spot_imgspot_imgspot_img
Rabu, Juni 12, 2024
spot_imgspot_imgspot_img
BerandaBERITAJombangPemandian Sumberpengantin, Situs Budaya Jombang Yang Menyimpan Kisah Misterius

Pemandian Sumberpengantin, Situs Budaya Jombang Yang Menyimpan Kisah Misterius

Moderatpers – Jombang, selain dikenal dengan kota santri, kota ini merupakan salah satu tujuan banyak orang untuk mengunjungi destinasi wisata religi karena banyak sekali makam para Ulama’ dan Auliya’.  Salah satunya adalah komplek makam Tebuireng yang disana tempat dimakamkan nya pendiri Nahdlatul Ulama’, KH. Hasyim Asy’ari dan presiden ke 4 RI, KH. Abdurrahman Wahid.

Tak hanya wisata religi, Jombang juga memiliki destinasi wisata yang menyimpan sejarah, salah satunya adalah tempat pemandian “Sumberpengantin” yang berlokasi di Jogoroto. Lokasi pemandian ini hanya berjarak satu kilometer dari pusat kecamatan Jogoroto.

Meskipun dari namanya terkesan romantis, ternyata tempat wisata ini menyimpan cerita yang misterius. Banyak mitos yang beredar tentang tempat yang menjadi salah satu situs budaya kota Jombang ini.

Nama Sumber Penganten Hingga Kini masih menjadi perdebatan banyak orang lantaran terdapat banyak versi cerita yang berbeda-beda. Salah satu mitos yang hingga kini beredar dan diyakini masyarakat setempat yakni, pada saat jaman kerajaan dulu ada sepasang pengantin yang hubungannya tidak direstui. Setelah itu, sepasang pengantin tersebut melarikan diri Dusun Bendungrejo yang dulunya adalah hutan.

Setibanya di hutan, mereka bersemayam di sebuah mata air. Setelah keluarga dari mempelai wanita tau hal itu, mereka mengejar pasangan tersebut hingga menyebabkan  pertempuran yang membuat sang pria tewas.

Karena kepopuleran cerita tersebut, banyak masyarakat yang datang dari berbagai daerah bukan hanya sekedar berkunjung,  juga melakukan ritual khusus. Puncaknya ketika malam 1 Suro, banyak orang yang mandi di kolam tersebut karena dianggap memiliki nilai kesakralan. Banyak yang percaya tempat ini memiliki khasiat atau dapat mempermudah hajat seseorang.

Meskipun memiliki kisah yang mistis, nyatanya tempat wisata ini masih ramai dikunjungi banyak orang. Umumnya, para pengunjung disini mengisi hari libur mereka untuk berendam di mata air atau memancing.

Pihak pengelola juga telah menyediakan berbagai fasilitas seperti warung makan dan tempat ibadah. Dengan suasana alam rimbun pepohonan, jernihnya air pemandian, serta udaranya yang sejuk, wisata sumber pengantin memberikan suasana yang menghibur dari kejenuhan akan aktivitas sehari hari.

 

Penulis: Roqi Firdaus

Editor: M. Maksum Ali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Follow My

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6285717777301

Baca Juga

Diwarnai Haru Dan Bahagia, UNHASY Kukuhkan 969 Wisudawan

57
ModeratPers - Universitas Hasyim Asy'ari (UNHASY) gelar wisuda Sarjana (S1) ke-32 dan Pascasarjana (S2) ke-21. Pada tahun ini, UNHASY berhasil kukuhkan 969 wisudawan dan...

92 Tahun Sumpah Pemuda,Apa Kabar Indonesia?

0
Moderatpers.com – Sumpah Pemuda, peristiwa bersejarah yang pasti diketahui khalayak umum di Indonesia. Rabu (28/10/2020) kembali diperingati moment bersejarah itu di seluruh nusantara. 92...

Seminar nasional dalam rangka masa ta’aruf mahasiswa baru pendidikan bahasa arab Universitas Hasyim...

0
Moderatpers.com - kamis tanggal 12 agustus menjadi hari bahagia untuk mahasiswa prodi pendidikan bahasa arab Universitas Hasyim Asy’ari karena pada hari itu mereka melakukan...
KH. Musta'in Syafi’i : Al Aman Qoblal Iman

KH. Musta’in Syafi’i : Al Aman Qoblal Iman

0
Moderatpers.com – Pakar ilmu tafsir sekaligus Mudir I Pondok Pesantren Madrasatul Qur'an Tebuireng, KH. Musta'in Syafi'i, M.Ag menjelaskan pentingnya mencegah radikalisme dengan kata “Al...

Flowers & Decorations

1
Brasa eget konvallis an conde mentum iongue nore semi. Proin metus duia im eleifend mollisa de quise pulvinar an retus. Nulla saretra hapien im...