spot_imgspot_imgspot_img
Rabu, Juni 12, 2024
spot_imgspot_imgspot_img
BerandaBERITAPerkenalkan Dunia Ekonomi Islam, HMP EKIS Adakan Diklat Virtual

Perkenalkan Dunia Ekonomi Islam, HMP EKIS Adakan Diklat Virtual

Moderatpers.com – Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy’ari menyelenggarakan Diklat Ekonomi Islam yang bertajuk “Mencetak Generasi Ekonomi Robbani Yang Solutif Untuk Menuju Masyarakat Madani”

Diklat Ekonomi Islam digelar melalui platform Zoom Meeting pada Kamis, (18/11). Dimulai pada pukul 08:00 s/d 12:40 WIB, diklat Prodi EKIS berjalan lancar. Acara ini diikuti oleh 32 peserta mahasiswa baru EKIS dan dipanitiai oleh HMP EKIS.

Tujuan diadakannya acara ini adalah sebagai wadah pengenalan seputar dunia Ekonomi Islam dan organisasi-organisasi yang dapat dijadikan tempat pembelajaran para mahasiswa EKIS setelah kuliah.

Dipandu oleh Sri Pataya Komaria dan dimoderatori oleh Dewi Fitriana, diklat ini dipimpin oleh 3 narasumber. Diantaranya Dr. Tri Sudarwanto, S.Pd., M. SM (Kaprodi Ekonomi Islam), Akhi Ayoga Rio Saputra (Koordinator Komisariat FoSSEI Kediri), dan Akhi Akmal Fauzan Saputra, S.E (Koordinator Regional FoSSEI JATIM) yang pada kali ini kehadirannya diwakilkan kepada Akhi Aliful Muhlis dari IAIN Madura.

Baca Juga : Peringatan Hari Pasar Modal, UNHASY Mengajak Masyarakat Mengenal Pasar Modal Lewat Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (GI BEI) FE UNHASY

“Mahasiswa itu ikut membantu mensukseskan ekonomi bangsa. Dimana mahasiswa sebagai agen perubahan, seharusnya kita ini bisa merubah sistem kenegaraan dengan semangat dan potensi yang dimiliki. Makanya kita itu harus berusaha beradaptasi dengan perubahan,” kata Tri Sudarwanto di awal acara.

Kaprodi EKIS itu juga memberikan gambaran tentang hal-hal yang harus dipersiapkan oleh seorang mahasiswa dalam menghadapi setiap perkembangan yang terjadi, terlebih dalam bidang Ekonomi Islam.

“Jangan sampai kita menghindari perubahan-perubahan yang terjadi di sekeliling kita terutama di bidang Ekonomi Islam. Tantangan kita sebagai mahasiswa adalah perkembangan kurikulum yang terus meningkat dengan menyesuaikan masanya. Seperti dahulu kita tidak tahu caranya kuliah melalui internet, sekarang kita dituntut untuk memahami kurikulum yang diterapkan selama pandemi ini,” sambungnya.

Baca Juga : Sandiaga Uno Jelaskan Perkembangan Ekonomi Kreatif Pada Wisuda Online Unhasy 2021

Selanjutnya, Akhi Ayoga Rio Saputra memaparkan tentang organisasi-oganisasi yang bergerak di prodi Ekonomi Islam. Pertama, ia membahas soal mahasiswa pecinta Ekonomi Islam. Organisasi tersebut dinamai dengan KSEI (Kelompok Studi Ekonomi Islam) yang bergerak sebagai pengenalan dan wadah bagi mahasiswa pecinta Ekonomi Islam.

Organisasi ini diwadahi oleh organisasi yang lebih besar dan berpengaruh di kalangan program studi Ekonomi Islam dari berbagai Universitas yang sifatnya Internasional, dan dikenal dengan sebutan FoSSEI (Forum Silaturahmi Studi Ekonomi Islam). Ia menjelaskan tentang karakteristik KSEI, macam-macam kegiatan KSEI, Urgensi KSEI dan segala hal yang mencangkupnya.

“Melalui kedua organisasi ini, mahasiswa Ekonomi Islam bisa manemukan wadah untuk mengembangkan kepekaan sosial mereka di bidang ekonomi,” ucapnya.

Terakhir, Akhi Aliful Muhlis menjelaskan lebih rinci soal keFoSSEI-an. Ia memaparkan secara detail tentang pengertian FoSSEI, hubungan FoSSEI dengan KSEI, struktur keorganisasian dan hal-hal yang ada di dalamnya.

