spot_imgspot_imgspot_img
Minggu, Juni 23, 2024
spot_imgspot_imgspot_img
BerandaBERITAGrowth Mindset, Peluang Menuju Perubahan di Era Digital

Growth Mindset, Peluang Menuju Perubahan di Era Digital

Moderatpers.com – Mamik Rosita, S. Ag., M. Pd.I (Pengawas PAI SMP/SMA/SMK Kemenag Kab. Jombang) sebut growth mindset – pola pikir berkembang merupakan peluang menuju perubahan di era digital. Ia juga menjelaskan, bahwa kemampuan ini menjadi peluang untuk berkreasi.

Menurutnya, semua proses yang dialami di bangku pendidikan akan membentuk pribadi masing-masing. Apabila prosesnya dijalani dengan baik, maka hasilnya baik. Namun sebaliknya, jika pola pikirnya stagnan tidak berkembang, maka tidak menghasilkan.

Contohnya, kebanyakan siswa atau mahasiswa yang hanya sekadar masuk organisasi, tanpa mengikuti prosesnya dengan baik, sehingga tidak menorehkan hasil yang maksimal.

“Ada orang yang ikut organisasi, habis dilantik tapi tidak berbuat apa-apa,” kata Bu Mamik (sapaan akrabnya) saat menjadi pembicara pada acara seminar keorganisasian yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (HMP MPI) Unhasy, Kamis, (31/03).

Berbeda lagi jika pola pikir growth mindset ditanamkan sejak dini. Menurutnya, orang yang memikirkan hal ini sangat menghargai proses dan menjadikan kegagalan bukan sebagai akhir. Melainkan sebagai tangga untuk melangkah ke tahap selanjutnya. Oleh sebab itu, orang-orang yang memiliki pola pikir ini dapat memiliki kesempatan yang lebih besar untuk sukses di era digital.

Dalam acara seminar itu, turut diisi pula oleh Suwandi, M. Ed Mgt (Dosen tetap MPI Unhasy) serta Dr. H. Moh. Syamsul Falah, M.Pd (Kaprodi MPI Unhasy) sebagai keynote speaker.

Bertajuk “Mewujudkan Kecakapan Manajemen Organisasi dalam Progresivitas dan Profesionalisme di lingkungan Organisasi Mahasiswa dan Osis”, seminar ini dimulai pukul 09.00 s/d 13.17 WIB.

Baca Juga : HMP PAI Lakukan Kegiatan Pengabdian ke Panti Asuhan

Dihadiri 45 peserta, terdiri dari mahasiswa Unhasy; pengrus OSIS sekolah-sekolah di Jombang; serta IMMAPSI (Ikatan Mahasiswa Manajemen Pendidikan/Administrasi Pendidikan/Manajemen Pendidikan Islam Indonesia) Jawa Timur.

Tujuan diadakannya seminar ini adalah untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan manajemen organisasi di lingkungan siswa dan mahasiswa.

“Kita melihat untuk organisasi-organisasi, baik di kampus maupun sekolah itu sangat-sangat kurang ya. Apalagi dasar-dasar manajemen organisasinya. Jadi tujuan diadakan seminar ini agar mereka bisa mengimplementasikannya baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam organisasi,” kata Lailatus (Ketua pelaksana).

 

Pewarta: Halimatus Sholihah

Editor : Rokhimatul Inayah

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Follow My

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6285717777301

Baca Juga

Bebek dan Seekor Kebahagiaan

0
  Karya: Atiqhaq Di sebuah desa kecil yang dikelilingi oleh hamparan sawah yang hijau, hiduplah seorang petani bernama Ahmad. Ahmad adalah seorang pria yang cerdas, dan...

Senin Puisi (SenPus) #Bebas-10

0
“Home is where you feel at home and are treated well.” - Dalai Lama Rumah Oleh: Zanatul Faizah Bangunannya seluas alam raya Atapnya setinggi angkasa Dindingnya tak memiliki pembatas Lantainya tak...

Puisi Karya Anggota Magang 2021

0
MANUSIA ANGAN Karya: Tania Semua orang tertuju padamu Wahai manusia angan Kau merindu tanpa dirindu Benar dikata jika penciptaanmu karena perkara cinta Engkau dicintai tahu dan tidak tahu Bungaku kenapa kamu...

Karya Sastra PJTD 2023

13
  "Jangan biarkan opini orang lain menenggelamkan suara dari dalam diri Anda" -Steve Jobs. Kemungkinan Karya: Olivia Andi Calista Mungkin, Tuhan memahamimu tanpa kemungkinan Manusia bermungkin-mungkin Meski gemuruh badai, mereka mencari...

BEM FIP Gelar Yasin & Tahlil Virtual Untuk Memperingati 1 Tahun Wafatnya Sang Rektor

0
LPM FUM - Rabu, (2/2), Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Hasyim Asy’ari (BEM FIP UNHASY), mengadakan acara Yasin dan Tahlil untuk memperingati...