spot_imgspot_imgspot_img
Rabu, Juni 12, 2024
spot_imgspot_imgspot_img
BerandaBERITAMenghadapi Era Digital, CILATION Gelar Webinar Edukasi Hukum Siber

Menghadapi Era Digital, CILATION Gelar Webinar Edukasi Hukum Siber

Moderatpers.com – Sabtu, (18/08), Future Leader Summit (FLS) menggelar webinar dan diskusi publik “CILATION : Cyber Law In Action” via zoom teleconference meeting. CILATION mengusung tema “Society 5.0 dan Cyber Crime : Seberapa siapkah Indonesia?” tujuan pengambilan tema ini adalah untuk mengedukasi masyarakat tentang hukum siber dalam program literasi digital, khususnya kejahatan digital.

 

Dalam kegiatan ini, FLS menggaet beberapa media partner, termasuk UKMP Moderat. Tujuan kerjasama dengan banyak LPM dan rekan media adalah supaya kampanye anti cyber crime ini bisa meluas kepada masyarakat. FLS sendiri adalah sebuah konferensi pemuda yang terdiri dari pemuda-pemudi di seluruh Indonesia dan telah berdiri sejak 2011. FLS berpusat di Semarang, Jawa Tengah dan berada di bawah naungan Nusantara Muda.

 

Pada webinar dan diskusi publik ini, diisi oleh tiga pemateri, yaitu : Didik Farkhan Alisyahdi (Kapusdakrimti Kejaksaan Agung RI), Bagus Nur Jakfar Adi Saputro (Kasubid Analis Data Statistik Kriminal Kejaksaan RI), dan Indriyanto Banyumurti (Program Manager ICT Watch Indonesia).

Kejahatan siber sendiri adalah bentuk kejahatan yang dilakukan di dunia maya seperti mencuri data, merusak program, penipuan online, dan sejenisnya. Guna menghindari kejahatan siber, dibutuhkan pencegahan sejak dini untuk menjaga keamanan data diri dengan mempelajari hukum siber atau cyber law.

 

Pemateri dari kejaksaan RI menjelaskan bahwa kejaksaan RI telah siap menghadapi era Society 5.0. Hal itu karena, sistem di Kejaksaan RI telah mengikuti perkembangan zaman, termasuk menggunkan kecerdasan buatan. Hal itu tentu dapat memudahkan Kejaksaan RI sebagai salah satu garda terdepan dalam memberantas kejahatan di Indonesia.

Diawal pembahasan, Didik selaku Kapusdakrimti Kejaksaan Agung RI menegaskan, bahwa kejaksaan selalu menjadi panglima dalam segala bentuk kejahatan di Indonesia,  “Meskipun di era digital ini perkembangannya selalu cepat, tetapi bidang hukum juga selalu berperan sebagai panglimanya. Karena tanpa dikawal oleh hukum, bisa rusak seluruh tatanan negara ini, termasuk kejahatan dunia maya. Jadi kami mengajak masyarakat untuk sama-sama beeperan,” jelasnya.

 

Selain itu, Bagus, selaku Kasubid Analis Data Statistik Kriminal Kejaksaan RI pun menambahkan, “Ada banyak teori yang dikaitkan dengan kemajuan teknologi. Semakin tingginya teknologi, menimbulkan akses terhadap beberapa hal baru, yaitu menghasilkan kejahatan seperti cyber crime,” jelas Bagus.

 

Di samping itu, ia juga menjelaskan bahwa untuk mendorong penemuan ilmu hukum yang menyesuakan zaman, bukanlah peran dari para penegak hukum saja, melainkan seluruh lapisan masyarakat di seluruh Indonesia, khususnya para akademisi.

 

Terakhir, Indriyanto Banyumurti, selaku Program Manager ICT Watch Indonesia menambahkan bahwa di era digital ini, banyak tantangan yang harus dilakukan para penegak hukum dalam memberantas kejahatan, “Kalau berbicara khusus tentang produk hukumnya, tentunya tantangan yang perlu disiapkan adalah bagaimana mempertimbangkan hak asasi manusia, menjawab tantangan teknologi, tidak ambigu definisi, seperti penjelasan pasal-pasal dalam UU, bagaimana keterlibatan para stakeholder, dan edukasi sosial,” ungkapnya.

 

Avatar photo
Rokhimatul Inayahhttps://campsite.bio/inayahzeen
Mahasiswi Unhasy yang sedang berproses menulis di UKMP Moderat dan Arusmedia.online

20 KOMENTAR

  1. I’ve been browsing on-line greater than 3 hours these days, yet I never found any interesting article like yours. It’s pretty value enough for me. In my opinion, if all webmasters and bloggers made excellent content as you did, the web can be much more useful than ever before.

  2. We’re a group of volunteers and starting a new scheme in our community. Your web site offered us with valuable info to work on. You’ve done an impressive job and our whole community will be thankful to you.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Follow My

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6285717777301

Baca Juga

Foto : Seminar Penghijauan Fi Balai Desa Gebang Bunder

Bersama BIMAPALA, KDLK 28 UNHASY Gelar Seminar Penghijauan

17
moderatpers -mUnit Kegiatan Mahasiswa (Binaniaga Mahasiswa Pecinta Alam) bersama kelompok 28 Kuliah Di Luar Kampus (KDLK) Universitas Hasyim Asy’ari menggelar kegiatan seminar penghijauan yang...

Senin Puisi (SenPus) #Bebas-1

56
“Hidup itu sederhana, kita yang membuatnya sulit.” – Confucius. Suasana dan Rasa Karya: Kuni Faizati Rintikan hujan dengan kenangan Membasahi ingatan yang hampir terlupakan Meredupkan keputusan untuk selalu mengabaikan Dan...

Dies Natalis yang ke-3, BEM FAI UNHASY Adakan Lomba Kaligrafi Kedua di Indonesia

0
Möderatpers.com- Dalam rangka merayakan Dies Natalis yang ke-3, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Hasyim Asy’ari (BEM FAI Unhasy) mengadakan lomba Musabaqah...

FESTIVAL WISUDA UNHASY, RESMIKAN LABORATORIUM ROBOTIKA

0
MINHA.News- Universitas Hasyim Asy’ari (Unhasy) melangsungkan Rapat Terbuka Senat dalam rangka wisuda diploma (D3) ke-1, Sarjana (S1) ke-28 dan Magister (S2) ke-15 pada sabtu...
vaksinisasi

Berantas Covid 19 Dengan Senjata Biologis (Vaksin)

28
Möderatpers.com – Sepanjang tahun 2020, sejumlah peneliti terus menciptakan obat penangkal untuk melawan tersebarnya virus Covid ’19. Hingga pada bulan (11/2020), laporan mengenai ditemukannya...