Menurutnya, hubungan antara KSEI dan FoSSEI itu diibaratkan seperti hubugan sebuah negara dengan  PBB. “PBB tidak berhak mengintervensi kepada negara-negara melalui pemerintahannya. Namun, PBB mempunyai hak untuk mengevaluasi kesepakatan bersama dari seluruh negara,” ucapnya.

“Ketika ada negara yang melanggar kesepakatan bersama, maka PBB berhak mengevaluasi negara tersebut. Sama halnya FoSSEI dan KSEI. Kalau FoSSEI itu tidak mempunyai hak untuk intervensi kepada KSEI dalam mengatur kegiatannya, namun FoSSEI bertugas untuk meniadakan keputusan bersama yang telah disepakati oleh KSEI-KSEI. FoSSEI juga berhak melakukan peninjauan ulang ketika ada KSEI yang melanggar keputusan bersama,” jelasnya.

 

 

Pewarta : Alfi Maghfiroh

Editor : Rokhimatul Inayah

 

7 KOMENTAR

  1. 프라그마틱 플레이의 슬롯 포트폴리오는 250개 이상의 게임으로 구성되어 있으며, 다양한 화폐와 33개 언어를 통해 전 세계 시장에 제공됩니다. 게이츠 오브 올림푸스, 더 도그 하우스, 존 헌터 앤 톰 오브 더 스캐럽 퀸, 스위트 보난자 등 다양한 테마의 슬롯을 즐겨보세요.
    프라그마틱

    프라그마틱의 게임은 항상 다양한 테마로 놀라워요. 이 사이트에서 더 자세한 정보를 찾아보세요!

    https://enazarov.com/link/
    https://www.12315nw.cn/
    https://bidforfix.com/hot/

  2. 프라그마틱 게임은 선도적인 iGaming 콘텐츠 제공 업체입니다. 모바일 중심 다양한 포트폴리오와 고품질 엔터테인먼트를 자랑합니다.
    프라그마틱 플레이

    프라그마틱 슬롯에 대한 내용이 정말 도움이 되었어요! 더불어, 제 사이트에서도 프라그마틱과 관련된 정보를 찾아보세요. 함께 서로 이야기하며 더 많은 지식을 쌓아가요!

    https://wszhibo.com/hot/
    https://thaizabza.com/link/
    https://www.12315oc.cn/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Follow My

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6285717777301

Baca Juga

Resmi! LPM FUM Berubah Nama Menjadi LPM MÖDERAT

0
LPM MÖDERAT – Rabu (02/03), Lembaga Pers Mahasiswa MÖDERAT (LPM MÖDERAT) atau yang sebelumnya bernama LPM Forum Unhasy Menulis (FUM) menggelar Musyawarah Tahunan Anggota...

Alasan Tetap Bukanya Kolam Renang ‘Pelangi’ Ditengah Pandemi

6
Möderatpers.com- Beberapa lokasi wisata di Kabupaten Jombang ditutup karena adanya lonjakan Covid-19 yang menyebabkan Jombang berstatus Zona Merah. Kecuali lokasi wisata kolam renang ‘Pelangi’...
Kemeriahan event haul Gus Dur ke-14 Tour to Gus Dur Dok. Irma Isma, Cukir, Diwek, Jombang (17/12/23)

Memperingati Haul ke-14 Gus Dur, KOSTI gelar Gowes Tour to Gus Dur

11
Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) Mengelar acara “Tour to Gus Dur” di kawasan Museum Islam Indonesia KH. Hasyim Asy’ari Jombang. Kegiatan ini dilaksanankan pada...

Biarkan Semesta Yang Menyapa

7
  Sekuat tenaga saya sudah berupaya, menanam sedalam-dalamnya dalam tanah ketersembuyian dan kesunyian. Meyakini cinta dan semesta sendiri yang akan menyapa, dengan caranya sendiri yang...
Dan Burung Burung Pun Pulang Ke Sarangnya

Preview Novel “Dan Burung Burung Pun Pulang Ke Sarangnya “

0
Penulis : Mashdar Zainal Tanggal terbit : 9 juli 2014 Penerbit : PT.Elex Media Koputindo Judul buku : Dan Burung Burung Pun Pulang Ke Sarangnya Esensi novel : Layak...