spot_imgspot_imgspot_img
Minggu, September 8, 2024
spot_imgspot_imgspot_img
BerandaUNEK-UNEKEsaiBatik dan Sejarahnya

Batik dan Sejarahnya

Batik menjadi mata pencaharian utama bagi sebagian besar masyarakat Indonesia pada abad-21. Batik dinilai sebagai identitas bangsa Indonesia dan menjadi bagian penting seorang Warga Negara Indonesia sejak lahir hingga tiada. Batik merupakan teknik menghias pada sepotong kain dengan mencanting ataupun mencelup yang mengandung nilai, makna, dan simbol budaya. Batik Indonesia memiliki banyak simbol yang bertautan erat dengan status sosial, kebudayaan lokal, alam dan sejarah dari motif batik itu sendiri.

Perkembangan batik di Indonesia telah menggores nilai seni yang sangat tinggi dan apik untuk dinikmati masyarakat baik domestik maupun mancanegara. Saat ini, batik diproduksi dari berbagai daerah di Indonesia, diantaranya adalah Solo, Yogyakarta, Madura, Cirebon, Bali, Pekalongan, Tasikmalaya, Minahasa, serta Minagkabau. Masing-masing daerah memiliki ciri motif dan keunikan yang berbeda. Setiap goresan motif  pada batik merupakan simbol yang mengandung pesan tersirat di dalamnya.

Batik pertama kali diperkenalkan pada dunia Internasional pada saat konfrensi PBB, oleh Presiden Soeharto pada masanya. Yang kemudian pada masa pemerintahan Soesilo Bambang Yudhoyono, tanggal  9 Januari 2009, batik resmi terdaftar sebagai Intagible Curtural Heritage (ICH) atau karya Agung Budaya Lisan dan Tak Benda Warisan Manusia di UNESCO sebagai wujud keunikan dari pengetahuan kolektif yang diwariskan dari masa lampau tetapi masih hidup dan berdampingan dengan masyarakat hingga sekarang.

Pada saat sidang ke empat komite antar pemerintah tentang warisan budaya tak benda yang diselenggaraklan UNESCO di Abu Dhabi yang diselenggarakan pada 2 Oktober 2009, UNESCO menetapkannya sebagai hari Batik Nasional. Dengan demikian, di bawah pemerintahan Soesilo Bambang Yudhoyono, Pemerintah Indonesia menerbitkan Kepres No 33 Tahun 2009 berisi tentang penetapan hari Batik Nasional.

Tentang kepemilikan budaya batik, Malaysia pernah mengkalim bahwa batik adalah milik mereka. Polemik pun muncul akibat klaim Negeri Jiran terhadap batik ini. Dikarenakan kemiripan kultural budaya antara Indonesia dan Malaysia menjadi salah satu penyebab terjadinya perseteruan terkait perebutan hak milik yang tidak hanya terjadi pada budaya batik saja. Ada pula kesamaan garis histori serta kemiripan bahasa menjadi penyebab lain dari perebutan hak milik.

Maka dengan ditetapkannya hari Batik Nasional, Sekertaris Jendral Mentri Dalam Negeri Hadi Prabowo menandatangani Surat Edaran Nomor 003.3/10132/SJ tentang pemakaian baju batik untuk memperingati hari Batik Nasional. Hal tersebut, dilaksankan guna meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap upaya perlindungan dan pengembangan batik Indonesia.

Pewarta : Inni Shofia Amalia

63 KOMENTAR

  1. Наши специалисты предлагает надежный официальный ремонт стиральной машины рядом любых брендов и моделей. Мы знаем, насколько необходимы вам ваши устройства для стирки, и стремимся предоставить услуги высочайшего уровня. Наши квалифицированные специалисты оперативно и тщательно выполняют работу, используя только оригинальные запчасти, что обеспечивает надежность и долговечность проведенных ремонтов.
    Наиболее общие проблемы, с которыми сталкиваются обладатели устройств для стирки, включают неисправности барабана, проблемы с нагревом воды, неисправности программного обеспечения, неработающий насос и поломки компонентов. Для устранения этих поломок наши профессиональные техники выполняют ремонт барабанов, нагревательных элементов, ПО, насосов и механических компонентов. Обращаясь в наш сервисный центр, вы гарантируете себе надежный и долговечный ремонт стиральной машины адреса.
    Подробная информация размещена на сайте: https://remont-stiralnyh-mashin-ace.ru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Follow My

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6285717777301

Baca Juga

Pentingnya Pendidikan Agama dalam Membentuk Kematangan Spiritual pada Individu

4
Pendidikan agama memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk kematangan spiritual pada individu. Dalam kehidupan yang kompleks dan penuh tantangan ini, pembentukan karakter dan...
Sensasi Tradisional Nasi Goreng Istimewa Pak Takim, yang dimasak dengan Arang

Sensasi Tradisional Nasi Goreng Istimewa Pak Takim, yang dimasak dengan Arang

59
Moderatpers.com - Nasi goreng adalah makanan khas nusantara yang mudah dibuat. Bahkan, sekarang keberadaanya sudah menjamur berderet di jalanan. Makanan yang digemari berbagai kalangan...
workshop

Dokumentasi Workshop Hoax Busting And Digital Higiene_UKM FUM UNHASY

0
https://drive.google.com/folderview?id=1iz6sRrtCF0ILsuQJWJPqAnWMuup6RpsG

Mahasiswa PBSI Unhasy adakan Malam Sandiwara : Antuasiasme tinggi dari para penonton di luar...

3
Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Hasyim Asy’ari (PBSI Unhasy) mengadakan Pentas Studi Malam Sandiwara yang dilaksanakan pada Jumat (28/06) pukul 18.00 WIB. Pertunjukan...
Ecobrick, Cara Efektif Mengelola Sampah Plastik

Ecobrick, Cara Efektif Mengelola Sampah Plastik

59
Moderatpers.com - Jumlah sampah plastik di Indonesia semakin tahun terus menambah, dan menjadi momok permasalahan yang kian menjarah. Masyarakat membuang sampahnya kemana-mana, baik di...