spot_imgspot_imgspot_img
Rabu, Juni 12, 2024
spot_imgspot_imgspot_img
BerandaUNEK-UNEKArtikelKeistimewaan Malam Lailatul Qadar

Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

ModeratPers – Bulan Ramadhan adalah bulan yang ditunggu – tunggu oleh setiap umat muslim. Bulan yang penuh dengan berkah dan ampunan ini memiliki banyak sekali keistimewaan. Selain waktu turunnya Al-Qur’an, pada bulan ini terdapat suatu malam yang penuh dengan kemuliaan yaitu Lailatul Qadar.

Lailatul Qadar adalah malam spesial yang menjadi hadiah dari Allah kepada umat nabi Muhammad yang tidak diberikan kepada umat-umat sebelumnya. Oleh karena itu, momen itu tidak boleh di sia-siakan oleh umat muslim.

Pada malam Lailatul Qadar, setiap umat muslim berlomba-lomba untuk mengerjakan amal sholeh agar mendapat rahmat, ampunan, syafaat dan pahala yang berlipat-lipat dimalam istimewa itu. beberapa keistimewaan yang terdapat  pada malam Lailatul Qadar antara lain adalah:

  1. Malam Yang Lebih Baik Dari Seribu Bulan

Lailatu qodar adalah malam kemuliaan. Lailatul qodar sering juga disebut malam 1000 bulan. Karena pada malam itu, siapapun yang melakukan ibadah di malam tersebut, maka nilai ibadanya lebih baik dari melaksanakan ibadah 1000 bulan atau 30 ribu malam yang setara dengan 83 tahun 4 bulan.

Rasulullah bersabda:

Sesungguhnya bulan Ramadhan ini telah menghampiri kalian. Dan di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa yang terhalang dari menjumpainya, maka sungguh dia telah terhalang dari seluruh kebaikan. Dan tidaklah terhalang dari menjumpainya kecuali orang-orang yang merugi.” (HR. Ibnu Majah).

Dalam Al-Qur’an dijelaskan :

اِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ (١) وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (٢) لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْر (٣) تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْر (٤) سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ(5) –

Artinya :  “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam Qadr. Dan tahukan kamu apa malam Qadr itu? (yaitu) malam Qadr itu lebih baik dari malam seribu bulan. Pada malam itu, turun para malaikat dan ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Sejahteralah malam itu hingga terbit fajar.” (QS. Al-Qadr : 1-5)

Baca Juga : Ramadan Bulan Istimewa

  1. Malam Penuh Berkah

Malam lailatul qadar adalah malam yang penuh keberkahan dan kebaikan. Pada saat itu Allah akan mengutus malaikat untuk turun ke bumi dan membagikan keberkahan dan rahmat bagi umat muslim yang beribadah pada malam tersebut.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Qur’an Surat Ad Dukhan ayat 3

إِنَّآ أَنزَلْنَٰهُ فِى لَيْلَةٍ مُّبَٰرَكَةٍ ۚ إِنَّا كُنَّا مُنذِرِينَ

Yang artinya : sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan

  1. Malam Penghapus Dosa

Pada malam tersebut Allah SWT membuka lebar pintu ampunan bagi umat muslim, dan bagi mereka yang beribadah di malam lailatul qadar, maka dosa ia akan diampuni, karena beribadah pada malam hari merupakan ibadah yang dapat menghapuskan dosa-dosa.

Abu Hurairah ra. Berkata, Rasulullah SAW bersabda,

“Barangsiapa melakukan sholat sunnah (ibadah) pada malam Lailatul Qadar dengan penuh keimanan dan hanya mengharapkan pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (Muttafaq’alaih)

Baca Juga : Takjil, Makna Asli dan Penyerapannya dalam Bahasa Indonesia

  1. Malam Ditetapkannya Takdir

Allah akan menentukan dan mencatat takdir seorang muslim mencatat takdir ajal, rezeki, jodoh, dan lainnya untuk setiap muslim pada malam lailatul qadar. Apabila melaksanakan amal ibadah dengan khusyu dan bersungguh-sungguh, maka akan dicatat oleh Allah takdir baik untuknya.

Allah berfirman pada Qur’an Surat Ad-Dukhan ayat 4,

فِيهَا يُفْرَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ

Artinya : “Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah.”

Betapa banyaknya keistimewaan Lailatul Qadar yang telah dijelaskan diatas menjadi motivasi bagi umat Islam untuk memperbanyak amal di bulan Ramadhan. Tak hanya itu, momentum itu juga menjadi kesempatan bagi umat muslim untuk berbenah dan meningkatkan kualitas iman dan takwa.

 

Penulis : Nur Kholifah

Editor : M. Maksum Ali

 

 

5 KOMENTAR

  1. I have been exploring for a little bit for any high-quality articles or blog posts on this sort of area . Exploring in Yahoo I finally stumbled upon this site. Reading this info So i am happy to show that I’ve a very just right uncanny feeling I discovered just what I needed. I most indubitably will make certain to do not forget this site and provides it a glance regularly.

  2. You actually make it seem so easy together with your presentation but I find this topic to be really something which I think I might by no means understand. It kind of feels too complicated and very huge for me. I am taking a look forward in your next put up, I’ll attempt to get the cling of it!

  3. I’m impressed, I must say. Really rarely do I encounter a blog that’s each educative and entertaining, and let me tell you, you’ve hit the nail on the head. Your idea is excellent; the issue is something that not sufficient individuals are talking intelligently about. I am very pleased that I stumbled across this in my search for one thing regarding this.

  4. Excellent beat ! I wish to apprentice whilst you amend your website, how could i subscribe for a blog web site? The account aided me a applicable deal. I have been a little bit acquainted of this your broadcast provided vivid transparent concept

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Follow My

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6285717777301

Baca Juga

SEMINAR NASIONAL MUSYAWAROH WILAYAH DPW IV OLEH PERSATUAN MAHASISWA BAHASA ARAB SE-INDONESIA

9
Jombang, 5 Oktober 2019.Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang, terpilih menjadi tuan rumah diselenggarakannya acara musyawarah wilayah ithla' DPW IV 2019.Acara ini, merupakan acara rutinan...
Foto: Anggota UKM Futsal Unhasy

UKM Futsal Unhasy, Aktif Di Tengah Pandemi

4
Moderatpers.com – UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Futsal merupakan salah satu UKM yang tetap aktif di tengah pandemi ini. UKM ini menggandrungi minat dan bakat...

Eksistensi Ekskul drumband MA Hasyim Asy’ari Jogoroto

0
Moderatpers - Drumband  atau marching band adalah salah satu ekstrakulikuler di sekolah yang cukup populer dan menarik perhatian siswa mulai dari tingkat SD hingga...

Senpus #Bebas

58
-Hidup adalah soal keberanian-  Alam by: Mia Di pagi hari matahari Bersembunyi dibalik awan Menyinari bumi dan samudra tanpa henti Angin berbisik lembut, melalui dedaunan hijau Menceritakan kisah tentang kehidupan. Sungai mengalir seperti...

Gadis di Sudut Kelas

7
Oleh: Zainatul Faizah   Suara riuh siswa-siswi terdengar hingga ke penjuru sebuah bangunan minimalis yang bercat biru dengan kombinasi putih. SMA Abzari, begitulah nama plang yang...