spot_imgspot_imgspot_img
Minggu, Juni 23, 2024
spot_imgspot_imgspot_img
BerandaUNEK-UNEKArtikelRamadan Bulan Istimewa

Ramadan Bulan Istimewa

Moderatper.com – Tak terasa, umat muslim telah berada dalam bulan Ramadan kembali, bahkan sudah memasuki hari ke 9. Dalam bulan suci ini terdapat banyak keistimewaan yang membedakannya dengan bulan-bulan lainnya.

Allah mengistimewakan kedudukan bulan Ramadan diantara bulan-bulan lainnya, layaknya kedudukan bulan purnama diantara ribuan bintang dilangit malam yang gelap. Bahkan, hanya dengan bergembira akan hadirnya saja dijanjikan bahwa kelak tak akan tersentuh api neraka.

Bulan ramadan adalah bulan yang di dalamnya Allah turunkan kemuliaan berupa ayat-ayat-Nya, yakni Al-Qur’an. Siapun yang memahami keistimewaan ini, maka dia akan mengisi ramadan dengan tilawah Qur’an atau yang sering kita kenal dengan tadarusan.

Allah SWT berfirman,”Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)”. (QS. Al-Baqarah: 185).

Dalam bulan Ramadan pula, Allah memilih untuk meletakkan salah satu kewajiban dari rukun Islam yang lima, yaitu berpuasa. Orang-orang yang berpuasa pada bulan ini akan mendapat keistimewaan dari Allah SWT berupa ampunan atas dosa-dosa yang dimiliki. Sehingga Ramadan juga istimewa karena menjadi momen yang paling baik untuk penghapusan dosa atau bertobat. Pada suatu hadis dijelaskan :

“Islam dibangun atas lima (rukun); bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah melainkan Allah, dan sesungguhnya Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, mendirikan salat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan Ramadhan, dan haji ke Baitullah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca Juga : Ramadan dan Segala Tradisinya di Indonesia

Jika berpuasa di bulan ini, tidak hanya menggugurkan kewajiban, tetapi juga dilipatgandakan layaknya berpuasa selama setahun penuh. Imam Ahmad meriwayatkan, bahwasanya Nabi SAW bersabda :

“Siapa yang berpuasa pada bulan Ramadan, maka satu bulan sama seperti sepuhu bulan. Dan siapa yang berpuasa setelah itu, berpuasa selama enam hari sesudah Id (Syawawl), hal itu sama nilainya dengan puasa sepurna satu tahun.” (HR. Ahmad).

Keistimewaan Ramadan lainnya berupa terdapatnya lailatul qadar, yakni malam 10 hari terakhir pada malam-malam ganjil di akhir bulan Ramadan. Malam ini bernilai lebih baik dari pada seribu bulan. Dimana ketika seseorang melakukan satu ibadah yang bertepatan dengan malam itu, maka akan dinilai dengan seribu pahala.

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur’an) pada malam qadar. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.” (QS. Al Qadr ayat 1-5)

Dengan keistimewaannya yang terlampau banyak di atas, maka bukankah seharusnya kita menyadari dan mensyukuri bahwa masih dibertemukan kembali dengan bulan ramadan ini. Alangkah istimewa lagi jika kita bisa menjalani bulan ini dan meraih berkahnya dengan memaksimal ibadah, agar kita juga menjadi orang yang istimewa diantara manusia lainnya.

Wallahu a’lam bissawab …

 

Penulis : Lulu Ilmaknun

Editor : Rokhimatul Inayah

114 KOMENTAR

  1. Точно трендовые новости модного мира.
    Исчерпывающие новости всемирных подуимов.
    Модные дома, лейблы, высокая мода.
    Самое лучшее место для трендовых хайпбистов.
    https://worldsfashion.ru/

  2. Полностью актуальные события индустрии.
    Абсолютно все эвенты известнейших подуимов.
    Модные дома, бренды, гедонизм.
    Лучшее место для модных людей.
    https://sofiamoda.ru

  3. Right here is the right site for everyone who wants to understand this topic. You know so much its almost hard to argue with you (not that I actually would want to…HaHa). You definitely put a new spin on a topic which has been written about for ages. Excellent stuff, just excellent.

  4. Aw, this became an exceptionally nice post. In idea I have to set up writing like this additionally – taking time and actual effort to make a good article… but so what can I say… I procrastinate alot and also by no means manage to go accomplished.

  5. Great post. I was checking continuously this blog and I’m impressed! Extremely helpful info particularly the last part I care for such information a lot. I was seeking this particular info for a very long time. Thank you and best of luck.

  6. And with most origin films, this one spent considerable time in establishing the ground rules for discovery of powers, the relationships between characters, all primed for action sequences in between long drawn narratives building up toward that inevitable big bang conclusion which contained everything but the kitchen sink.

  7. Самые стильные события мира fashion.
    Исчерпывающие новости всемирных подуимов.
    Модные дома, бренды, высокая мода.
    Лучшее место для стильныех хайпбистов.
    https://miramoda.ru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Follow My

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6285717777301

Baca Juga

Foto : KPUM UNHASY

Dipertanyakan karena memberi kelonggaran kepada Paslon, KPUM Beri Jawaban

0
Moderatpers - Pemilihan Raya (PEMIRA) Universitas Hasyim Asy'ari akan segera dilaksanakan. Para mahasiswa akan segera menyambut pesta demokrasi kampus. Di tengah persiapan menghadapi PEMIRA,...
Kemeriahan event haul Gus Dur ke-14 Tour to Gus Dur Dok. Irma Isma, Cukir, Diwek, Jombang (17/12/23)

Memperingati Haul ke-14 Gus Dur, KOSTI gelar Gowes Tour to Gus Dur

28
Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) Mengelar acara “Tour to Gus Dur” di kawasan Museum Islam Indonesia KH. Hasyim Asy’ari Jombang. Kegiatan ini dilaksanankan pada...

Pisah kenang mahasiswa AMSP UNHASY di SMPN 1 Jombang

0
moderatpers - Penutupan Program Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan (AMSP) mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Hasyim Asy’ari (UNHASY)  di SMPN 1 Jombang pada (23/12/22). Mahasiswa...
Pertama Kalinya, UKM PSM UTAC Adakan Pembaiatan Anggota Baru

Pertama Kalinya, UKM PSM UTAC Adakan Pembaiatan Anggota Baru

0
Moderatpers.com – Untuk pertama kalinya, Unit Kegiatan Mahasiswa Paduan Suara Mahasiswa Unhasy Tebuireng Al-Wardah Choir (UKM PSM UTAC) melaksanakan pembaiatan atau peresmian anggota baru,...
Pementasan Parade Teater (Dok. Atiq)

Parade Teater Mbureng, Silaturahmi Budaya Se – Jawa Timur Bertajuk “Tribute To Gus Dur”

133
ModeratPers - Unit kegiatan mahasiswa ( UKM ) Teater Mbureng Universitas Hasyim Asyim Asyari ( UNHASY) Menggelar acara silaturahim Budaya dan Parade Teater Se...