spot_imgspot_imgspot_img
Minggu, Juni 23, 2024
spot_imgspot_imgspot_img
BerandaBERITAKampusPeringatan Hari Pasar Modal, UNHASY Mengajak Masyarakat Mengenal Pasar Modal Lewat Galeri...

Peringatan Hari Pasar Modal, UNHASY Mengajak Masyarakat Mengenal Pasar Modal Lewat Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (GI BEI) FE UNHASY

Möderatpers.com- Kamis, (03/06) peringatan hari Pasar Modal Indonesia memasuki tahun ke 69. Pada tanggal 3 Juni 1952, saat itulah awal mula hari Pasar Modal Indonesia ditetapakan. Berada di bawah kepemimpinan Presiden Soekarno, Bursa Efek Jakarta yang kini menjadi Bursa Efek Indonesia (BEI) kembali dibuka setelah sekian lama ditutup akibat Perang Dunia II dan anjloknya harga saham.

“Adanya peringatan hari Pasar Modal menurut saya penting dan harus di suarakan lebih luas, agar semua masyarakat familiar dengan pasar modal. Jika demikian, maka masyarakat akan termotivasi lebih untuk mengenal Pasar Modal Indonesia.” Tutur Choirun Nisful Laili, S.E., M.M atau yang kerap disapa Bu Ninis (Penanggung Jawab Galeri Investasi BEI FE Universitas Hasyim Asy’ari).

Dewasa ini, perkembangan pasar modal di Indonesia semakin baik. Jika ditinjau dari jumlah investor, investor domestik terus mengalami peningkatan sebagaimana data yang dirilis oleh Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Namun, jumlah investor yang terus meningkat ini masih perlu diimbangi dengan ajakan untuk menambah ilmu dan wawasan tentang pasar modal agar kedepannya bisa menjadi investor yang bertanggung jawab, tidak hanya transaksi berdasarkan rekomendasi pihak lain.

Peringatan hari Pasar Modal yang sudah mencapai usia lebih dari separuh abad, tentunya transaksi yang selama itu tidak ternilai nominalnya. Namun mirisnya, selama puluhan tahun pasar modal kita di kuasai oleh investor asing ketimbang rakyat pribumi atau investor domestik. Dewasa ini, memang telah kita ketahui bahwa sedikit demi sedikit Indonesia bangkit dari keterpurukan tersebut. Investor domestik mulai mendominasi dan melebarkan sayapnya di lantai bursa Indonesia.

Salah satu hal yang dapat membantu mensosialisasikan pasar modal kepada khalayak umum adalah dengan keberadaannya Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (GI BEI) di tiap-tiap perguruan tinggi, serta perannya mahasiswa di Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM). “Adanya GI ini adalah salah satu perpanjangan tangan kedua belah pihak (antara kampus dengan BEI dan Perusahaan Sekuritas) untuk dapat meningkatkan tingkat literasi Pasar Modal Indonesia yang masih sangat minim. GI membantu masyarakat menjadi lebih dekat jika ingin mencari tahu dan ingin memulai menjadi investor di pasar modal.” Jelasnya saat di wawancari pada Rabu, (02/06).

Peran pasar modal bagi pertumbuhan dan perkembangan ekonomi di Indonesia sangatlah penting. Pertama, dapat dilihat dari nilai transaksi yang berputar di pasar modal, jumlahnya tentu tidak sedikit. Hal itu menunjukkan bahwa sebagian besar transaksi ekonomi terletak pada pasar modal. Kedua, pasar modal menjadi salah satu sumber pendanaan bagi perusahaan. Semakin banyak perusahaan yang mendapat bantuan dana dari pasar modal, maka semakin banyak perusahaan yang terbantu dan mampu meningkatkan performanya untuk mewujudkan berbagai rencana ekspansi dan dapat membantu bergeraknya sektor-sektor riil dalam negeri.

