spot_imgspot_imgspot_img
Kamis, Juni 20, 2024
spot_imgspot_imgspot_img
BerandaBERITADalam Rangka Memperingati Maulid Nabi, HMP PAI Gelar Kajian di Ma’had Al-Jami’ah...

Dalam Rangka Memperingati Maulid Nabi, HMP PAI Gelar Kajian di Ma’had Al-Jami’ah Hasyim Asy’ari

Moderatpers.com – Kamis, (28/10/2021) Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam (HMP PAI) Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang mengadakan kajian di Ma’had Al-Jami’ah dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, dengan mengusung tema “Menjadikan Akhlak Nabi Sebagai Landasan Akhlak Kepemimpinan Generasi Muda Masa Kini.”

Kajian tersebut diisi oleh Drs. KH Syamsuddin, M.Pd.I (Dosen FAI Unhasy sekaligus pengasuh PP. Darul Falah V). Dalam ceramahnya, Abi Syam (sapaan akrabnya) menyampaikan tujuan dari peringatan maulid nabi yaitu I’tibar. I’tibar adalah mengambil tauladan yang baik.

Sebagai generasi muda Islami, seharunya sudah menjadi kewajiban kita bersama untuk menjadi uswatun hasanah (teladan yang baik) dengan melakukan hal yang baik, terutama bagi para pemimpin. “Jadi jangan cuma melakukan yang jelek, kalau jelek berarti bukan uswatun hasanah.” jelas Abi Syam di awal mauidhohnya.

“Hidup ini hanya putaran roda. Nah, kalau putaran roda itu kita tidak pernah tahu, di mana awal putaran roda itu, siapa yang mau kamu ikuti?” ujar Abi Syam. Sebagai mahasiswa, terutama mahasiswa prodi PAI harus mengetahui konsep pendidikan. “Ketika menjadi guru bagaimana, ketika menjadi siswa bagaimana. Istilahnya bisa menyesuaikan,” jelasnya.

Dalam setiap kejadian dan cerita, terdapat ibrah atau pelajaran yang dapat diambil. Terdapat bagian yang baik dan bagian yang buruk. Sebagai umat Rasulullah SAW harus mengambil ibrah yang baik, agar dapat menjadi uswatun hasanah.

Dalam Islam, selain meneladani akhlak sang rasul, dianjurkan pula untuk meneladani akhlak para ‘ulama. Hal itu dapat memudahkan umat Islam untuk mempraktikkannya, karena dapat melihat secara langsung.

Berada dalam sanad keilmuan naungan KH. Hasyim Asy’ari, mahasiswa Unhasy harus mengenal dan mengetahui orang-orang terdekat dari KH. Hasyim Asy’ari, yang sampai saat ini mungkin banyak mahasiswa yang belum tahu. Karena hal itu dapat menjadi uswah untuk meneladani akhlak dari para kiai terdahulu.

“Mumpung ini dalam memperingati lahirnya Nabi, apa yang sudah dilakukan oleh Nabi Muhammad ini kemudian kita tiru, ya itulah cara kita untuk meneladani Rasulullah SAW. Itu baru namanya uswatun hasanah. Kalau bukan kepada Nabi, ya minimal Mbah Hasyim Asy’ari,” ungkap Abi Syam di akhir ceramahnya.

 

 

Pewarta: Halimatus Sholihah

Editor: Rokhimatul Inayah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Follow My

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6285717777301

Baca Juga

Lestarikan Budaya, UNHASY Gelar Festival Selama Dua Hari

7
Moderatpers.com - Universitas Hasyim Asy’ari (UNHASY) menggelar festival dengan tema “Integritas Bahasa dan Budaya sebagai Identitas Bangsa” di kampus A UNHASY dari tanggal 29...

Diwarnai Haru Dan Bahagia, UNHASY Kukuhkan 969 Wisudawan

93
ModeratPers - Universitas Hasyim Asy'ari (UNHASY) gelar wisuda Sarjana (S1) ke-32 dan Pascasarjana (S2) ke-21. Pada tahun ini, UNHASY berhasil kukuhkan 969 wisudawan dan...
https://tebuireng.online

INTEGRASI KURIKULUM PERGURUAN TINGGI DAN PESANTREN

7
Moderatpers.com -Universitas merupakan jenjang pendidikan tinggi setelah SLTA, seiring berkembangnya zaman tak sedikit perguruan tinggi yang menyadari bahwa mereka juga perlu menerapkan kurikulum yang...

Ramadan dan Segala Tradisinya di Indonesia

129
UKMP Moderat – Senin, (12/04) Pemerintah melalui Kementrian Agama menetapkan 1 Ramadan 1442 Hijriah jatuh pada 13 April 2021. Ketetapan itu diputuskan dalam sidang...
Pertunjukan Ludruk Guyon Maton dalam Puncak Acara Bulan Gus Dur. Dok. Theo, Cukir, Diwek, Jombang (17/12/)

Cak Percil CS Meriahkan Peringatan Bulan Gus Dur di Minha Jombang

151
ModeratPers – Museum Islam Indonesia KH. Hasyim Asy’ari (Minha) menggelar acara “Guyonan Rakyat” yang dimeriahkan oleh Cak Kartolo, Guyon Maton, Cak Percil CS, dan...