spot_imgspot_imgspot_img
Minggu, Juni 23, 2024
spot_imgspot_imgspot_img
BerandaBERITAUnhasy dan UiTM Malaysia Gelar Webinar Internasional Bertajuk Kewirausahaan

Unhasy dan UiTM Malaysia Gelar Webinar Internasional Bertajuk Kewirausahaan

Möderatpers.com – Rabu, (30/06), Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Hasyim Asy’ari (BEM-U) berkolaborasi dengan Majelis Perwakilan Pelajar Universiti Teknologi Mara Syah Alam (UiTM) Malaysia menyelenggarakan Webinar Internasional untuk kelanjutan kerja sama antar kedua belah pihak. Webinar tersebut bertajuk “Peran Mahasiswa Sebagai Penggerak Ekonomi Nasional Melalui Kewirausahaan.” Dimulai pada pukul 20.00 WIB atau 21.00 waktu Malaysia melalui platform zoom teleconference meeting, acara berjalan dengan lancar.

Dalam pertukaran pendapat ini, pemantik pertama adalah Farid Wajdi, YDR MPP Fakultas Sains Pentadbiran dan Pengajian Polisi UiTM , kemudian Dayana Batrisia, Mahasiswa Pengurusan dan Peniagaan UiTM Malaysia selaku pemateri 2, Eka Silfia, Sekjend BEM -U Tebuireng Jombang selaku pemateri 3, dan Wahyu Al-Fajri, Presiden Mahasiswa /Ketua BEM Unhasy selaku pemateri 4. Acara kerja sama antar kedua universitas lintas negara ini dipandu langsung oleh Mahasiswa UiTM Malaysia, yakni Wawa Izety.

Partisipan yang tergabung dalam pertemuan ini sekitar 350 orang yang diikuti oleh mahasiswa dari Universitas-universitas di Indonesia dan Malaysia. Sekalipun kegiatan ini berlangsung pada malam hari, namun peserta webinar sangat antusias dalam mendengarkan penuturan para pemateri dalam pertukaran pikiran. Hal ini ditandai dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan di ruang chat dari peserta, dimana kebanyakan pertanyaan tergolong pertanyaan kritis. Kegiatan ini menjadi fresh, dikarenakan oleh pemikiran-pemikiran kreatif dan runtut dalam menjawab setiap persoalan dari moderator.

Ada beberapa topik yang dibahas dalam webinar ini diantaranya tentang bidang atau bentuk kewirausahaan yang sesuai pada mahasiswa, bagaimana untuk menjadi sukses dalam berwirausaha, peran mahasiswa dalam entrepreneurship ekonomi negara, bagaimana mengembangkan skill yang ada pada mahasiswa, cara berintegritas dengan dunia kewirausahaan dan masih banyak lagi.

Dalam hal entrepreneurship atau kewirausahaan, menurut semua pemateri, mahasiswa dewasa ini lebih lihai dalam mengelola bisnis melalui gadget. “Mahasiswa sudah lihai dengan kepentingan bisnis online. Anak muda memiliki pemikiran yang sudah berbeda, lebih kreatif dan lebih menonjol pada gedget.” Tutur Farid Wajdi, selaku Pemateri 1.

Berbeda dengan Persma Unhasy yang bertutur “Dalam pandemi ini, Mahasiswa harus selalu teliti dan cerdas untuk mencari peluang. Apapun yang ada disekitar kita, jika dicari, bahkan dari ujung kepala sampai ujung kaki, semuanya bisa dijadikan motivasi dalam menjalankan usaha.” Ucap Wahyu Al-Fajri, selaku pemateri 4 dalam penuturannya saat webinar.

Sekjend BEM-U, Eka Silfia pun memberikan pandangannya terkait kewirausahaan, menurutnya mahasiswa memeiliki kemampuan untuk mengolah bisnis, namun sering merasa kesulitan dalam hal mitra dagang. “Sebenarnya mudah untuk mempromosikan usaha kita, misalnya dengan promosi lewat e-commerce Shoppe, atau kalau memiliki kemampuan, bisa membuat sejenis aplikasi serupa,” jelasnya mengenai persoalan bagaimana mengembangkan skill mahasiswa di bidang kewirausahaan.

Lain halnya dengan Dayana Batrisia, yang mengatakan bahwa : “Jika usaha anda lebih besar dari masalah anda, maka kesuksesan bisa anda capai. Dan berdoalah dalam keadaan segar, dan segarlah dalam setiap doa yang dipanjatkan,” jelasnya. Mahasiswa memiliki peran dalam mengembangkan perekonomian negeri dengan kecerdasan dan kekritisannya untuk menemukan peluang usaha dengan bekal teori dan pengalaman lapangan yang mereka peroleh dari bangku kuliah. Hal itu pula yang ditekankan oleh kedua belah pihak baik dari UiTM maupun Unhasy.

Pewarta : Alfi Maghfiroh
Editor : Rokhimatul Inayah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Follow My

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6285717777301

Baca Juga

Foto : Suasana Pameran Latar KPI 2023

Latar KPI 2023, Pamerkan Karya Fotografi Keindahan Nusantara

0
ModeratPers - Program Studi Komunikasi Dan Penyiaran Islam (KPI) Universitas Hasyim Asy’ari (UNHASY) kembali menyelenggarakan pameran Latar tahun 2023 di Aula lantai 2 Museum...
Tanggapi Surat Edaran Kebijakan Kuliah Online, DPM-U Adakan Serap Aspirasi Mahasiswa

Tanggapi Surat Edaran Kebijakan Kuliah Online, DPM-U Adakan Serap Aspirasi Mahasiswa

8
Moderatpers.com – Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas Hasyim Asy'ari (DPM-U) adakan serap aspirasi mahasiswa guna menanggapi surat edaran yang dikeluarkan rektorat tentang pemberitahuan persiapan awal...

Noda Dosen di Cincin Mahasiswa

9
  Moderatpers.com - UKMP MÖDERAT menerbitkan ulang laporan LPM Lintas mengenai kekerasan seksual di lingkungan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon. Republikasi ini merupakan respons...

Senpus #pojokSastra

0
-Selamat Hari Raya Idhul Adha 10 Dzulhijjah 1445 H- Baru Lagi by: eer Sorak rame bisingan orang Aku mendengar semua orang bersorak ria mengucap lantang kalimat itu Sungguh tidak...

Mengenal HIV AIDS Dan Cara Mencegahnya

0
Moderatpers.com - HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh dan selanjutnya melemahkan kemampuan tubuh melawan infeksi dan penyakit. Sedangkan AIDS (Acquired...