spot_imgspot_imgspot_img
Minggu, Juni 23, 2024
spot_imgspot_imgspot_img
BerandaBERITALembaga Sosial ACT Berikan Penghargaan Nasional Kepada BEM Unhasy

Lembaga Sosial ACT Berikan Penghargaan Nasional Kepada BEM Unhasy

Moderatpers.comLembaga Sosial ACT (Aksi Cepat Tanggap) berikan apresiasi dan penghargaan nasional kepada Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Hasyim Asy’ari (BEM-Unhasy) atas aksi kemanusiaan dan kesadaran sosial dalam membantu korban terdampak banjir bandang kota Batu Malang yang terjadi pada Kamis, (4/11) lalu.

Penghargaan itu diberikan karena BEM Unhasy cepat tanggap dalam menyalurkan bantuan kepada para korban 4 hari setelah musibah melanda, tepatnya pada Senin, (8/11).

Diketahui bahwa banjir bandang itu menewaskan 7 warga setempat, dan 30 rumah terendam lumpur.

Ketika mendengar kabar musibah tersebut, Ahmad Celvin Moniagah (Presiden Mahasiswa Unhasy) menyebutkan bahwa tanpa berfikir panjang ia dan anggota BEM-U segera berinisiatif untuk melakukan penggalangan dana guna membantu korban penyintas banjir bandang.

“Pas denger kabar musibah, jiwa kemanusian itu pasti gimana caranya buat bisa bantu. Langsung deh pada Kamis malamnya kami rapat darurat kemudian memutuskan bahwa hari Jumat dan Sabtu kita langsung galang dana,” jelas Presma Unhasy itu.

“Awalnya mau gandeng semua ORMAWA, tapi karena banyak yang susah dihubungi, akhirnya kita turun sendiri. Tapi alhamdulillah habis itu semua ORMAWA Fakultas juga turun menyusul galang dana,” ucapnya.

Baca Juga :Peduli Bencana Banjir Kota Batu Malang, Ormawa FAI Adakan Galang Dana

Penggalangan dana dilakukan di titik-titik pusat keramaian di daerah Jombang, seperti di lampu merah Belimbing, Cukir, Cewel, dan pusat jalanan lainnya.

Total penggalangan dana selama 2 hari adalah Rp. 4. 049.500,00. Dari total itulah, kemudian di salurkan kepada para penyintas berupa sembako dan kebutuhan pokok.

Sebanyak 50 kardus bantuan diberikan secara langsung oleh anggota BEM-U dibantu oleh ACT. Bantuan tersebut disalurkan ke dua titik, yaitu desa Bulukerto dan desa Sidomulyo Kec. Bumi Aji Kota Batu.

“Kita salurkan secara langsung itu 50 kardus kebutuhan pokok kepada para korban. Syukurnya dapat bantuan mobil dari ACT juga untuk membawa sembakonya,” kata Celvin.

Tak hanya sembako, bantuan yang diberikan juga berupa baju dan pakaian. Ia juga menyebutkan bahwa kondisi disana sangat memprihatinkan. Banyak warga kesulitan dan tak berhenti menangis karena harta benda bahkan keluarganya juga turut hilang dibawa arus banjir.

“Kondisinya memprihantinkan banget. Tapi gimana lagi namanya musibah gak disangka-sangka. Saya sempet tanya-tanya juga kepada para korban, salah satunya Pak Suhardi. Beliau itu punya bengkel motor, 40 hilang hanyut dan ketemu 12 aja. Rumahnya juga rata sama lumpur,” jelasnya.

 

 

Pewarta : Rokhimatul Inayah

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Follow My

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6285717777301

Baca Juga

Bulan Dzulhijjah merupakan bulan terakhir dalam kalender hijriyah dan termasuk salah satu dari empat bulan yang dimuliakan (Asyhurul Hurum). Ada banyak keutamaan yang terdapat pada 10 hari pertama dalam bulan ini. Apa sajakah itu, berikut ulasannya.

Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

0
Moderatpers - Bulan Dzulhijjah merupakan bulan terakhir dalam kalender hijriyah dan termasuk salah satu dari empat bulan yang dimuliakan (Asyhurul Hurum). Ada banyak keutamaan...

Indonesiaku Kampung Lautan Susu (Part I)

5
  Suara kicauan burung yang amat merdu menyambut pagiku. Seperti biasa aku bergegas untuk bersiap-siap berangkat ke sekolah. Hari ini adalah hari Senin dan akan...

TEKNOLOGI SANTRI JUARAI ROBOT TERBANG NASIONAL

0
MINHA.News-Universitas Hasyim Asy’ari (UNHASY) bersama beberapa pimpinan rektor meresmikan “Laboratorium Robotik” di halaman gedung B Unhasy ,pada sabtu (26/10). Peresmian laboratorium ini dimaksudkan sebagai...
Kuliah Umum Pasar Modal, Puncak 2nd Anniversary GI BEI FE Unhasy

Kuliah Umum Pasar Modal, Puncak 2nd Anniversary GI BEI FE Unhasy

22
Moderatpers.com – Puncak perayaan 2nd Anniversary Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy’ari (GI BEI FE Unhasy) yang jatuh pada 19...

Inovasi untuk Meningkatkan Minat Terhadap Koran di Era Industri

0
Dalam era industri yang terus berkembang pesat ini, media massa seperti koran sering kali terabaikan oleh masyarakat yang lebih memilih sumber berita digital. Namun,...