spot_imgspot_imgspot_img
Rabu, Juni 12, 2024
spot_imgspot_imgspot_img
BerandaBERITATa'aruf Maba PAI Unhasy, Kenalkan Mahasiswa Pada Tridharma Perguruan Tinggi

Ta’aruf Maba PAI Unhasy, Kenalkan Mahasiswa Pada Tridharma Perguruan Tinggi

Moderatpers – Himpunan Mahasiswa Program studi Pendidikan Agama Islam (HMP – PAI) universitas Hasyim Asy’ari (Unhasy) adakan kegiatan ta’aruf yang di ikuti oleh mahasiswa baru angkatan 2022-2023. Dalam kesempatan ini, para mahasiswa baru diperkenalkan tentang tridharma perguruan tinggi.(08/09)

Dengan mengusung tema “Membangun Karakter Mahasiswa yang Mandiri, Kreatif dan berpedoman pada Tridharma Perguruan Tinggi”, kegiatan ini bertujuan untuk memberi edukasi pada mahasiswa baru agar mereka faham dan mampu menerapkan konsep tridharma perguruan tinggi dengan baik.

“Tujuan acara ini yaitu agar mereka tahu tridharma perguruan tinggi itu apa dan peran mahasiswa dikampus itu bagaimana”, kata Moekti selaku ketua pelaksana.

Baca juga : HMP PAI Lakukan Kegiatan Pengabdian ke Panti Asuhan

Tridharma Perguruan Tinggi adalah tiga kewajiban yang harus diterapkan di perguruan tinggi. Tiga kewajiban terdiri dari pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat.

Terwujudnya konsep tridharma perguruan tinggi ini, bukan hanya tanggung jawab mahasiswa saja tetapi juga seluruh civitas akademika. Hal ini bertujuan untuk mencetak generasi muda yang mampu berfikir kritis, kreatif, inovatif, dan mandiri.

Momen ta’aruf ini juga menjadi ajang untuk mempererat silaturahmi mahasiswa dengan para dosen. Para mahasiswa baru saling berkenalan dengan teman seangkatannya dan juga para dosen yang mengajar di program studi PAI.

Baca juga: Berikut Penjelasan Dosen PAI Unhasy Soal Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an

Dr. H. Khoirul Umam, M.Pd.I selaku kaprodi PAI sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Dalam kesempatan ini, ia memberi motivasi kepada mahasiswa baru agar selalu semangat dalam berproses tanpa mengkhawatirkan hal buruk yang belum terjadi.

“Nggak usah mikir nanti kalau nggak lulus gimana, pokoknya semangat belajar nggak usah mikir hal yang belum pasti terjadi”, katanya.

Salah satu peserta ta’aruf, Najwa mengaku sangat senang dengan adanya acara ini. Selain bisa berkenalan dengan teman baru, kegiatan ini membuat ia semakin termotivasi untuk mewujudkan cita-cita nya untuk menjadi seorang guru.

“Saya sangat senang, suatu saat nanti saya ingin mengamalkan ilmu yang saya peroleh agar bisa bermanfaat kepada orang lain”, kata Najwa saat diwawancarai.

Kegiatan ta’aruf ini dilaksanakan di aula gedung A Unhasy dan dihadiri oleh 128 mahasiswa, beberapa dosen PAI dan dekan fakultas agama Islam (FAI). Tak hanya acara formal, kegiatan ini juga diselingi dengan games dan kuis.

 

Pewarta: Halimatus Sholihah

Editor : M. Maksum Ali

2 KOMENTAR

  1. I was extremely pleased to uncover this site.
    I wanted to thank you for your time due to this wonderful read!!

    I definitely really liked every little bit of it and
    I have you book-marked to look at new stuff in your blog.

  2. Hmm is anyone else experiencing problems with the pictures on this blog
    loading? I’m trying to determine if its a problem on my end
    or if it’s the blog. Any responses would be greatly appreciated.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Follow My

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6285717777301

Baca Juga

Badan Eksekutif Mahasiswa UNHASY Melek Bahaya Radikalisme dan Separatisme

0
Moderatpers.com - Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Hasyim Asy'ari (BEM UNHASY). Adakan Seminar Nasional pada hari Kamis (03/10/19). Seminar Nasional yang bertema, "Peran Pesantren dan Perguruan...
Pelepasan KKNT 2022 oleh rektor UNHASY

Pelepasan KKNT 2022, Prof. Haris : Jaga Nama Baik Tebuireng

0
Moderatpers.com - Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) gelar kegiatan pelepasan mahasiswa kuliah kerja nyata tematik (KKNT) tahun akademik 2022/2023 pada Minggu (31/07) di lapangan kampus...
Sepak Terjang Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari dalam Mendirikan Nahdlatul Ulama' di Tebuireng

Sepak Terjang Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari dalam Mendirikan Nahdlatul Ulama’ di Tebuireng

10
Moderatpers.com – Siapa yang tak kenal Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari? Sosok maha guru pendiri pondok pesantren Tebuireng dan organisasi Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul...
Foto : Pelatihan Desain Grafis HMP PGMI UNHASY

Tingkatkan Skill Dan Kreatifitas Mahasiswa, HMP PGMI Adakan Pelatihan Desain Grafis

13
Moderatpers - Untuk meningkatkan skill dalam bidang desain grafis, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) mengadakan training grafis. Diikuti oleh...

Preview Film “Taare Zameen Par”

0
Judul Film : Taare Zameen Par Tanggal Rilis : 21 Desember 2007 Negara : India Sutradara : Aamir Khan Penulis : Amole Gupte ...