spot_imgspot_imgspot_img
Kamis, Juni 20, 2024
spot_imgspot_imgspot_img
BerandaBERITAEcobrick, Cara Efektif Mengelola Sampah Plastik

Ecobrick, Cara Efektif Mengelola Sampah Plastik

Moderatpers.com – Jumlah sampah plastik di Indonesia semakin tahun terus menambah, dan menjadi momok permasalahan yang kian menjarah. Masyarakat membuang sampahnya kemana-mana, baik di darat maupun lautan.

Melihat kondisi sampah plastik yang semakin banyak, membuat Maftuhah Mustiqowati tergugah untuk memanfaatkannya menjadi kerajinan. Pengasuh Pondok Pesantren Mamba’ul Hikam Putri Desa Jatirejo Barat, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang itu menerapkan program gerakan cinta lingkungan kepada santrinya.

Program itu menggunakan konsep ecobrick dan pengolahan jelantah (minyak goreng bekas). Ecobrik ialah proses daur ulang ramah lingkungan dengan memanfaatkan media botol plastik yang dipadatkan.

Agar menjadi padat, botol plastik itu diisi penuh dengan sampah anorganik bersih seperti sampah bungkus permen. Setelah padat, barulah botol di kreasikan menjadi beragam bentuk seperti meja, kursi, vigura, pot tanaman, rak buku/kitab, dan kerajinan lainnya.

Sebelum mengenalkan ecobrick, wanita yang akrab disapa Bu Nyai Ika itu rutin melakukan pendekatan kepada santrinya mengenai hukum fikih lingkungan.

“Simplenya manusia itu harus berfikir bahwa kita tinggal di bumi dan mati pun masuk ke dalam perut bumi. Menghormati itu bukan hanya kepada manusia, melainkan juga kepada makhluk lain. Caranya, ya dengan menjaga kelestarian bumi,” katanya, Selasa, (04/01).

Dok. Foto : Santriwati Pondok Pesantren Mamba’ul Hikam Putri Desa Jatirejo Barat, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang saat membuat kerajinan ecrobrick.
Dok. Foto : Santriwati Pondok Pesantren Mamba’ul Hikam Putri Desa Jatirejo Barat, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang saat membuat kerajinan ecrobrick.

Cara pertama yang ia terapkan ialah mewajibkan setiap santri untuk mengumpulkan sampah-sampah di lingkungan pesantren. Dari hal kecil, program yang ia gagas sejak 2017 itu kini terus membuahkan karya yang tak ternilai harganya.

Kerajinan yang ia kerjakan bersama santri-santrinya itupun di manfaatkan untuk menfasilitasi dan menghiasi pesantren. Tak jarang, ada juga wali santri dan donatur yang ikut membeli dengan harga yang cukup tinggi.

Baca Juga : MHQ, Pondok Qur’an Rintisan di Kawasan Tebuireng Jombang

Ponpes Mamba’ul Hikam juga bekerjasama dengan Fakultas Kimia UIN Malang dan bank sampah di Jombang untuk memanfaatkan limbah jelantah. Jelantah yang sudah terkumpul, selanjutnya diolah menjadi sabun.

Karena keuletan dan kreatifitasnya itu, program ecobrick Ponpes Mamba’ul Hikam telah menggaet beragam penghargaan. Beberapa diantaranya ialah penghargaan Bupati Jombang 2015; penghargaan madrasah award kriteria lembaga mandiri berprestasi; dan sejumlah penghargaan lainnya baik tingkat provinsi maupun nasional.

“Harapan saya kepada para santri untuk tidak berhenti sampai disini. Ketika dia pulang nanti bisa mencintai bumi sepenuh hati dengan mengelola sampah sekitar menjadi barang yang bermanfaat,” tuturnya.

Jika banyak masyarakat yang menerapkan program ecobrick ini, Indonesia bisa menurunkan peringkat sebagai negara penghasil sampah plastik laut terbesar ke dua di dunia. Hal itu juga bisa terelasisasi, jika masyarakat sadar akan pentingnya menjaga bumi dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga kelestarian lingkungan.

 

 

Pewarta : Aulia Masruroh

Editor : Rokhimatul Inayah

11 KOMENTAR

  1. Someone necessarily assist to make severely posts I’d state. That is the first time I frequented your web page and up to now? I amazed with the research you made to create this actual submit incredible. Magnificent activity!

  2. What is Renew? Renew is a dietary supplement designed to support blood flow while also aiming to boost testosterone levels and provide an explosive energy drive

  3. Have you ever thought about publishing an e-book or guest authoring on other websites? I have a blog based upon on the same subjects you discuss and would love to have you share some stories/information. I know my readers would appreciate your work. If you’re even remotely interested, feel free to shoot me an e-mail.

  4. Whats Happening i am new to this, I stumbled upon this I have discovered It absolutely useful and it has helped me out loads. I am hoping to give a contribution & help other customers like its helped me. Great job.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Follow My

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6285717777301

Baca Juga

Banyak Pihak Kecam Tindakan Rektorat IAIN Ambon Pasca Bekukan SK LPM Lintas

Banyak Pihak Kecam Tindakan Rektorat IAIN Ambon Pasca Bekukan SK LPM Lintas

0
Moderatpers.com – Banyak pihak kecam tindakan Rektorat IAIN Ambon pasca bekukan SK LPM Lintas melalui surat keputusan rektor nomor 95 tahun 2022. Pembredelan tersebut...
Alasan PTM Terbatas Tak Dilakukan di Semua Fakultas

Alasan PTM Terbatas Tak Dilakukan di Semua Fakultas

0
Moderatpers.com – Kebijakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas yang sudah berjalan dari awal Februari 2022 nampaknya tak dapat dirasakan oleh semua mahasiswa Universitas Hasyim...

Menanamkan Literasi Agama Lewat Buku “Gus Dur Sang Presiden” Di MI Al Ittihad

0
moderatpers - Literasi merupakan suatu kegiatan yang merujuk kepada kemampuan dan keterampilan dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu...
Lembaga Sosial ACT Berikan Penghargaan Nasional Kepada BEM Unhasy

Lembaga Sosial ACT Berikan Penghargaan Nasional Kepada BEM Unhasy

0
Moderatpers.com - Lembaga Sosial ACT (Aksi Cepat Tanggap) berikan apresiasi dan penghargaan nasional kepada Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Hasyim Asy’ari (BEM-Unhasy) atas aksi kemanusiaan...

Puisi Karya Anggota Magang 2021

0
MANUSIA ANGAN Karya: Tania Semua orang tertuju padamu Wahai manusia angan Kau merindu tanpa dirindu Benar dikata jika penciptaanmu karena perkara cinta Engkau dicintai tahu dan tidak tahu Bungaku kenapa kamu...