spot_imgspot_imgspot_img
Minggu, Juni 23, 2024
spot_imgspot_imgspot_img
BerandaUNEK-UNEKArtikelMengenal HIV AIDS Dan Cara Mencegahnya

Mengenal HIV AIDS Dan Cara Mencegahnya

Moderatpers.com – HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh dan selanjutnya melemahkan kemampuan tubuh melawan infeksi dan penyakit.

Sedangkan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) adalah kondisi dimana HIV sudah ada pada tahap infeksi akhir. Ketika seseorang sudah mengalami AIDS, maka tubuh tidak lagi memiliki kemampuan untuk melawan infeksi yang ditimbulkan. Jadi HIV adalah virusnya,  sedangkan AIDS adalah kondisi yang disebabkan oleh HIV.

Di Indonesia, penyebaran dan penularan HIV paling banyak disebabkan melalui hubungan intim yang tidak aman. Selain itu, penyebab lainnya adalah bergantian menggunakan jarum suntik yang tidak steril saat memakai narkoba.

HIV dan AIDS memiliki beberapa tahapan gejala. Tahapan pertama yaitu pengidap akan mengalami nyeri mirip seperti flu beberapa minggu setelah terifeksi selama satu hingga dua bulan. Kemudian, timbulnya demam, nyeri tenggorokan, ruam, pembengkakan kelenjar getah bening, diare, kelelahan, nyeri otot dan sendi.

Pada tahapan kedua, umumnya tidak menimbulkan gejala lebih lanjut selama bertahun-tahun. Virus akan terus menyebar dan merusak sistem kekebalan tubuh. Penularan infeksi sudah bisa dilakukan pengidap kepada orang lain yang berlangsung hingga 10 tahun atau lebih.

Dan tahapan ketiga adalah dimana daya tahan pengidap semakin rentan, sehingga mudah sakit dan akan berlanjut menjadi AIDS. Kemudian demam terus-menerus lebih dari sepuluh hari, merasakan lelah setiap saat, sulit bernafas, dan diare yang berat dalam jangka waktu yang lama.

Tak hanya itu, pengidap akan mengalami infeksi jamur pada tenggorokan, mulut dan vagina. Yang paling parah yaitu ada bintik ungu pada kulit yang tidak akan hilang, menurunnya nafsu makan hingga berat badan turun drastis.

Baca Juga : Dampak Sektor Pertanian Di masa PPKM

 

Cara Mencegah HIV AIDS

Meskipun sampai saat ini belum adanya obat untuk menyembuhkan HIV, akan tetapi ada jenis obat yang dapat memperlambat perkembangan virus. Jenis obat ini disebut Antiretrovel (ARV). ARV ini bekerja dengan menghilangkan unsur yang dibutuhkan virus HIV untuk menggandakan diri dan mencegah virus HIV menghancurkan sel CD4. Agar perkembangan virus dapat dikendalikan, pengidap harus segera mengonsumsi ARV begitu didiagnosis mengidap HIV.

Risiko pengidap HIV untuk terserang AIDS akan semakin besar jika pengobatan ditunda, karena virus akan semakin merusak sistem kekebalan tubuh. Selain itu, penting bagi pengidap untuk mengonsumsi ARV sesuai petujuk dokter. Konsumsi obat yang terlewat akan membuat virus HIV berkembang lebih cepat dan memperburuk kondisi pengidap.

Baca Juga : Berantas Covid 19 Dengan Senjata Biologis (Vaksin)

 

Peringatan Hari AIDS Sedunia dan Sejarahnya

Sumber Gambar : Tirto.id

Hari ini, 1 Desember merupakan peringatan hari AIDS sedunia. Bukan tanpa sebab, peringatan ini memiliki tujuan agar menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV.

Dikutip dari berbagai sumber, peringatan Hari AIDS Sedunia pertama kali diperingati pada tanggal 1 Desember 1988, dan ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Adapun tema Hari AIDS Sedunia 2021 adalah, “End inequalities. End AIDS” (Akhiri Ketimpangan. Akhiri AIDS).

Tema ini bertujuan untuk menjangkau orang-orang yang masih kurang kesadaran diri terhadap bahayanya penyakit ini. WHO menyerukan kepada para pemimpin dan orang di seluruh dunia untuk bersatu dalam menghadapi ketidaksetaraan layanan penanganan HIV/AIDS.

 

 

Penulis : Aulia Masruroh

Editor : Rokhimatul Inayah

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Follow My

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6285717777301

Baca Juga

Dari Sulap Limbah Kain Perca, Kini Berdayakan Puluhan Tetangga

Dari Sulap Limbah Kain Perca, Kini Berdayakan Puluhan Tetangga

113
Moderatpers.com – Berawal dari niatan mengurangi limbah dan untuk mencari rezeki, Jamilah, seorang pengrajin jampel berbahan kain perca asal Desa Blimbing, Kecamatan Kesamben, Kabupaten...
Bertepatan Dengan Hari Pahlawan, Museum Islam Indonesia Hasyim Asy’ari (MINHA) Resmi Dibuka Kembali

Bertepatan Dengan Hari Pahlawan, Museum Islam Indonesia Hasyim Asy’ari (MINHA) Resmi Dibuka Kembali

0
Moderatpers.com - Bertepatan dengan peringatan hari pahlawan, Rabu (10/11) Pondok Pesantren Tebuireng resmi membuka kembali (launching) Museum Islam Indonesia K.H. Hasyim Asy’ari (MINHA) dalam...

Eksistensi Ekskul drumband MA Hasyim Asy’ari Jogoroto

0
Moderatpers - Drumband  atau marching band adalah salah satu ekstrakulikuler di sekolah yang cukup populer dan menarik perhatian siswa mulai dari tingkat SD hingga...

Jumpus #Bebas

18
Gadis peminta-minta Karya: Meiva Gadis berkaleng kecil itu Menangis, berlomba-lomba pada hujan yang jatuh Topi bundarnya lusuh Pada siapa dia mengadu, Tuhan? Kasihanilah, Dia merengkuh beku Pada udara bibirnya bergemuruh Bergetar dingin bumi dirinya...

BIMAPALA UNHASY Gelar Pelepasan Peserta PTL: Menuju Ekspedisi Pulau Jawa

63
Dalam rangka Pelatihan Tingkat Lanjut (PTL), Barisan Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Hasyim Asy’ari (Bimapala Unhasy) menggelar pelepasan peserta pada Kamis, 22 Juni, dengan mengusung...