spot_imgspot_imgspot_img
Rabu, Juni 12, 2024
spot_imgspot_imgspot_img
BerandaBERITAKDLK UNHASY Desa Ngampel Gelar Seminar Efisiensi Listrik

KDLK UNHASY Desa Ngampel Gelar Seminar Efisiensi Listrik

moderatpers – Kelompok 15 Kuliah Di Luar Kampus (KDLK) Universitas Hasyim Asy’ari (UNHASY) desa Ngampel menggelar kegiatan seminar Efisiensi listrik yang dilaksanakan di Balai desa Ngampel, Kecamatan Ngusikan, Kab. Jombang, pada Senin (17/07).

Mengusung tema “Strategi Efisiensi dan Cara Aman Menggunakan Listrik”, tujuan diadakannya kegiatan ini ialah untuk menyoroti pentingnya pemahaman dan tindakan yang bijaksana dalam menggunakan sumber daya listrik.

Ailillatur Rosadi, selaku ketua pelaksana mengungkapkan, bahwa acara ini dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya efisiensi energi dan cara menggunakan listrik dengan aman dengan menyediakan informasi dan pengetahuan terkini tentang isu-isu energi dan keselamatan listrik.

” Tema ini cocok untuk mencari solusi bersama dalam mengoptimalkan penggunaan energi listrik khususnya dalam keperluan rumah tangga, agar peserta lebih peka terhadap pentingnya kesadaran dan pengetahuan dalam penggunaan listrik,” jelasnya saat diwawancarai.

Selain warga desa Ngampel, kegiatan ini juga turut mengundang perwakilan dari setiap kelompok KDLK UNHASY se-kecamatan Ngusikan.

Sebagai pengisi seminar, mahasiswa  mengundang narasumber Jati widyo Leksono, selaku Dosen UNHASY dan juga Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kelompok 15. Setelah penyampaian materi oleh narasumber, kegiatan dilanjutkan dengan praktek pengecekan perbedaan besar daya yang dibutuhkan antara lampu bohlam dan lampu LED menggunakan power meter.

Tujuan digunakan power meter adalah untuk menunjukkan pengukuran konsumsi daya, pemantauan dan analisis penggunaan energi yang dibutuhkan antara lampu bohlam dan lampu LED. Dengan adanya pengukuran daya menggunakan power meter bisa menunjukan efisiensi pemakaian daya antara lampu bohlam dan lampu LED. Praktek pengukuran daya yang dibutuhkan lampu bohlam lebih besar dari pada lampu LED.

“Pemakaian daya lampu LED lebih efisien dari pada lampu bohlam, dengan begitu disarankan bahwasannya penggunaan lampu LED bisa menjadi salah satu cara efisiensi penggunaan energi listrik,” jelas Jati Widyo Leksono.

Untuk kedepannya, Jati Widyo Leksono berharap peserta akan termotivasi untuk mengambil langkah konkret dalam mengadopsi praktik efisiensi energi dan langkah-langkah keamanan dalam kehidupan sehari-hari seperti mencakup perubahan perilaku di rumah tangga.

“Semoga semua warga semakin memahami pentingnya energi listrik, pentingnya cara berhemat listrik dan mengetahui cara aman dalam menggunakan energi listrik,” ungkap Jati Widyo Leksono.

 

Pewarta : Nailis Sa’adah

Editor : M. Maksum Ali

9 KOMENTAR

  1. Wow that was odd. I just wrote an incredibly long comment but after I clicked submit my comment didn’t show up. Grrrr… well I’m not writing all that over again. Anyway, just wanted to say wonderful blog!

  2. What Is Neotonics? Neotonics is a skin and gut health supplement that will help with improving your gut microbiome to achieve better skin and gut health.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Follow My

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6285717777301

Baca Juga

Kronologi Sejarah Hari Pahlawan 10

Kronologi Sejarah Hari Pahlawan 10 November

0
Moderatpers.com - Setiap tanggal 10 November, rakyat Indonesia selalu merayakan hari pahlawan. Hari Pahlawan ditetapkan untuk memperingati perjuangan para pahlawan yang gugur dalam pertempuran...

Pelantikan PAR IPNU IPPNU Yang Pertama Kali di Kecamatan Ngoro, Jombang

7
Möderatpers.com - Minggu, (27/06), Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Nahdlotul Ulama’ (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlotul Ulama’ (IPPNU) Desa Rejoagung, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang...
Kajian Ramadhan HMP EKIS (Dok. Elfira )

HMP EKIS Gelar Buka Bersama Dan Kajian Ramadhan “Halal Enterpreunership”

5
ModeratPers - Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Ekonomi Islam (EKIS) Universitas Hasyim Asy'ari (UNHASY) menggelar buka bersama dan kajian ramadhan, Kegiatan tersebut dilaksanakan di Lobby...

Hari Puisi Nasional dan Kaitannya dengan Chairil Anwar

5
Sumber gambar : phiradio.net UKMP MÖDERAT – Setiap tanggal 28 April diperingati sebagai Hari Puisi Nasional. Tanggal tersebut pula merupakan tanggal wafatnya seorang pujangga, Chairil...
sumber: freepik.com

Tak Kunjung Publikasi Hasil Pemira, KPUM Beri Jawaban

60
ModeratPers – Kontestasi demokrasi pada Pemilihan Umum Raya (Pemira) Mahasiswa Universitas Hasyim Asy’ari telah memberikan hasil akhirnya. Menilik pada Selasa (12/12) dan Rabu (13/12)...