spot_imgspot_imgspot_img
Minggu, September 8, 2024
spot_imgspot_imgspot_img
BerandaULASANTokohDicky Edyano Putra, Alumnus Tebuireng yang Kini Jadi Pimred Swanara

Dicky Edyano Putra, Alumnus Tebuireng yang Kini Jadi Pimred Swanara

Moderatpers.com – Dicky Edyano Putra, atau yang akrab disapa Dicky, salah satu alumni Pesantren Tebuireng yang kini menjadi Pimpinan Redaksi (Pimred) media berita nasional Swanara.com. Lahir di Tangerang, 24 Maret 1983, Dicky menjadi santri Tebuireng pada tahun 1999 dan bersekolah di Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah jurusan IPA hingga 2002.

Saat ditemui pada acara Gelar Karya Halal bi Halal dan Temu Alumni Nasional Ikatan Alumni Pesantren Tebuireng (Ikapete) pada Kamis, (26/05) kemarin, ia bercerita tentang perjalanannya menjadi wartawan.

Bermula dari kecintaannya pada dunia literasi, Dicky sempat tergabung di media alumni Tebuireng, yaitu Bangsa Online, yang berpusat di Surabaya. “Disana saya belajar banyak tentang jurnalisme.  Dari situ akhirnya saya mulai bekerja di media-media lain,” jelasnya.

Baca Juga : Kisah Nadlifah, Alumnus Unhasy Yang Sukses Menjadi Businesswoman

Usai menyelesaikan studinya di Tebuireng, Dicky kemudian melanjutkan kuliah di Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto dengan mengambil jurusan peternakan. Meskipun tak ada sangkut pautnya dengan dunia jurnalistik, ia tetap menyalurkan hobinya itu dengan menjadi wartawan di Koran Tangerang Raya.

“Dulu sempat gabung Pers Mahasiswa, tapi hanya mengambil sertifikat saja, yaitu Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD). Jadi, hitungannya belum sampai anggota,” tegasnya.

Setelah lulus kuliahpun, bapak 2 anak itu memilih untuk melanjutkan karirnya di dunia berita daripada linear dengan jurusannya. Ia sempat beberapa kali pindah perusahaan media, dan mengalami berbagai ancaman, penyekapan, serta represi salama menjadi wartawan.

“Tapi itu semua gak masalah. Karena kecintaan saya terhadap pers inilah yang membuat saya gak takut,” tegasnya.

Ia pun mengajak para santri dan alumni Tebuireng untuk mencintai dunia jurnalistik. Karena menurutnya, jurnalistik merupakan salah satu jihad yang dapat dilakukan, apalagi di tengah gempuran kecanggihan teknologi.

“Karena, santri itu nantinya memiliki profesi yang beragam. Gak semuanya harus jadi kiai atau ustadz. Ada yang jadi pengusaha, anggota dewan, wartawan, dll,” katanya.

Ia pun berpesan kepada Pers Mahasiswa agar tidak serta merta pilih-pilih berita dan harus menuliskan berita yang akurat dan berimbang, serta menumbuhkan jiwa independen sejak dini. Karena menurutnya, wartawan sudah dilindungi oleh UU Pers, maka apabila ada represi dan kesalahan saat liputan, ada hukum yang mengikat.

“Jangan lupa baca buku tentang pers dan ilmu-ilmu jurnalistik. Karena sekarang ini banyak jurnalis kurang literasi dan pengetahuan. Akibatnya, banyak wartawan amplop yang beritanya bisa dibeli. Seharusnya kita menjadi orang yang memberikan informasi akurat dan memerangi berita hoaks,” tutupnya.

Avatar photo
Rokhimatul Inayahhttps://campsite.bio/inayahzeen
Mahasiswi Unhasy yang sedang berproses menulis di UKMP Moderat dan Arusmedia.online

66 KOMENTAR

  1. Pretty nice post. I just stumbled upon your blog and wished to say that I have really enjoyed surfing around your blog posts. After all I’ll be subscribing to your rss feed and I hope you write again very soon!

  2. I wanted to compose you that little remark in order to give many thanks over again on the precious things you’ve discussed above. It is quite extremely open-handed with people like you to give extensively exactly what a number of people could have supplied for an e-book to make some profit for themselves, most notably since you could possibly have tried it in case you desired. The concepts likewise worked like the fantastic way to be aware that most people have the identical dream the same as mine to understand much more with reference to this condition. I know there are a lot more enjoyable moments in the future for individuals who read through your website. provadent reviews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Follow My

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6285717777301

Baca Juga

Preview Musik Sepanjang Hidup

251
Penulis lirik : James Ho, Christopher Breaux, Taylor Johnson Penyanyi : Maher Zain Album : Thank You Allah Dirilis pada : 2009 Genre : Pop Lirik lagu : Aku bersyukur...

Melawan Lupa! 22 Tahun Tragedi Semanggi I ‘98

65
Moderatpers.com – (24/9/2020) dua bulan lalu, kita mengenang tragedi Semanggi II yang tak terasa sudah 21 tahun silam. Hari ini, (13/11/2020) kronologi sejarah mencatat...

Siap Laksanakan AMSP, FAI UNHASY Gelar Workshop Program Mengajar

66
Moderatpers - Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Hasyim Asy'ari (UNHASY) gelar acara workshop program mengajar di aula gedung A UNHASY pada Sabtu (24/09). Kegiatan...
Pertunjukan Ludruk Guyon Maton dalam Puncak Acara Bulan Gus Dur. Dok. Theo, Cukir, Diwek, Jombang (17/12/)

Cak Percil CS Meriahkan Peringatan Bulan Gus Dur di Minha Jombang

68
ModeratPers – Museum Islam Indonesia KH. Hasyim Asy’ari (Minha) menggelar acara “Guyonan Rakyat” yang dimeriahkan oleh Cak Kartolo, Guyon Maton, Cak Percil CS, dan...

PERSINGGAHAN ABADI

0
Wadah bagi jiwa pencari barokah waliTanamkan do’a sang Illahi RobbiLigkup suci pejuang negriMelahirkan kota santri lebih dari sekedar janjiSejarah menyatu dengan jati dirimuBunga mekar...