spot_imgspot_imgspot_img
Minggu, September 8, 2024
spot_imgspot_imgspot_img
BerandaBERITASebagai Rangkaian Kegiatan Diklat, HMP EKIS Adakan Workshop Pelatihan Makalah

Sebagai Rangkaian Kegiatan Diklat, HMP EKIS Adakan Workshop Pelatihan Makalah

Moderatpers.com – Sebagai rangkaian kegiatan diklat, Himpunan Mahasiswa Prodi Ekonomi Islam (HMP EKIS) adakan Workshop “Pelatihan Makalah”.

Workshop yang diadakan khusus untuk mahasiswa baru EKIS ini digelar secara hybrid. Acara offline berlokasi di Gedung B Universitas Hasyim Asy’ari, dan online melalui platform Google Meet pada Jumat, (19/11).

Kegiatan ini dimulai pada pukul 09:00 s/d 12:00 WIB dan diikuti oleh 32 peserta. Tujuan diadakannya pelatihan makalah ini adalah sebagai bekal pembelajaran bagi mahasiswa EKIS. Yang impactnya agar dapat menyelesaikan tugas makalah sesuai kaidah dengan baik dan benar di bangku kuliah.

Dipandu oleh Dewi Fitriana (moderator), workshop ini dimentori oleh narasumber tunggal, Rama Sultan Duta Ahmad (mahasiswa EKIS semester 5).

“Untuk menyusun makalah, kalian harus paham terlebih dahulu dengan tujuan utama penyusunannya. Memang benar tujuan utama dari menyusun makalah adalah untuk menyelesaikan tugas. Namun, kita harus paham tujuan sesungguhnya. Karena kalau pemahaman kita hanya di ‘untuk menyelesaikan tugas’, maka kita hanya akan copy paste dalam mengerjakannya. Dan tanpa tahu apa yang sebenarnya kita bahas,” jelasnya.

Baca Juga : Perkenalkan Dunia Ekonomi Islam, HMP EKIS Adakan Diklat Virtual

Fenomena copy paste dalam pengerjaan tugas mahasiswa terutama makalah memang menjadi momok yang terkadang ‘dianggap wajar’ oleh sebagian besar mahasiswa.

Namun, hal itu tentu mencederai citra mahasiswa sebagai akademisi yang seharusnya dapat berfikir jernih dan relevan dalam menggunakan referensi dan mengutip karya tulis orang lain.

Agar momok mahasiswa copy paste tidak semakin membudidaya, maka adanya pelatihan penulisan makalah ini diharapkan dapat meminimalisir budaya negatif itu.

Selain mengupas tuntas soal teori penyusunan makalah dari tujuan utama penyusunan, Rama juga menjelaskan tata cara pembuatan cover sampai dengan daftar pustaka. Penjelasan ini bermula dari tata cara mengatur margins, paragraf, font dan ukuran tulisan.

Tak hanya itu, tips untuk mencari referensi agar tulisan relevan dan terhindar dari plagiarisme juga dijelaskan secara rinci pada acara pelatihan makalah itu.

Terakhir, Rama pun mengajak peserta diklat untuk praktik menulis makalah secara langsung. Pada sesi kali ini, Rama membimbing peserta diklat dari awal sampai akhir. Ia pun membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dialami oleh setiap peserta dan mengoreksinya.

 

 

Pewarta : Alfi Maghfiroh

Editor : Rokhimatul Inayah

36 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Follow My

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6285717777301

Baca Juga

Rilis Survei “Menakar Elektabilitas Calon Ketua BEM UNHASY 2021-2022”

70
Moderatpers.com– Dalam rangka menyambut dan menyemarakkan pesta demokrasi kampus Universitas Hasyim Asy'ari Jombang Serta untuk mengetahui elektabilitas dan popularitas calon Ketua-wakil BEM UNHASY 2021-2022...

Jumpus #Bebas

76
Gadis peminta-minta Karya: Meiva Gadis berkaleng kecil itu Menangis, berlomba-lomba pada hujan yang jatuh Topi bundarnya lusuh Pada siapa dia mengadu, Tuhan? Kasihanilah, Dia merengkuh beku Pada udara bibirnya bergemuruh Bergetar dingin bumi dirinya...
Foto : Pengarahan MBKM Kepada Dosen UNHASY

Terkait MBKM 2023, Prof. Haris: Pilih Proyek Independen, Mahasiswa Bebas Biaya 650 Ribu

0
moderatpers - Menyongsong pelaksanaan MBKM 2023, sejumlah Dosen Universitas Hasyim Asy’ari (Unhasy) mengikuti Pembekalan dan Pengarahan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan di Auditorium...

SEMINAR NASIONAL MUSYAWAROH WILAYAH DPW IV OLEH PERSATUAN MAHASISWA BAHASA ARAB SE-INDONESIA

72
Jombang, 5 Oktober 2019.Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang, terpilih menjadi tuan rumah diselenggarakannya acara musyawarah wilayah ithla' DPW IV 2019.Acara ini, merupakan acara rutinan...
Sejarah Lahirnya Hari Kebangkitan Nasional

Sejarah Lahirnya Hari Kebangkitan Nasional

0
Hari ini, Jumat, 20 Mei 2022, seperti pada tahun-tahun sebelumnya, masyarakat Indonesia selalu memperingati Hari Kebangkitan Nasional atau biasa disebut Harkitnas. Penetapan ini bertepatan...