spot_imgspot_imgspot_img
Rabu, Juni 12, 2024
spot_imgspot_imgspot_img
BerandaBERITASah Menjadi UKM, UPTQ Unhasy Gelar Tasyakuran dan Peresmian Anggota Baru

Sah Menjadi UKM, UPTQ Unhasy Gelar Tasyakuran dan Peresmian Anggota Baru

Moderatpers.com – Sah menjadi Unit kegiatan mahasiswa (UKM) di kampus, Unit Pengembangan Tahfidzul Qur’an (UPTQ) Unhasy menggelar acara tasyakuran dan peresmian anggota baru. Acara ini diselenggarakan di lobi kampus C pada Minggu (27/03).

Acara Tasyakuran ini di isi dengan khotmil Qur’an yang berlangsung mulai pukul 8 pagi hingga 1 siang. Setelah itu dilanjutkan dengan peresmian anggota baru. Ketua UPTQ M. Lutfi Hakim menyebutkan, bahwa diselenggarakannya acara ini bertujuan Untuk menghidupkan kembali rutinan khotmil Qur’an di kampus yang sempat vakum beberapa waktu karena pandemi.

“Acara tasyakuran dan khotmil quran ini bertujuan untuk menghidupkan kembali Unhasy dengan lantunan-lantunan Al-Qur’an sekaligus untuk meresmikan UKM ini,” kata Lutfi saat di wawancarai.

Dalam keanggotaannya, tercatat ada 90 mahasiswa yang terdaftar di UKM ini. Karena acara tasyakuran ini dilaksanakan pada jam aktif kuliah, hanya ada 21 anggota yang bisa hadir. Selain anggota baru, acara ini juga turut dihadiri oleh UPTQ dari Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA).

Baca Juga : Sejarah Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an Tebuireng

Latar belakang didirikannya UKM ini, adalah untuk menjadi wadah bagi mahasiswa penghafal Al-Qur’an dan sebagai media untuk belajar bersama dalam mengembangkan ilmu Al-Qur’an. Untuk bergabung menjadi anggota, tidak ada batasan minimal perolehan hafalan. Bahkan mahasiswa yang belum fasih dalam membaca Al-Qur’an pun bisa ikut bergabung dan belajar bersama di UKM ini.

“Disini tidak ada batasan minimal perolehan juz. Semuanya belajar bersama bahkan yang belum bisa mengaji juga sangat diperbolehkan untuk bergabung di UPTQ ini,” kata Lutfi.

Para mahasiswa yang tergabung dalam UKM ini merasa sangat senang. Selain sebagai wadah para huffadz di lingkungan kampus, berdirinya UPTQ ini juga bertujuan untuk mengembangkan keilmuan Al-Qur’an bagi para mahasiswa.

“Alasan saya masuk UPTQ ini agar bisa menanamkan jiwa qurani pada diri saya dan sebagai wadah untuk menyalurkan ilmu Al-Qur’an di sekitar kampus Unhasy,” kata Rifqy, salah satu anggota baru UPTQ Unhasy.

baca juga : Sejarah Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Jogoroto, Jombang

Selain rutin mengadakan khotmil Qur’an dalam sebulan sekali, UKM ini juga memiliki kegiatan lain seperti pembinaan MTQ dan pembelajaran fashohah Al Qur’an. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para anggota bisa belajar bersama-sama dan berprestasi di bidang qur’ani baik di dalam maupun di luar kampus.

Dengan didirikannya UKM ini, Lutfi berharap mampu untuk mencetak mahasiswa yang berwawasan luas dan berjiwa qur’ani. Selain itu, ia juga berharap UPTQ ini bisa dalam kegiatan Al-Qur’an seperti mengadakan majlis semaan dan seminar ulumul Qur’an baik di dalam maupun di luar kampus.

 

Pewarta : Nailis Sa’adah

Editor : M. Maksum Ali

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Follow My

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6285717777301

Baca Juga

Senpus #Bebas

58
-Hidup adalah soal keberanian-  Alam by: Mia Di pagi hari matahari Bersembunyi dibalik awan Menyinari bumi dan samudra tanpa henti Angin berbisik lembut, melalui dedaunan hijau Menceritakan kisah tentang kehidupan. Sungai mengalir seperti...
Foto : Penampilan Peserta Saat Festival Banjari

Jelang Ramadhan, HMP PGMI Gelar Lomba Festival Al-Banjari Tingkat SD/MI Se-Jatim

2
moderatpers - Menjelang bulan suci Ramadhan, Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Hasyim Asy’ari (UNHASY) gelar lomba Festival Al-Banjari tingkat...

Perdana Pembukaan Makam Masyayikh Tebuireng Setelah Pandemi, Selalu Ada Peziarah Di Setiap Jamnya

0
Moderatpers.com - Makam keluarga dan masyayikh pondok pesantren Tebuireng telah resmi dibuka kembali untuk umum pada Senin (1/11/), setelah hampir 2 tahun ditutup karena...

Perspektif Hari Guru Sedunia Dan Perannya Di Mata Dosen Unhasy

4
Moderatpers.com – Setiap tanggal 05 Oktober, selalu diperingati sebagai hari guru internasional atau biasa disebut hari guru sedunia. Hari guru sedunia ini diperingati sejak...

Formulir Anggota UKM FUM

0
Klik link dibawah ini untuk mengisi formulir keanggotaan 👇👇👇👇👇👇👇 https://forms.gle/kKchTYyZ5UxVNnH69