Pesannya di peringatan Hari Pasar Modal tahun ini adalah supaya para investor domestik di Indonesia dapat mendalami ilmu pasar modal, supaya dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Dengan ilmu yang memadai, tentunya dapat menjadi seorang ahli yang bisa mengedukasi dan menginspirasi. Seorang investor yang kompeten tentunya dapat merasakan dampak berinveatsi di pasar modal, dan menyadari bahwa pasar modal memang tempat harta karun yang terpendam. Di era yang serba digital ini, sudah waktunya berubah dari saving society menjadi investing society. “Jadikan pasar modal kita adalah rumah kita, bukan rumah investor asing. Less spending more investing!” Jelasnya.

Pewarta : Rokhimatul Inayah

15 KOMENTAR

  1. Hmm it seems like your site ate my first comment (it was extremely long) so I guess I’ll just sum it up what I wrote and say, I’m thoroughly enjoying your blog. I too am an aspiring blog blogger but I’m still new to everything. Do you have any helpful hints for novice blog writers? I’d definitely appreciate it.

  2. I’ve been browsing online more than three hours lately, but I by no means discovered any interesting article like yours. It is lovely worth enough for me. In my view, if all website owners and bloggers made excellent content as you did, the web will likely be a lot more helpful than ever before. “Where facts are few, experts are many.” by Donald R. Gannon.

  3. When I initially commented I clicked the “Notify me when new comments are added” checkbox and now each time a comment is added I get four e-mails with the same comment. Is there any way you can remove people from that service? Thanks!

  4. I’m curious to find out what blog platform you have been using? I’m experiencing some minor security problems with my latest site and I’d like to find something more safe. Do you have any suggestions?

  5. Having read this I thought it was very informative. I appreciate you taking the time and effort to put this article together. I once again find myself spending way to much time both reading and commenting. But so what, it was still worth it!

  6. My partner and I absolutely love your blog and find most of your post’s to be exactly what I’m looking for. Does one offer guest writers to write content to suit your needs? I wouldn’t mind producing a post or elaborating on a few of the subjects you write regarding here. Again, awesome site!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Follow My

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6285717777301

Baca Juga

Jum’at Puisi (JumPus) #Alam

13
 "Bersyukurlah untuk siapa pun yang datang, karena masing-masing telah dikirim sebagai panduan dari luar." -Jalaludin Rumi   Secuil Goresan Sang Pencipta Oleh: Zanatul Faizah Semburat mentari mewarnai cakrawala Sinarnya...
Foto : Kedua Paslon Berfoto Bersama Pasca Debat Kandidat (Dok. Atiq)

Melihat Visi Dan Misi Dua Paslon Ketua BEM UNHASY Periode 2023 – 2024

148
ModeratPers - Ajang demokrasi Pemilihan Umum Raya (PEMIRA)  Mahasiswa  Universitas Hasyim Asyar'i (UNHASY) akan dilaksanakan pada tanggal 12 & 13 Desember 2023. Para calon...
Sejarah Pondok Pesantren Hamalatul Qur'an Jogoroto, Jombang

Sejarah Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Jogoroto, Jombang

11
Moderatpers.com – Sebutan sebagai kota santri masih tetap melekat pada Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Bukan tanpa sebab, daerah kecil ini memang telah melahirkan banyak...

Senin Puisi (SenPus) #Harapan

0
"Di mana ada kehidupan, di situ ada harapan." - Marcus Tullius Cicero Asa di Ujung Tanduk Oleh: Zanatul Faizah Ya Allah, kupasrahkan semua kepada-Mu Mati dan hidup berada...
Foto : Finalis Duta Kampus UNHASY 2023 (Dok. BEM UNHASY)

Sempat Vakum 3 Tahun, Duta Kampus UNHASY Akhirnya Kembali Digelar

16
moderatpers - Setelah sempat vakum selama tiga tahun imbas dari pandemi covid-19, pagelaran Duta Kampus Universitas Hasyim Asy’ari (UNHASY) akhirnya kembali diselenggarakan. Grand Final...