spot_imgspot_imgspot_img
Rabu, Juni 12, 2024
spot_imgspot_imgspot_img
BerandaBERITAPutar Otak, Konsumen Pasar Bandung Hadapi Kenaikan Harga Beras

Putar Otak, Konsumen Pasar Bandung Hadapi Kenaikan Harga Beras

Moderatpers – Dalam menghadapi kenaikan harga beras, konsumen pasar Desa Bandung harus rela mengatur kembali uang belanja untuk menstabilkan ekonomi mereka. Harga beras di pasar ini mencapai Rp. 13.000 per kilogram untuk beras kualitas premium.

Kenaikan ini membuat para konsumen di pasar Bandung resah. Pasalnya, mereka harus menyisihkan uang lebih untuk kebutuhan pangan sehari-hari atau memilih beras yang kualitasnya rendah.

Paimah, salah satu konsumen di pasar Bandung menuturkan bahwa kenaikan harga beras membuat dirinya harus mengatur kembali pengeluarannya. Uang yang seharusnya digunakan untuk keperluan lain, harus disisihkan untuk persediaan beras sehari-hari.

“Rasanya sedih karena uang yang seharusnya buat beli yang lain harus di bagi untuk membeli beras”, ujar Paimah.(10/02)

Keresahan ini tidak hanya dirasakan oleh konsumen saja, melainkan juga para pedagang. Selain harus menambah modal, mereka juga mengeluhkan tentang penjualan yang berkurang. Sejak kenaikan harga beras, konsumen lebih suka membeli beras secara eceran.

“Karena biasanya mereka membeli beras satu karung tapi sekarang membeli secara eceran”, Ujar Evi, salah satu pedagang sembako di pasar Bandung.

Kenaikan harga beras di pasar Bandung ini terjadi secara berahap sejak bulan Oktober2022. Beras kualitas biasa yang awalnya seharga Rp. 9000 per kilogramnya naik menjadi Rp. 11.000 . Sedangkan untuk beras kualitas tinggi naik dari Rp. 11.000 menjadi Rp. 13.000 per kilogramnya.

Kepala GAPOKTAN (Gabungan Kelompok Tani) Desa Bandung, Abdul Mughni menuturkan bahwa kenaikan harga beras ini dipicu oleh menipisnya persediaan, imbas dari cuaca buruk yang mempengaruhi siklus panen. Selain itu, kenaikan harga BBM juga menjadi faktor naiknya harga beras.

“Kenaikan harga beras terjadi karena menipisnya persediaan beras. Hal itu terjadi karena memang belum saatnya beras untuk dipanen”, Ujar Abdul Mughni.

Dikutip dari data sistem pemantauan pasar dan kebutuhan pokok Kementerian Perdagangan pada tanggal 2 Februari 2023. Harga beras medium naik 0,87% atau setara Rp. 11.600 per satu kilogram. Sedangkan beras kelas premium naik 0,75% atau setara Rp. 13.400 per satu kilogram.

 

Pewarta : M. Asy’ari, Dewi Sulistiawati, Helfi Livia, Dzikru Alfin

(Peserta PJTD Moderat 2023)

Editor  : M. Maksum Ali

2 KOMENTAR

  1. kenaikan harga beras ini dipicu oleh menipisnya persediaan imbas dari cuaca buruk
    Sekedar saran
    Kalimat persediaan dan imbas setidaknya dikasi koma atau diberi kalimat imbuhan setelah persediaan
    Misal: kenaikan harga beras ini dipicu oleh menipisnya persediaan beras dimana itu merupakan imbas dari pada buruknya cuaca

    Oh ya ini lagi
    Hal itu terjadi karena memang belum saatnya beras untuk dipanen.

    Mungkin lebih baik yang dipanen adalah padi.
    Soalnya dalam tatanan bahasa indo
    Ada padi, beras, nasi
    Kecuali bahasa Inggris
    Rice, rice, rice
    Atau bahasa Arab
    Ruzzun

    Just masukan, bawa santai….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Follow My

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6285717777301

Baca Juga

Mengungkap Lengsernya Presiden Ke-4

0
Möderatpers.com- Kerja sama antara Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Hasyim Asy’ari (BEM Unhasy) dengan Unit Kegiatan Mahasiswa Forum Unhasy Menulis (UKM FUM) berhasil mensukseskan acara...
Foto bebas Pengurus KOMASY KIP-K usai dilantik

Komunitas Mahasiswa BIDIKMISI dan KIP-K Unhasy Menggelar Pelantikan Ketua Dan Pengurus Untuk Pertama Kalinya

0
Foto bebas Pengurus KOMASY KIP-K usai dilantik UKMP Moderat – Kamis, (02/09), Komunitas Mahasiswa KIP-K (KOMASY KIP-K) Universitas Hasyim Asy’ari melaksanakan acara pelantikan ketua dan...

Ririn Wahyuni, Mahasiswi Yudisium Terbaik Fakultas Ekonomi, Peraih IPK Nyaris Sempurna!

4
Moderatpers.com - Sama seperti fakultas lainnya, Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy’ari (FE Unhasy) telah menggelar acara yudisium. Pasti kita tidak asing lagi bukan mendengar...

Rilis Survei “Menakar Elektabilitas Calon Ketua BEM UNHASY 2021-2022”

5
Moderatpers.com– Dalam rangka menyambut dan menyemarakkan pesta demokrasi kampus Universitas Hasyim Asy'ari Jombang Serta untuk mengetahui elektabilitas dan popularitas calon Ketua-wakil BEM UNHASY 2021-2022...
Perdana! HMP Ekis FE Unhasy Jadi Tuan Rumah FDT se-Jatim 2022

Perdana! HMP Ekis FE Unhasy Jadi Tuan Rumah FDT se-Jatim 2022

8
Moderatpers.com - Untuk pertama kalinya, Himpunan Mahasiswa Prodi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy'ari (HMP Ekis FE Unhasy) Tebuireng Jombang menjadi tuan rumah...