spot_imgspot_imgspot_img
Rabu, Juni 12, 2024
spot_imgspot_imgspot_img
BerandaBERITAErick Thohir Sebut Pesantren Adalah Mercusuar Peradaban

Erick Thohir Sebut Pesantren Adalah Mercusuar Peradaban

Moderatpers.comErick Thohir sebut pesantren adalah mercusuar peradaban, pada gelaran acara Maulid Nabi di Tebuireng bertajuk “Sudahi Rebahan, Wujudkan Perubahan” yang diadakan oleh BEM Unhasy pada Sabtu, (27/11).

“Seperti yang saya bilang tadi, bahwa pesantren itu mercusuar peradaban. Karena di pesantren kita tidak hanya di ajarkan akhlak, tapi juga kemampuan untuk berkarir,” jelasnya.

Dengan adanya pendidikan pesantren, para santri memang di ajarkan secara komprehensif soal pendidikan akhlak sesuai ajaran Islam.

Berbekal kebiasaan itu, dengan jelas terlihat dapat menunjang karir santri setelah terjun di masyarakat. Walhasil, lulusan pesantren lebih bisa diterima oleh masyarakat karena dibiasakan hidup bersosial dengan baik.

Peradaban kebiasaan santri yang bernilai positif ini memberikan dampak luar biasa dalam kemerdekaan dan kemajuan bangsa Indonesia. Tak heran, peradaban ini terasa nyata hingga era disrupsi digital saat ini.

Baca Juga : Sambut Kedatangan Menteri BUMN RI Dan Gus Miftah, PKKU Unhasy Adakan Bazar

Selain itu, Erick Thohir juga menyebutkan bahwa selain pesantren, ada universitas yang menjadi tempat belajar efisien dalam membentuk karakter para generasi muda. Ia menyebutkan, bahwa universitas tidak hanya sekadar tempat belajar teori, tetapi juga dapat menjadi pusat pergerakan.

“Di universitas, kita tidak hanya diajarkan supaya dapat berkembang pemikirannya, tetapi juga diajarkan bagaimana caranya supaya menjadi pusat dari pergerakan,” terang Menteri BUMN itu.

Ia mengimbuhkan, bahwa lulusan pesantren dan universitas adalah komponen utama dalam memajukan Indonesia. Kedua komponen ini dapat menjadi alat transformasi kemajuan nusantara.

Karena itulah, ia juga berpesan kepada mahasiswa-mahasiswi Unhasy yang notabennya adalah mahasiswa sekaligus santri untuk dapat memaksimalkan proses pembelajaran selama di pesantren dan perguruan tinggi.

“Sehingga nanti pada tahun 2045, dapat tercipta generasi emas yang diharapkan oleh pemerintahan Indonesia,” pungkasnya.

Hal itu merupakan dampak positif yang seharunya terus di dukung oleh semua elemen. Sama halnya dengan BUMN yang kini tengah menggaungkan para pemimpin muda untuk bekreasi mengembangkan bakatnya dalam memajukan bangsa.

“InsyaAllah BUMN sangat komit dengan hal-hal transformasi. Kita sudah menerapkan 5% direksi BUMN harus diisi oleh generasi muda berusia di bawah 42 tahun. Di tahun 2022 nanti, menjadi 10%. Dan ini bukan lip service, sudah diterapkan ada buktinya,” jelasnya.

 

Pewarta : Rokhimatul Inayah

 

 

 

Avatar photo
Rokhimatul Inayahhttps://campsite.bio/inayahzeen
Mahasiswi Unhasy yang sedang berproses menulis di UKMP Moderat dan Arusmedia.online

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Follow My

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6285717777301

Baca Juga

Peringatan Maulid Nabi di Ma’had Al-Jami’ah Unhasy

0
Moderatpers.com – Senin, (18/10), Ma’had Al-Jami’ah Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sekaligus Mengenang 100 Hari Wafatnya sang pengasuh, Dr....

Puisi di Hari Puisi Sedunia 2022

6
  Sumber: https://pin.it/1FRS3sb Ibu Karya: Zanatul Faizah Oh, ibu Engkau segala-galanya bagiku Tanpamu, tak mungkin aku berada di sisimu Tanpamu, tak mungkin aku dapat mengejar mimpiku   Oh, ibu Terimakasih telah mencintaiku Terimakasih telah menyayangiku Terimakasih...

Jelang Pembelajaran Tatap Muka, Unhasy Adakan Vaksinasi Selama Dua Hari

0
Moderatpers.com – Sebagai upaya pencegahan tersebarnya virus Covid-19, Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang adakan vaksinasi masal. Vaksinasi ini diselenggarakan selama dua hari, untuk dosis...

Menilik 55 Tahun “Surat Sakti” Supersemar

2
LPM Moderat – Setiap tanggal 11 Maret, Indonesia tidak akan pernah lupa untuk mengenang peristiwa bersejarah, yaitu Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar). Terjadi 55...
Banyak Pihak Kecam Tindakan Rektorat IAIN Ambon Pasca Bekukan SK LPM Lintas

Banyak Pihak Kecam Tindakan Rektorat IAIN Ambon Pasca Bekukan SK LPM Lintas

0
Moderatpers.com – Banyak pihak kecam tindakan Rektorat IAIN Ambon pasca bekukan SK LPM Lintas melalui surat keputusan rektor nomor 95 tahun 2022. Pembredelan tersebut...