spot_imgspot_imgspot_img
Kamis, Juni 20, 2024
spot_imgspot_imgspot_img
BerandaBERITADibalik Cerita Rofiq, Sukses Sebagai Peternak Ikan Koi

Dibalik Cerita Rofiq, Sukses Sebagai Peternak Ikan Koi

Moderatpers.com – Rofiq, salah satu peternak sukses ikan koi dari Desa Bandung, Jombang berbagi cerita kepada anggota UKMP Moderat tentang pengalamannya dalam membudidayakan ikan koi pada Jumat, (17/12).

Rofiq menuturkan, bahwa profesinya saat ini bermula dari hobinya dalam merawat ikan. “Usaha ikan koi ini berawal dari hobi saya sekitar tahun 2010. Kemudian, saya mulai membudidayakannya pada tahun 2017,” jelasnya.

Selain karena hobi, keputusannya memilih untuk budi daya ikan koi karena harga jualnya yang cukup mahal dan jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan ikan hias air tawar lainnya.

Hal itu karena kualitas ikan koi memang sudah tidak di ragukan lagi. Mulai dari warna dan ornamennya yang cantik, yang menyebabkan ikan jenis ini menjadi salah satu komoditas ikan hias air tawar yang sampai saat ini masih menjadi primadona, baik di pasar lokal maupun internasional.

Benih ikan koi pertamanya berasal dari Blitar. Untuk membeli satu pasang ikan koi, Rofiq mengeluarkan modal awal sebesar Rp 600.000,-. Dari sepasang ikan koi itulah, kini ia sukses membudidayakan ikan yang memiliki nama ilmiah cyprinus rubrofuscus itu.

Untuk omsetnya saat ini, Rofiq tidak menyebutkan secara pasti. Namun, penghasilannya terbilang cukup menjanjikan.

Baca Juga : Kisah Nadlifah, Alumnus Unhasy Yang Sukses Menjadi Businesswoman

Perawatan ikan koi pun terbilang cukup mudah, hanya membutuhkan peralatan aerator, pompa air, dan perlengkapan lain seperti budi daya ikan tawar lainnya.

Rofiq juga menjelaskan, bahwa tak selamanya untung dalam membudidayakan ikan koi. Keuntungan yang didapatkan pun berbeda-beda dan tak pasti.

“Setiap kali panen itu menghasilkan keuntungan yang berbeda-beda. Hal itu sesuai dengan kualitas ikannya. Kadang juga rugi karena ikannya mati,” jelasnya.

Penyebab utama kematian ikan koi sendiri disebabkan oleh virus ikan di peternakan. Selain itu, terkadang ikan koi yang baru datang tidak di karantina terlebih dahulu. Kualitas air yang kurang bagus pun dapat menyebabkan ikan koi mudah mati.

Untuk meminimalisir hal itu, Rofiq pun menggunakan kolam ubin. Setiap satu minggu sekali, ia juga rutin mengganti air. Untuk pengelolaan limbah airnya, ia membuangnya ke ladang yang luas.  Sedangkan, endapan dari kolam tersebut dapat digunakan menjadi pupuk tanaman.

Baca Juga : Cerita Ashar Muzakki, Mahasiswa Unhasy Yang Lolos KMI Expo XII 2021

Ikan koi sudah dapat dipanen dalam jangka waktu satu setengah tahun, dan idealnya dalam jangka waktu dua tahun. Cara memanennya yaitu dengan cara disortir sesuai keinginan konsumen.

Namun sayang, permintaan ikan koi yang terus meningkat, membuat Rofiq dan peternak ikan koi lainnya kewalahan dan tak sanggup meningkatkan penawaran. Apalagi semenjak adanya pandemi, banyak masyarakat yang terdampak membutuhkan relaksasi, salah satunya dengan memelihara ikan koi.

“Semenjak pandemi ini permintaannya terus meningkat. Tapi sayangnya, kami (peternak ikan koi) kewalahan dan tidak bisa memenuhi permintaan yang tinggi itu,” tutupnya.

 

 

 

Kontributor : Kelompok 1 Peserta PJTD UKMP Moderat

Editor : Rokhimatul Inayah

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Follow My

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6285717777301

Baca Juga

#Perpisahan

184
"Some goodbyes are not really the end of the story, but may be a beginning of a new journey." Mungkin Akan Bertemu Lagi Oleh: Zanatul Faizah Datang untuk...

KDLK UNHASY Desa Ngusikan Gelar Festival 10 Muharram 1445 H

8
ModeratPers - Kelompok 17 Kuliah Di Luar Kampus (KDLK) Universitas Hasyim Asy’ari (UNHASY) menggelar Pengajian Akbar yang menjadi penutup program KDLK. Kegiatan ini dilaksanakan...

Resmi! Unhasy Lantik Pengganti Warek I Dan III

0
Moderatpers.com – Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang resmi mengadakan pelantikan Wakil Rektor I dan Wakil Rektor III Pengganti Antar Waktu Periode 2019-2023, serta pelantikan...

Senin Puisi (SenPus) #Bebas-7

0
"Beberapa orang akan pergi dari hidupmu, tapi itu bukan akhir dari ceritamu. Itu cuma akhir dari bagian mereka di ceritamu.” - Faraaz Kazi Dalam Pusara Oleh:...

Kiat Sukses Ara, Perwakilan UNHASY Juara 3 MHQ 30 juz MTQMN 2023

134
ModeratPers - Gelaran Musabaqoh Tilawatil Qur'an Mahasiswa Nasional (MTQMN) XVIII 2023 di Universitas Brawijaya (UB) telah berakhir. Dalam event ini, UB selaku tuan rumah...