spot_imgspot_imgspot_img
Minggu, Juni 23, 2024
spot_imgspot_imgspot_img
BerandaBERITAPeringati Haul Gus Dur ke 14 : Gerakan GUSDURian Adakan Nobar...

Peringati Haul Gus Dur ke 14 : Gerakan GUSDURian Adakan Nobar dan Diskusi

ModeratPers – Dalam rangka memperingati haul Gus Dur ke-14, Gerakan GUSDURian Jombang  gelar diskusi dan nonton bareng (nobar) Film “Di Bawah Bendera Demokrasi”. Acara ini dilaksanakan di lantai 2 Museum Islam Indonesia K.H Hasyim Asyar’i pada sabtu (16/12), dengan mengundang narasumber Akhol Firdaus (Dosen UIN Tulungagung) dan Emma Rahma (Pengasuh PP. Seblak).

Mengusung tema “Meneladani Budaya Demokrasi Gus Dur”, acara ini dihadiri oleh beberapa komunitas non-politik yang bergerak diberbagai bidang dan umumnya terjun pada bidang kemanusiaan. Di antaranya ialah Organisasi Indonesia Tionghoa (INTI) Jombang dan Kelompok Solidaritas Perempuan Keras (KSPK) Desa Keras.

Acara ini dihadiri 95 orang yang berdomisili di wilayah Jombang dan luar Jombang. Beberapa dari mereka berasal dari Kediri, Malang, Jogjakarta, Sidoarjo dll.

Diawali dengan pemutaran profil GUSDURian, acara dilanjutkan pembukaan acara nobar Film Dokumenter “Di Bawah bendera Demokrasi” dengan durasi sekitar 45 menit. Film tersebut merupakan film yang berisi penjelasan mengenai biografi Gus Dur dan pemikiran demokratisnya.

Selanjutnya, diskusi pertama yang dipantik oleh Emma Rahma dengan membahas persoalan demokrasi yang berujung ke kemaslahatan umat, khusus nya kesetaraan gender di Indonesia.  Hal ini sesuai dengan yang dirasakan masyarakat saat Gus Dur  menjabat sebagai presiden RI.

“Gus Dur juga merupakan peletak dasar kebijakan kesetaraan gender di Indonesia yang sangat berpengaruh bagi kehidupan wanita di Indonesia,” Jelasnya

Diskusi kedua dipantik oleh Akhol Firdaus yang membahas tentang kemunduran demokrasi dan sikap tidak peduli terhadap  bangsa Indonesia saat ini. Akhol menyampaikan harapannya kepada anak-anak Indonesia agar mampu menerapkan pemikiran Gus Dur dalam kesehariannya.

“Saya berharap anak Indonesia  dapat terus mengembangkan  dan menerapkan pemikiran Gus Dur dalam kehidupan sehari-hari dengan menghilangkan sikap tidak peduli terhadap bangsa Indonesia,” Ungkapnya.

Beberapa respon baik disampaikan dari peserta yang hadir, salah satunya ialah Sophie, mahasiswi Ma’had Aly.

“Kesannya sangat luar biasa sekali, karena yang hadir disini bukan hanya Generasi Z, tetapi dari semua kalangan usia. Ada juga beberapa peserta yang menyandang disabilitas fisik, dan panitia memberi fasilitas penerjemah bagi mereka,” ungkapnya.

Selain untuk menyebar luaskan kembali nilai-nilai Gus Dur kepada para masyarakat sekitar, khususnya kepada para pemuda. Tujuan acara nonton bareng film “Di Bawah Bendera Demokrasi”  ini yakni ingin menghidupkan komunitas GUSDURian Jombang.

” Bagaimanapun juga Gus Dur adalah orang Jombang, Hadratus Syaikh juga orang Jombang, kita ingin lebih menghidupkan komunitas ini” jelas M. Amrul Haq Zain selaku perwakilan korwil GUSDURian Jatim.

Pewarta: Aysdha, dkk (kelompok magang 2)

Editor: Rindi Andriansah

7 KOMENTAR

  1. Thank you for any other informative site. The place else may just I am getting that type of info written in such a perfect approach? I’ve a venture that I am simply now working on, and I have been on the glance out for such information.

  2. I haven?¦t checked in here for some time as I thought it was getting boring, but the last few posts are great quality so I guess I?¦ll add you back to my everyday bloglist. You deserve it my friend 🙂

  3. Can I simply say what a relief to search out someone who actually knows what theyre talking about on the internet. You definitely know easy methods to carry a difficulty to gentle and make it important. Extra individuals have to read this and perceive this facet of the story. I cant consider youre not more common because you definitely have the gift.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Follow My

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6285717777301

Baca Juga

Sosialisasi Dinas Sosial Jombang Untuk Para Relawan Kemanusiaan

0
LPM FUM – Memasuki Hari kedua penggalangan dana pada Hari Selasa, (26/01), pihak relawan pegiat sosial Unhasy yang disini dilalukan oleh para Ormawa (Organisasi...

Dalam Rangka Diesnat FTI Yang Ke-VII, HMP TI Gelar Webinar Bertajuk “Meningkatkan Pengetahuan Tentang...

52
Möderatpers.com – Jumat, (27/08), Himpunan Mahasiswa Prodi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi (HMP TI FTI) Unhasy menyelenggarakan kegiatan Webinar Nasional dengan tema “Meningkatkan Pengetahuan...

santri Pilihan Bunda

0
Rencana perjodohan Aliza dengan Kinaan tidak pernah terpikir dalam daftar keinginannya. Bagi Aliza, menjalin hubungan asmara dengan seseorang yang sudah dikenal saja merupakan hal...

Prodi Akuntansi FE Unhasy Adakan Pengabdian Kepada Masyarakat Di SMA Kadiri Kras

26
Moderatpers.com - Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy’ari (FE Unhasy) Tebuireng Jombang, telah melangsungkan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMK Kadiri...

Noda Dosen di Cincin Mahasiswa

9
  Moderatpers.com - UKMP MÖDERAT menerbitkan ulang laporan LPM Lintas mengenai kekerasan seksual di lingkungan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon. Republikasi ini merupakan respons...