyudin (putra Ahmad Daroji).

Baca Juga : Potret Al-Karimiyah, Pondok Pesantren Yang Fokus Pada Pendidikan Akhlak

Berawal dari tahun 2003, Pak Ji mulai menjadi guru setoran Al-Qur’an, baik bin nadhor (dengan melihat) maupun bil hifdzi (dengan menghafal). Kemudian, memasuki awal tahun 2005 barulah ada santri yang bermukim di rumahnya.

Jumlahnya tak banyak, hanya 4 santri putra, dan 2 santri putri. Namun, kegigihannya dalam menyebarkan syi’ar agama membuat jumlah santri terus bertambah dari tahun ke tahun. Hingga akhirnya, Pak Ji pun dapat membuatkan bilik-bilik kamar bagi santri-santrinya.

Meskipun asrama tempat tinggal santri terbilang seadanya, dengan usaha dan semangat tinggi, saat ini Pak Ji mampu merintis pembangunan asrama dengan bangunan yang layak.

Dok. Foto : Pembangunan asrama Pondok Pesantren Manba’ul Huffadzil Qur’an (MHQ), Desa Cukir, Kecamatan Diwek.
Dok. Foto : Pembangunan asrama Pondok Pesantren Manba’ul Huffadzil Qur’an (MHQ), Desa Cukir, Kecamatan Diwek.

“Pembangunan asrama putri sudah 720 hari berjalan. Tidak ada uang dari pemerintah, tapi alhamdulillah bisa berdiri atas izin dan rida Allah,” kata Pak Ji, Senin, 03 Januari 2022.

Selain MHQ, jauh sebelum kemerdekaan dan reformasi, juga sudah banyak pesantren yang berdiri di kawasan Ponpes Tebuireng. Baik yang fokus mengkaji Al-Qur’an, hadits, fikih, ilmu falak, dan keilmuan lainnya.

Baca Juga : Haul Gus Dur ke-12, Usung Tema “Bangkit Bersama Dengan Bahagia”

Beberapa diantaranya ialah Ponpes Salafiyah Syafi’iyah Seblak yang didirikan oleh KH Ma’shum ‘Ali pada 1921. Kemudian Ponpes Walisongo yang beridiri pada 1952 oleh KH Adlan Aly. Ponpes Darul Falah yang dirintis oleh KH Aly Adlan pada 1977, dan pesantren-pesantren lainnya yang bejejer di kawasan Tebuireng.

Tak bisa di pungkiri, kini pesantren-pesantren itu kiprahnya pun cukup besar dan banyak melahirkan ‘ulama yang tersebar di seluruh Indonesia. Bahkan, beberapa diantaranya termasuk keturunan Hasyim Asy’ari. Namun, di era kontemporer ini juga banyak santri-santri lulusan pesantren kawasan Tebuireng yang ikut mendirikan asrama di area tersebut.

Banyaknya pondok di kawasan Tebuireng menandakan, kiprah pesantren sebagai tempat mengaji dan belajar masih dibutuhkan di era yang serba modern ini. Para orang tua  menyadari, menitipkan anaknya di pesantren merupakan cara terbaik untuk menanamkan nilai-nilai agama, dan menjauhkan dari pergaulan bebas.

 

 

Pewarta : Halimatus Sholihah

Editor : Rokhimatul Inayah

 

 

 

 

 

7 KOMENTAR

  1. Hi! I know this is kinda off topic but I was wondering if you knew where I could locate a captcha plugin for my comment form? I’m using the same blog platform as yours and I’m having problems finding one? Thanks a lot!

  2. Hello there, I discovered your web site via Google whilst looking for a comparable topic, your web site got here up, it appears good. I have bookmarked it in my google bookmarks.

  3. Wow! This can be one particular of the most useful blogs We have ever arrive across on this subject. Actually Excellent. I am also a specialist in this topic so I can understand your effort.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Follow My

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6285717777301

Baca Juga

Kajian Ramadhan HMP EKIS (Dok. Elfira )

HMP EKIS Gelar Buka Bersama Dan Kajian Ramadhan “Halal Enterpreunership”

5
ModeratPers - Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Ekonomi Islam (EKIS) Universitas Hasyim Asy'ari (UNHASY) menggelar buka bersama dan kajian ramadhan, Kegiatan tersebut dilaksanakan di Lobby...
Alasan Jombang Dikenal Sebagai Kiblat Warga Nahdliyin

Alasan Jombang Dikenal Sebagai Kiblat Warga Nahdliyin

0
Moderatpers.com – Meskipun secara resmi NU berdiri di Surabaya, namun hingga kini, kota yang dikenal sebagai kiblat Nahdlatul Ulama’ (NU) adalah Jombang. Tidak heran,...
workshop

Pelatihan Hoax Busting and Digital Hygiene oleh Mahasiswa FUM Tebuireng

2
  Moderatpers.com- Unit Kegiatan Mahasiswa Forum UNHASY Menulis atau yang biasa dikenal dengan UKM FUM telah rampung mengadakan acara Half Day Basics Workshop-Hoax Busting and...

Senin Puisi (SenPus) #Ketuhanan

68
"Allah tidak akan pernah membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya."-Q.S. Al-Baqarah (2:286) Untaian Kalam Cinta Karya: Zanatul faizah Dalam hembusan napasku Aku menyebut nama-Mu Dalam tiap langkahku Aku ingat rahmat-Mu Lantunan asma...

Senin Puisi (SenPus) #Bebas-7

0
"Beberapa orang akan pergi dari hidupmu, tapi itu bukan akhir dari ceritamu. Itu cuma akhir dari bagian mereka di ceritamu.” - Faraaz Kazi Dalam Pusara Oleh:...