spot_imgspot_imgspot_img
Rabu, Juni 12, 2024
spot_imgspot_imgspot_img
BerandaBERITAMts Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng, Tanamkan Karakter Cinta Lingkungan Lewat P5

Mts Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng, Tanamkan Karakter Cinta Lingkungan Lewat P5

Moderatpers – P5 merupakan singkatan dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang merupakan bagian dari implementasi kurikulum merdeka, kurikulum yang baru diluncurkan pada Februari lalu oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Projek ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang  kompeten dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila di setiap jenjang pendidikan.

Implementasi P5 mulai banyak diterapkan oleh sekolah-sekolah, termasuk Madrasah Tsanawiyah (Mts) Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng. Penerapan projek ini ditujukanan kepada siswa kelas VII dyang diajarkan selama dua semester. Projek ini mengambil tema “Gaya hidup Berkelanjutan, Ubah Sampah Jadi Berkah”.

Anshori, selaku ketua pelaksana P5 menjelasakan bahwa tujuan projek ini adalah untuk meningkatkan kreatifitas siswa dalam mengelola sampah. dengan begitu, sampah yang dianggap banyak orang tidak berguna, ternyata dapat dimanfaatkan kembali.

“Makna dari kegiatan ini yaitu munculnya kesadaran siswa akan sampah ,dan  memunculkan  kreativitas siswa dalam mengelolanya. Setidaknya mereka tau bahwa sampah itu dapat dimanfaatkan”, ungkap Anshori.

Presentase sampah yang dihasilkan oleh manusia tiap harinya semakin meningkat. Oleh karena itu, menanamkan sikap peduli lingkungan perlu diajarkan kepada siswa. Kreatifitas yang mampu mengubah sampah menjadi barang yang bermanfaat, akan meminimalisir pencemaran lingkungan yang diakibatkan semakin menumpuknya sampah.

Siswa kelas VII yang berjumlah 249 dibagi menjadi beberapa dengan pendampingan dari dua orang pembimbing dan satu pendamping dari kakak kelas. Pembimbing berasal dari satu orang guru dan mahasiswa PPL. Untuk pemateri, MTS Salafiyah Syafi’iyah mendatangkan praktisi dari Bank Sampah Tebuireng (BST).

Materi yang diajarkan mulai dari pengenalan tentang jenis-jenis sampah, cara memilah, pengolahan sampah, dan sebagainya. Pembekalan tidak hanya sebatas pemberian materi, para siswa juga diajak untuk observasi langsung ke tempat Bank Sampah Tebuireng yang terletak di belakang Rumah Sakit Hasyim Asy’ari.

Saat observasi, para siswa mulai melakukan praktek pengelolaan sampah seperti memasukkan sampah kedalam tong yang sesuai dengan jenis sampah. Tak hanya itu, mereka juga melakukan praktek untuk membuat ecobrick yang kemudian diserahkan kepada guru pembimbing.

“Penting sekali diadakan kegiatan seperti ini, agar anak-anak bisa mengenali apa itu sampah, sehingga dapat mengubah mindset mereka untuk lebih peduli pada lingkungan” , kata Sulung, salah satu praktisi.

Selain menanamkan sikap cinta lingkungan, projek ini diharapkan dapat menumbuhkan kreativitas siswa dalam hal mengelola sampah. Jika mampu diolah dengan baik, sampah dapat menjadi barang yang bernilai jual tinggi. Kemampuan mengolah sampah dapat menjadi bekal siswa untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia di masa depan.

 

Penulis : Mailinda Putri

Editor : M. Maksum Ali

9 KOMENTAR

  1. This design is spectacular! You obviously know how to keep a reader amused. Between your wit and your videos, I was almost moved to start my own blog (well, almost…HaHa!) Great job. I really enjoyed what you had to say, and more than that, how you presented it. Too cool!

  2. Great post. I used to be checking constantly this weblog and I am impressed! Very useful info specifically the closing section 🙂 I handle such information much. I used to be seeking this particular info for a long time. Thank you and good luck.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Follow My

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6285717777301

Baca Juga

Nobar Film “Di Bawah Bendera Demokrasi”. Dok. Ayshda, Minha, Jombang (16/12)

Peringati Haul Gus Dur ke 14 : Gerakan GUSDURian Adakan Nobar dan Diskusi

3
ModeratPers – Dalam rangka memperingati haul Gus Dur ke-14, Gerakan GUSDURian Jombang  gelar diskusi dan nonton bareng (nobar) Film “Di Bawah Bendera Demokrasi”. Acara...

26 Tahun Peringatan Hari Buku Sedunia

0
UKMP MÖDERAT - Setiap tanggal 23 April diperingati sebagai Hari Buku sedunia. Perayaan tersebut tak lain sebagai bentuk penghargaan sekaligus refleksi tentang sejauh mana...
Kemeriahan event haul Gus Dur ke-14 Tour to Gus Dur Dok. Irma Isma, Cukir, Diwek, Jombang (17/12/23)

Memperingati Haul ke-14 Gus Dur, KOSTI gelar Gowes Tour to Gus Dur

11
Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) Mengelar acara “Tour to Gus Dur” di kawasan Museum Islam Indonesia KH. Hasyim Asy’ari Jombang. Kegiatan ini dilaksanankan pada...
anak kemaren sore

Anak Kemarin Sore

33
Seorang pemuda datang dengan langkah tergesa Nafasnya tersendat hingga sukar bernapas Keringat di dahi menetes dengan jeda senada Kedua tangannya menggenggam erat tas hitam Demikian, hatinya turut menggenggam...

Pada Closing POSMARU Unhasy, Kementrian Desa Imbau Mahasiswa Untuk Berperan Dalam Memajukan Desa

0
Moderatpers.com- Closing POSMARU (Pekan Orientasi Mahasiswa Baru) Unhasy Tebuireng Jombang, pada Jumat, (15/10) menghadirkan Nasrun Annahar, salah satu staf perwakilan dari Halim Iskandar, Menteri...