spot_imgspot_imgspot_img
Rabu, Juni 12, 2024
spot_imgspot_imgspot_img
BerandaBERITAMemahami Proses Demokrasi Yang Baik, Dan Penerapannya Di Lingkungan Kampus

Memahami Proses Demokrasi Yang Baik, Dan Penerapannya Di Lingkungan Kampus

Moderatpers – Indonesia merupakan salah satu negara yang menganut sistem demokrasi. Sebuah sistem pemerintahan yang dilakukan atas dasar kepentingan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.

Sistem demorasi juga telah diterapkan di lingkugan kampus. Pasalnya, lingkungan perguruan tinggi merupakan miniatur senuah negara yang didalamnya juga terdapat badan eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Mahasiswa sebagai agent of change memiliki peran yang sangat penting dalam penerapan demokrasi di lingkungan kampus.

Tidak semua mahasiswa memahami tentang proses demokrasi yang baik. Dengan mengatasnamakan demokrasi dan kebebasan berekspresi di kampus, tak jarang dari mereka justru melakukan tindakan yang mengarah pada anarkisme.

Untuk menanggulangi hal tersebut, pergerakan mahasiswa islam indonesia (PMII) Hasyim Asy’ari mengadakan kegiatan diskusi mahasiswa dengan tema kampus dan demokrasi. Kegiatan ini berlangsung di teras depan ruang FAI – 6 universitas Hasyim Asy’ari pada Rabu. (14/09/2022)

Diskusi ini mengundang dua narasumber yaitu presiden mahasiswa Unhasy, Chelvin Moniagah dan wakil ketua 2 PMII komisariat Hasyim Asy’ari, Gayuh Afwa. Mahasiswa dari berbagai dari berbagai jurusan turut hadir dalam diskusi ini karena forum ini terbuka untuk umum.

“Goal dari adanya diskusi ini, kita bisa mencari bagaimana jalan keluar untuk demokrasi kampus agar menjadi lebih baik”, ucap Chelvin.

Demokrasi dalam kampus harus diterapkan dengan cara yang benar. Apapun kebijakan yang diambil oleh pihak kampus perlu kita sikapi dengan baik. Ketika kebijakan yang diambil tidak sesuai dengan keinginan mahasiswa, maka mereka juga punya hak untuk menyuarakan aspirasinya.

Menyuarakan aspirasi juga tidak bisa asal-asalan. Mahasiswa perlu melakukan kajian tentang isu yang sedang beredar, bukan hanya sekedar ikut-ikutan saja. Lakukan penelitian terlebih dahulu tentang permasalahan apa yang sebenarnya sedang terjadi.

Jikalau kebijakan kampus memang dirasa kurang memuaskan. Maka kita juga harus menyuarakan aspirasi dengan cara yang baik. Kita bisa melakukan audiensi ke dewan perwakilan mahasiswa (DPM) dengan menyertakan argumen dan data yang valid.

“mahasiswa dapat mencari solusi dalam menanggapi kebijakan kampus dengan cara mengkaji”, tegas Chelvin.

Hal tersebut tentunya lebih baik untuk dilakukan oleh mahasiswa daripada melakukan unjuk rasa yang berujung anarkisme apalagi sampai merusak fasilitas kampus.

 

Pewarta : Muham M. Mubarok & Ahmad Faris Ihsan Syafri

Editor : M. Maksum Ali

 

11 KOMENTAR

  1. Hi , I do believe this is an excellent blog. I stumbled upon it on Yahoo , i will come back once again. Money and freedom is the best way to change, may you be rich and help other people.

  2. I love your blog.. very nice colors & theme. Did you create this website yourself? Plz reply back as I’m looking to create my own blog and would like to know wheere u got this from. thanks

  3. whoah this weblog is fantastic i like studying your articles. Keep up the great paintings! You realize, many persons are hunting round for this information, you could help them greatly.

  4. Mau tanya,, emangnya bisa suatu kelompok external Kampus mengadakan kegiatan di dalam kampus? Hanya dengan menggandeng kelompok internal kampus?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Follow My

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6285717777301

Baca Juga

Foto : Pemotongan Tumpeng Oleh Ketua Umum UPTQ UNHASY Kepada Pembina

Milad Perdana UPTQ UNHASY, Perjuangan Syiar Al-Qur’an Di Lingkungan Kampus

6
ModeratPers - Unit Pengembangan Tahfidzul Qur’an (UPTQ) Unversitas Hasyim Asy’ari (UNHASY) Jombang merayakan hari Milad perdana. Kegiatan ini digelar di aula pascasarjana UNHASY pada...

Pelantikan PAR IPNU IPPNU Yang Pertama Kali di Kecamatan Ngoro, Jombang

7
Möderatpers.com - Minggu, (27/06), Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Nahdlotul Ulama’ (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlotul Ulama’ (IPPNU) Desa Rejoagung, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang...

R.A. Kartini, Sang Pelopor Bangkitnya Perempuan Pribumi

8
UKMP MÖDERAT -Penduduk peribumi adalah sekelompok orang atau keturunan dari penduduk asli, atau penduduk yang menjadi orang pertama yang menempati suatu tempat dan yang...

Prodi Akuntansi FE Unhasy Adakan Pengabdian Kepada Masyarakat Di SMA Kadiri Kras

12
Moderatpers.com - Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy’ari (FE Unhasy) Tebuireng Jombang, telah melangsungkan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMK Kadiri...
unhasy berduka

UNHASY Kembali Berduka, Guru Besar Prodi PBA Berpulang ke Rahmatullah

0
Moderatpers.com – Rabu, (21/07). Innalillahi wa innailaihi roji’un, keluarga besar Universitas Hasyim Asy’ari (UNHASY), khususnya Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (Prodi PBA) kembali berduka...