spot_imgspot_imgspot_img
Minggu, Juni 23, 2024
spot_imgspot_imgspot_img
BerandaBERITAHadirkan Akademisi Dunia, HMP KPI Adakan Webinar Internasional Tentang Perkembangan Media

Hadirkan Akademisi Dunia, HMP KPI Adakan Webinar Internasional Tentang Perkembangan Media

Moderatpers.com – Himpunan Mahasiswa Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Agama Islam Universitas Hasyim Asyari (HMP KPI FAI Unhasy) hadirkan akademisi dunia dalam Webinar Internasional bertajuk “Indonesian Islam And The Digital World Contestation Of Religion, Politics, And Ideologi In The New Media”.

Acara ini digelar secara virtual melalui platform zoom teleconference meeting, pada Rabu (01/12). Dimulai pada pukul 15:00 sampai dengan 17:05 WIB, webinar internasional diikuti oleh 190 peserta dari berbagai kalangan.

Webinar internasional ini dipandu oleh Muhammad As’ad, MA (Dosen Unhasy) dan menghadirkan narasumber dari Austrian Academy Of Sciences Prof. Martin Slama, serta Syahril Shiddiq, Ph.D (Leiden University).

Selain membahas perkembangan media dewasa ini, tujuan diadakannya webinar ini adalah agar mahasiswa paham, bahwa dengan media, siapapun bisa ikut berkontribusi dalam menyampaikan pendapat.

Prof. Martin Slama menyampaikan, bahwa media adalah alat dimana semua orang bisa mengutarakan pendapatnya. Baik itu tentang agama, politik, ideologi dan bidang-bidang lainnya.

“Media sosial pada zaman ini merupakan ruang bagi kontestasi. Masing-masing orang tinggal memilih media apa yang akan digunakan untuk menyampaikan pendapat. Mereka bisa memilih media mana yang lebih disukai atau yang lebih banyak pembaca atau penontonnya,” jelasnya.

Baca Juga : Prodi KPI Unhasy Adakan Ospek Jurusan “Helcom”

Sedangkan, Syahril Shiddiq, Ph.D menjelaskan tentang berbagai macam media yang tenar di kalangan masyarakat. Contohnya jika di dunia pertelevisian, seperti TV ONE, ANTV, MNCTV dan lain sebagainya.

“Sejak amandemen peraturan penyiaran pada tahun 2021, banyak TV swasta nasional bermunculan dan menyiarkan dakwah-dakwah Islam. Dibanding dengan periode orde baru, acara dakwah meningkat secara signifikan. Bukan karena banyaknya TV swasta, tapi juga tidak adanya pembagian acara keagamaan untuk agama-agama di Indonesia,” ungkapnya.

“Kemudian, setelah itu muncul figur-figur penceramah dan ulama baru di TV swasta dengan topik ceramah dan keunikan retorik masing-masing untuk menarik perhatian penonton. Dan hal ini merupakan cara dakwah yang cukup familier dikalangan masyarakat,” imbuhnya.

Namun demikian, meskipun perkembangan media ini memudahkan masyarakat dalam mencari informasi, tetapi informasi yang diberitakan tidak semuanya benar. Belakangan ini, marak paham-paham radikalisme yang muncul pada platform media.

“Karena tidak ada batasan dalam media, makanya mahasiswa berperan dalam menangkal informasi-informasi yang melenceng dari syari’ah,” tutupnya.

 

 

Pewarta : Alfi Maghfiroh

Editor : Rokhimatul Inayah

7 KOMENTAR

  1. Greetings from Idaho! I’m bored at work so I decided to browse your website on my iphone during lunch break. I really like the knowledge you provide here and can’t wait to take a look when I get home. I’m surprised at how fast your blog loaded on my phone .. I’m not even using WIFI, just 3G .. Anyhow, amazing site!

  2. Excellent web site. A lot of useful info here. I?¦m sending it to some pals ans additionally sharing in delicious. And obviously, thank you in your sweat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Follow My

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6285717777301

Baca Juga

Ririn Wahyuni, Mahasiswi Yudisium Terbaik Fakultas Ekonomi, Peraih IPK Nyaris Sempurna!

8
Moderatpers.com - Sama seperti fakultas lainnya, Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy’ari (FE Unhasy) telah menggelar acara yudisium. Pasti kita tidak asing lagi bukan mendengar...

PERNYATAAN SIKAP PPMI DK KEDIRI ATAS UPAYA KRIMINALISASI SEMBILAN AWAK LPM LINTAS IAIN AMBON

0
Moderatpers.com - UKMP Moderat Unhasy mengutip dan menerbitkan kembali atas pernyataan PPMI DK Kediri terkait pernyataan sikap dan aksi solidaritas atas upaya kriminalisasi terhadap...

Pengaruh Media Sosial Terhadap Berkurangnya Minat Baca

0
Membaca adalah jendela dunia, karena dengan membaca maka manusia dapat mengetahui banyak hal yang tidak diketahuinya. Oleh karena itu, membaca adalah hal yang sangat...

Pemanfaatan whatsApp sebagai media komunikasi antara dosen dan mahasiswa

14
ModeratPers - Perkembangan teknologi yang pesat dibidang komunikasi telah melahirkan inovasi-inovasi yang memudahkan manusia dalam berinteraksi. inovasi tersebut bertujuan untuk mendukung proses dalam komunikasi...

Cerita Ashar Muzakki, Mahasiswa Unhasy Yang Lolos KMI Expo XII 2021

6
Modertapers.com – Muhammad Ashar Muzakki merupakan salah satu peserta Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XII tahun 2021 di UB (Universitas Brawijaya) Malang. Ashar, sapaan akrabnya,...