spot_imgspot_imgspot_img
Kamis, Juni 20, 2024
spot_imgspot_imgspot_img
BerandaBERITAIni Tanggapan DPRD Jombang Mengenai Tuntutan Mahasiswa Usai Unjuk Rasa

Ini Tanggapan DPRD Jombang Mengenai Tuntutan Mahasiswa Usai Unjuk Rasa

Moderatpers.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jombang Mas’ud Zuremi, menanggapi seruan aspirasi mahasiswa/i yang menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung tempatnya bekerja pada Senin, (11/04).

Didampingi oleh anggota DPRD lainnya, ia menyebutkan, bahwa setuju dengan tuntutan yang dilayangkan oleh para mahasiswa.

“Dalam hal ini, saya sebagai ketua DPRD dan seluruh anggota, jelas menolak Pemilu ditunda. Seluruh proses akan kita lalui. Kami dari berbagai partai politik dan fraksi akan menyampaikan kepada level di atasnya, yaitu tingkat provinsi dan pusat,” tegasnya.

Tak hanya soal isu penundaan Pemilu dan wacana 3 periode saja, ia juga berjanji akan menyampaikan tuntutan lainnya yang telah diserukan oleh mahasiswa/i yang diinisiasi oleh Ikatan Badan Eksekutif Mahasiswa Jombang (IKABEMJO) itu.

“Kami berjanji akan menindaklanjuti. Semua keputusan itu harus didiskusikan antara eksekutif dan legislatif,” tambahnya.

Baca Juga : IKABEMJO Gelar Aksi Unjuk Rasa di Depan Kantor DPRD Jombang

IKABEMJO sendiri menyerukan 4 tututan kepada DPRD Jombang. Pertama, mereka menuntut DPRD Jombang untuk menyamakan sikap menolak wacana amandemen jabatan presiden 3 periode yang merubah konstitusi; kedua, menolak kenaikan harga BBM; ketiga, mengusut tuntas kekerasan seksual di Kabupaten Jombang; dan keempat perbaikan infrastruktur jalan.

Setelah melakukan konsolidasi dengan IKABEMJO, Mas’ud Zuremi kemudian menandatangani perjanjian yang dilayangkan oleh para mahasiswa. Tenggat waktu yang ia janjikan adalah  3×24 jam sejak demo itu dilakukan.

Ia pun mengapresiasi para mahasiswa yang berani menyuarakan aspirasinya. Menurutnya, hal ini sangat membantu para eksekutif dan legislatif untuk terus berbenah.

“Saya sangat berterima kasih kepada semua mahasiswa yang berani turun ke jalan membela rakyat. Demo ini tidak dilarang, asal sesuai dengan aturan,” jelasnya.

Aksi unjuk rasa yang digelar kemarin itu berjalan lancar dan tanpa ada tindakan anarkisme. Pihak DPRD juga memberikan keterangan, bahwa mahasiswa/i IKABEMJO sudah meminta izin sesuai prosedur kepada pihak berwenang.

“Kemarin saya di WhatsApp Kapolres, kalau akan ada mahasiswa/i yang mau unjuk rasa. Sudah diberi suratnya,” tegasnya.

 

Reporter : Inni Shofia & Ahmad Faris

Penulis : Rokhimatul Inayah

Avatar photo
Rokhimatul Inayahhttps://campsite.bio/inayahzeen
Mahasiswi Unhasy yang sedang berproses menulis di UKMP Moderat dan Arusmedia.online

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Follow My

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6285717777301

Baca Juga

Vandalisme Mahasiswa Unhasy

0
  Vandalisme sering dikaitkan dengan tingkat kedewasaan seseorang yang dinilai belum matang. Pada dasarnya vandalisme adalah ekspresi dari dalam yang tidak disalurkan dengan cara yang...
Bekerjasama dengan PMI Jombang, BEM FE Unhasy Lakukan Kegiatan Donor Darah

Bekerjasama dengan PMI Jombang, BEM FE Unhasy Lakukan Kegiatan Donor Darah

11
Moderatpers.com – Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy’ari (BEM FE Unhasy) bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jombang adakan kegiatan donor...
Menampung Kreativitas Mahasiswa, PKKU Unhasy Turut Meramaikan GKA di Pesantren Tebuireng

Menampung Kreativitas Mahasiswa, PKKU Unhasy Turut Meramaikan GKA di Pesantren Tebuireng

0
Moderatpers.com – Mewakili Universitas Hasyim Asy’ari, Pusat Karir dan Kewirausahaan Universitas Hasyim Asy’ari (PKKU Unhasy) turut meramaikan Gelar Karya Alumni (GKA) yang bertempat di...
Dihan Aulia Bersama Finalis Lomba GGhina' Araby

Mahasiswi PBA Unhasy Juara 1 Ghina’ Aroby Dalam Event ITHLA Se Jatim, NTB, dan...

0
Moderatpers - Dihan Aulia Ariadna, mahasiswi jurusan pendidikan bahasa Arab (PBA) angkatan 2020 Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) berhasil meraih juara 1 lomba ghina' Aroby...

Jum’at Puisi (JumPus)#Kebahagiaan

0
"Bukan kebahagiaan yang menjadikan Anda bersyukur. Rasa syukurlah yang menjadikan Anda berbahagia". - Mario Teguh “Upeksha” (Ketenangan) Oleh : Mailinda Putri Anggia Sari Sinar Mentari menyinari partikel tubuh Detikan waktu...