spot_imgspot_imgspot_img
Minggu, Juni 23, 2024
spot_imgspot_imgspot_img
BerandaBERITAProdi Ekonomi Islam Gelar Kuliah Tamu Dengan Tema “Anti Korupsi”

Prodi Ekonomi Islam Gelar Kuliah Tamu Dengan Tema “Anti Korupsi”

moderatpers – Program studi Ekonomi Islam (EKIS) universitas Hasyim Asy’ari (UNHASY) bersama dengan Baitul Mal Wa Tamwil Nahdlatul Ulama’ (BMT-NU) kabupaten Jombang menggelar kuliah tamu dengan tema “Anti Korupsi”. Kegiatan ini digelar di ruang audio visual museum KH. Hasyim Asy’ari pada Sabtu.(19/11)

Dalam kuliah tamu kali ini, Prodi EKIS mengundang dua pemateri yaitu bapak Nanang Qosim, SE.,M.PI selaku koordinator Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama’ Indonesia (DSN-MUI) Jawa Timur dan bapak H. Khoirul Anam, S.Ag, Ketua KSPPS (koperasi simpan pinjam dan pembiayaan syari’ah) BMT-NU Jombang.

Sebanyak kurang lebih 80 peserta mengikuti kegiatan kuliah tamu ini. Para peserta merupakan mahasiswa prodi EKIS yang mayoritas di ikuti oleh mahasiswa semester VII.

Dengan tema “Anti Korupsi”, Ibu Peny Haryanti, M.Sy selaku kaprodi menjelaskan bahwa diambilnya tema ini dikarenakan semakin maraknya kasus korupsi yang terjadi. Oleh karena itu, ia ingin agar mahasiswa mampu mengaitkan kasus korupsi dengan fatwa-fatwa dan pandangan para Ulama’ agar mereka menghindari perilaku menyimpang tersebut.

“Menjadi salah satu motivasi kepada mahasiswa agar mereka mampu mengaitkan kasus korupsi dengan fatwa-fatwa, pandangan ulama’, DSN-MUI, maupun apa yang terjadi di lembaga keuangan”, kata Bu Peny saat diwawancarai.

Kegiatan kuliah tamu ini merupakan kegiatan tahunan rutin yang diselenggarakan prodi EKIS yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2017. Diadakannya kegiatan ini bertujuan untuk mendukung pembelajaran mata kuliah praktikum bank syari’ah mini yang diajarkan di semester VII dan telah masuk dalam RPS (rencana pembelajaran semester).

Oleh karena itu, rangkaian kegiatan kuliah tamu ini wajib di ikuti oleh mahasiswa semester VII prodi EKIS. Untuk mahasiswa di luar semester VII diperbolehkan bahkan  diharapkan untuk mengikuti kegiatan tersebut.

“Dari awal kami sampaikan bahwa kegiatan ini wajib diikuti oleh semester VII, dan yang tidak mengikuti kegiatan ini tidak akan lulus mata kuliah praktikum bank syari’ah mini”, terang Bu Peni.

Selain sebagai pembelajaran bagi mahasiswa, Ibu Athi’ Hidayati selaku ketua acara menjelaskan bahwa diadakannya kegiatan juga sebagai ajang menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga keuangan Syari’ah.

“Momen ini bisa sekaligus menjadi ajang pengenalan prodi Ekonomi islam kepada Lembaga Keuangan Syariah. Dan di harapkan dapat menjalin kerja sama pada lembaga lembaga keuangan syariah”, terang Bu Athi’.

 

Pewarta : Nasywa Kamilah, Aulia Masruroh

Editor : M. Maksum Ali

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Follow My

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6285717777301

Baca Juga

Sosialisasikan Financial Planning, Dosen Akuntansi Unhasy Adakan Workshop Di Desa Sambirejo

14
Moderatpers.com, Jombang – Rabu, 24 November 2021, Tim Dosen Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang menyelenggarakan Workshop dengan tema...

Pengaruh Media Sosial Terhadap Komunikasi Antarindividu: Membuka Peluang Dan Tantangan Baru

80
ModeratPers - Media sosial telah merevolusi cara kita berkomunikasi antarindividu. Dalam artikel ini, kami akan membahas pengaruh media sosial terhadap komunikasi antarindividu dan konsekuensinya...

Peringatan 40 Hari dan Sebuah Harapan

0
“ kami berharap para senat mahasiswa diberi kesempatan turut andil dalam mengawal pemilihan rektor baru”
HMP PAI Lakukan Kegiatan Pengabdian ke Panti Asuhan

HMP PAI Lakukan Kegiatan Pengabdian ke Panti Asuhan

12
Moderatpers.com - Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (HMP PAI), melakukan kegiatan pengabdian yang ditujukan pada anak yatim piatu di Panti Asuhan Al-Hasan,...
Foto : Finalis Duta Kampus UNHASY 2023 (Dok. BEM UNHASY)

Sempat Vakum 3 Tahun, Duta Kampus UNHASY Akhirnya Kembali Digelar

16
moderatpers - Setelah sempat vakum selama tiga tahun imbas dari pandemi covid-19, pagelaran Duta Kampus Universitas Hasyim Asy’ari (UNHASY) akhirnya kembali diselenggarakan. Grand Final...