spot_imgspot_imgspot_img
Rabu, Juni 12, 2024
spot_imgspot_imgspot_img
BerandaUNEK-UNEKArtikelRirin Wahyuni, Mahasiswi Yudisium Terbaik Fakultas Ekonomi, Peraih IPK Nyaris Sempurna!

Ririn Wahyuni, Mahasiswi Yudisium Terbaik Fakultas Ekonomi, Peraih IPK Nyaris Sempurna!

Moderatpers.com – Sama seperti fakultas lainnya, Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy’ari (FE Unhasy) telah menggelar acara yudisium. Pasti kita tidak asing lagi bukan mendengar kata “Yudisium”. Yudisium di tingkat S1 adalah proses akademik yang menyangkut penerapan nilai dan kelulusan mahasiswa dari seluruh proses akademik selama kurang lebih 8 semester. Dalam acara Yudisium ini, tentunya ada mahasiswa peraih IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) tertinggi yang nantinya biasa disebut cum laude atau dengan pujian.

Kali ini, nilai tertinggi dengan IPK 3,92 diraih oleh mahasiswi asal Desa Bulurejo, Kec. Diwek, Jombang bernama Ririn Wahyuni dari program studi Akuntansi. Nyaris sempurna, pengalaman mahasiswi ini patut untuk menjadi inspirator mahasiswa lainnya, terutama bagi adik tingkatnya yang tengah menjalani kuliah.

Pada kesempatan ini, Redaktur Views & News UKMP Moderat berkempatan untuk mewawancarai gadis kelahiran Jombang, 05 Desember 1999 itu. Berikut wawancara kami dengan Ririn (sapaan akrabnya) :

Bagaimana perasaan Anda dan keluarga saat ini, ketika mampu meraih IPK tertinggi se Fakultas?

Sebenarnya tidak menyangka ya, dan saya juga tidak berharap menjadi yang terbaik, saya berfikir bahwa di luar sana pasti banyak yang lebih pinter dari saya yang layak mendapatkan IPK tertinggi. Tapi, saya mikirnya sudah melakukan yang terbaik, untuk hasil semua saya serahkan sama Allah SWT. Saya sangat bersyukur sekali dan perasaan keluarga pastinya bangga karena anaknya sudah menjadi yang terbaik.

Lalu tips-tips apa saja agar bisa meraih IPK tertinggi atau cum laude?

Untuk tips dari saya itu sebenernya dari awal kita masuk, tanamkan niat kita untuk mencari ilmu. Pastinya kita bakal semangat belajar, dan untuk IPK tertinggi itu bonus kalau bagi saya. Selain itu, kita juga harus menjaga attitude jika bersama dosen, jangan suka bolos, sering aktif di kelas baik bertanya maupun menjawab, mengerjakkan tugas dengan sungguh-sungguh, dan memperbanyak referensi atau membaca buku.

Pastinya Anda juga mengikuti kegiatan atau organisasi, kira-kira kegiatan atau organisasi apa yang diikuti selama kuliah di UNHASY, baik ekstra maupun intra?

Saya pernah menjabat sebagai anggota menteri olahraga di BEM-U, dan di desa sebagai wakil ketua IPPNU. Untuk kegiatan yang pernah saya ikuti, saya pernah menjadi panitia-panitia ketika ada event, seperti panitia POSMARU, panitia ketika mengadakan lomba, panitia seminar, serta mengikuti seminar baik di dalam maupun di luar kampus. Itu semua untuk memperluas wawasan saya. Dan ada lebih 20-30 sertifikat yang saya miliki selama mengikuti seminar. Jadi niat saya mencari ilmu, mencari ilmu tidak hanya didalam kampus tapi di luar juga.

Pengabdian apa saja yang sudah Anda berikan selama menjadi mahasiswa UNHASY?

Saya melakukan sesuatu hal dengan ikhlas seperti dosen meminta bantuan saya ketika ada event seminar saya jalankan dengan ikhlas tanpa ada niat apapun jadi itu sebagai pengabdian saya terhadap UNHASY.

Ditengah pandemi seperti ini, apakah menjadi penghambat untuk belajar khususnya mahasiswa angkatan 2017 ketika ingin menyelesaikan tugas skripsinya atau tugas lainnya?

Saat pandemi ini tidak menjadi hambatan kita untuk belajar khususnya ketika skripsi, kondisi saat ini saya jadikan sebagai peluang untuk lebih memanfaatkan keadaan dengan hal yang positif. Misalnya untuk skripsi akuntansi, kita bisa melakukan penelitian dengan cara mengambil data sekunder. Lalu, ketika pandemi saat ini banyak event-event yang diadakan, malah menurut saya itu lebih enak, kita tidak perlu mendatangi seminar tersebut, hanya secara online dan kita mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat, dan bosnusnya kita mendapatkan sertifikat.

Apa pesan yang ingin Anda sampaikan kepada adik tingkat Anda yang sekarang masih berusaha menyelesaikan kuliahnya?

Tetep semangat menjalani pendidikan, jangan sia-siakan waktu kalian selama menjadi mahasiswa, gunakan waktu sebaik mungkin dan imbangi prestasi kalian dengan organisasi. Tapi jangan sampai organisasi mengganggu prestasi kalian. Pesan saya, mari kita berikan yang terbaik untuk kampus kita dengan cara menjaga nama baik, dan membuktikan bahwa lulusan UNHASY itu adalah mahasiswa yang terbaik untuk nantinya bekerja di perusahaan ataupun kita terapkan di masyarakat.

Pewarta : Lilik Faizah

Editor : Rokhimatul Inayah

4 KOMENTAR

  1. certainly like your web-site however you have to check the spelling on quite a few of your posts. Many of them are rife with spelling problems and I to find it very bothersome to inform the reality nevertheless I’ll definitely come back again.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Follow My

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6285717777301

Baca Juga

Ayahku (Tidak) Kejam

1
Karya: Hawayein Aku terlahir dari sebuah keluarga yang berkecukupan. Untuk urusan makan sehari-hari, kami terbilang lebih beruntung daripada mereka yang makan dari sisa nasi di...
Foto : Penampilan Peserta Saat Festival Banjari

Jelang Ramadhan, HMP PGMI Gelar Lomba Festival Al-Banjari Tingkat SD/MI Se-Jatim

2
moderatpers - Menjelang bulan suci Ramadhan, Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Hasyim Asy’ari (UNHASY) gelar lomba Festival Al-Banjari tingkat...

#Perpisahan

108
"Some goodbyes are not really the end of the story, but may be a beginning of a new journey." Mungkin Akan Bertemu Lagi Oleh: Zanatul Faizah Datang untuk...
Diskusi CICAGO, Hadapi Permasalahan dengan Pemikiran Kritis dan Keterbukaan

Diskusi CICAGO, Hadapi Permasalahan dengan Pemikiran Kritis dan Keterbukaan

0
Moderatpers.com – Beberapa permasalahan yang dirasakan oleh sejumlah mahasiswa, terutama yang tergabung dalam Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) sampai saat ini...

Jum’at Puisi (JumPus) #Bebas-5

8
"Tidak semua yang dihadapi bisa diubah, tapi tidak ada yang bisa diubah sampai dihadapi." - James Baldwin   Memori Rusuh Karya: Kuni Faizati Bilik nyaman dengan nuansa putih yang...