spot_imgspot_imgspot_img
Rabu, Juni 12, 2024
spot_imgspot_imgspot_img
BerandaBERITARespon Dosen dan Mahasiswa FAI dalam Jalankan PTM Terbatas

Respon Dosen dan Mahasiswa FAI dalam Jalankan PTM Terbatas

Moderatpers.com – Kegiatan PTM terbatas di Fakultas Agama Islam Universitas Hasyim Asy’ari (FAI Unhasy) mendapat respon positif dari para mahasiswa dan dosen. Adanya kebijakan PTM terbatas juga dirasa lebih efektif dalam kegiatan belajar mengajar jika dibandingkan dengan pembelajaran online.

“Di bandingkan dengan efektifitas kuliah daring, jelas PTM lebih efektif. Karena bertatap muka langsung antara dosen dan mahasiswa,” ujar Dzikru Alfin Maulaya, mahasiswa semester 4 prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) saat diwawancarai Senin, (14/02).

Sementara itu, Aisyah Nur Cahaya, mahasiswi semester 2 prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) menyebutkan, kebijakan PTM terbatas cukup membantu baginya. Pasalnya, saat pembelajaran daring, ia dan teman-teman mahasiswa lainnya merasa kurang efektif dalam penyampaian materi. Dampaknya, materi yang di serap pun tidak maksimal.

Sedangkan, salah satu mahasiswi jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) semester 2, Putria Wahyu Ningsih menyebutkan, bahwasanya dengan adanya PTM terbatas dapat melatih kedisiplinan pribadi mahasiswa/i baik dalam waktu, maupun disiplin dalam mengerjakan tugas. Adanya pembelajaran tatap muka juga membuat hubungan antar mahasiswa maupun dengan dosen menjadi lebih dekat.

Baca Juga : Sempat Kontroversi Karena Berlakukan Kuliah Online, Unhasy Akhirnya Putuskan PTM Terbatas

Respon para dosen pun juga demikian. Seperti yang dikatakan oleh Mohammad Slamet. S.Ag., M.Pd.I contohnya. Dosen FAI Unhasy itu menyatakan, bahwa pembelajaran tatap muka dapat memberikan kontroling lebih terhadap mahasiswa.

Dok. Foto : Kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di Prodi Hukum Keluarga (HK) semester 4C pada Sabtu, (19/02).
Dok. Foto : Kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di Prodi Hukum Keluarga (HK) semester 4C pada Sabtu, (19/02).

Tidak hanya mengkontrol kejujuran mahasiswa dalam mengerjakan tugas, tetapi juga dapat memantau langsung bagaimana akhlak mahasiswa tersebut. Ia juga mengatakan, bahwasannya dengan tatap muka, proses pendidikan dapat dilaksakan dengan lebih optimal.

Meski kuliah PTM terbatas ini dirasa lebih efektif jika dibandingkan dengan kuliah daring, dalam pelaksanannya masih terdapat beberapa kendala.

“Gak efektifnya pada mahasiswa yang mengikuti perkuliahan secara online. Karena dosen hanya berfokus pada mahasiswa yang mengikuti PTM, sehingga yang online merasa seperti diabaikan.” Kata Ahmad Nurrofik, mahasiswa semester 4 prodi Hukum Keluarga, Minggu (13/02).

Baca Juga : Alasan PTM Terbatas Tak Dilakukan di Semua Fakultas

Terkait kendala, Slamet selaku dosen mengungkapkan, bahwasannya dalam dua pertemuan PTM yang sudah dijalankannya, telah mengalami penurunan yang signifikan terkait kehadiran mahasiswa yang mengikuti perkuliahan offline. Dalam penerapan PTM terbatas ini, antusiasme mahasiswa tidak seperti ketika saat meminta offline.

Salsa selaku mahasiswi prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) semester 2 juga mengeluhkan, bahwa protokol kesehatan di kampus kurang memadai. Seperti kurangnya tempat cuci tangan, dan ketersediaan hand sanitizer. Selain itu, para mahasiswa masih memerlukan adaptasi kedisiplinan dari yang dulunya online menjadi offline.

 

 

Pewarta : Muham M. Mubarok & Ilvi Mariana (Anggota Magang UKMP Moderat 2022)

Editor : Rokhimatul Inayah

 

6 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Follow My

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6285717777301

Baca Juga

workshop

Pelatihan Hoax Busting and Digital Hygiene oleh Mahasiswa FUM Tebuireng

2
  Moderatpers.com- Unit Kegiatan Mahasiswa Forum UNHASY Menulis atau yang biasa dikenal dengan UKM FUM telah rampung mengadakan acara Half Day Basics Workshop-Hoax Busting and...

Ibu, Kunci Peradaban Manusia dan Tonggak Kasih Sayang dalam Keluarga

4
Moderatpers.com – Hari Ibu di Indonesia diperingati setiap tanggal 22 Desember. Begitupun pada tahun ini. Perayaan ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan terhadap perjuangan Ibu....

Masihkah Buku Jendela Dunia ?

0
Berbincang tentang literasi, tentu melekat dengan aktivitas membaca menulis bahkan identik dengan buku. Tentu anda tidak asing pula dengan ungkapan buku adalah jendela dunia,...

Beberapa Stand Ramaikan Festival Wisuda Di UNHASY

0
MINHA.News- Dalam acara festival wisuda Unhasy ini, berbagai macam stand telah berdiri di samping panggung wisuda Unhasy, dimana ada beberapa macam stand seperti isti...

Perspektif dan Prospek Perempuan Masa Kini di Peringatan Hari Kartini

0
  Möderatpers.com – 21 April 2021 selalu di peringati sebagai hari Kartini Nasional. Jika menilik perjuangannya dalam memperjuangkan hak-hak dan emansipasi wanita, Raden Adjeng Kartini...