spot_imgspot_imgspot_img
Rabu, Juni 12, 2024
spot_imgspot_imgspot_img
BerandaUNEK-UNEKEksistensi Ekskul drumband MA Hasyim Asy'ari Jogoroto

Eksistensi Ekskul drumband MA Hasyim Asy’ari Jogoroto

Moderatpers – Drumband  atau marching band adalah salah satu ekstrakulikuler di sekolah yang cukup populer dan menarik perhatian siswa mulai dari tingkat SD hingga SMA. Selain bisa menjadi sarana penyalur hobi, drumband juga memiliki berbagai manfaat seperti meningkatkan keterampilan bermusik dan melatih kekompakan siswa.

Drumband merupakan salah satu parade musik yang terdiri dari beberapa orang. Kegiatan ini dilakukan dalam sebuah kelompok yang memainkan musik secara selaras. Sekelompok orang memainkan lagu dengan menggunakan sejumlah kombinasi alat musik sambil berbaris, bergerak dan berjalan membentuk berbagai visualisasi gerakan.

Salah satu sekolah yang memiliki ekstrakurikuler ini adalah Madrasah Aliyah Hasyim Asy’ari (MAHASY) Jogoroto. Sekolah ini telah memasukkan drumband dalam daftar ekskul sejak tahun 2003. Meskipun berjalan dengan baik saat ini, ekskul drumband MAHASY mengalami naik-turun hingga sempat vakum selama tiga tahun.

Salah satu penyebab ekskul ini vakum adalah keterbatasan dalam pengadaan alat. Selain itu, pihak yayasan juga menghendaki ekskul drumband hanya untuk di ikuti oleh para siswi saja. Akibatnya, para siswi merasa keberatan saat mengangkat alat musik yang berukuran besar.

Pada tahun 2008, ekskul drumband kembali diadakan dan dibuka untuk di ikuti oleh siswa maupun siswi. Pada saat itu, ekskul berjalan tanpa adanya pelatih, hanya mengandalkan murid-murid yang memiliki pengalaman mengikuti ekskul drumband di sekolah asalnya. Pihak madrasah hanya menyewa pelatih jika akan mengikuti lomba saja.

“Anak-anak itu latihan sendiri, karena kalau mau pakai pelatih bayar pelatihnya lumayan. Jadi kita memanfaatkan anak-anak yang sudah memiliki pengalaman mengikuti drumband”, ujar Burhanuddin Harahab selaku pembina ekskul drumband MAHASY. (16/12/2022)

Grup drumband MAHASY mulai tampil pada beberapa event di Kecamatan Diwek, Jombang. Sejak saat itu, drumband MAHASY kembali dikenal dan menarik perhatian masyarakat. Peminat ekskul drumband juga semakin banyak baik dari siswa maupun siswi.

Beberapa prestasi yang diraih oleh grup Drumband MAHASY adalah mendapatkan juara 1dalam event playpass se- Jawa Timur di Malang. Prestasi-prestasi yang lain yakni juara umum pada display se Jatim tahun 2017, juara 1 se Jombang tingkat SMA sederajat, Juara 1 umum tingkat SMA sederajat di Kediri, dan masih banyak lagi prestasi yang diraih sampai sekarang.

Drumband MA Hasyim Asy’ari terkenal dengan cara berbarisnya yang rapi, sikap kaki, dan tiupan terompetnya. Drumband MA Hasyim Asy’ari sampai pernah diundang oleh Kapolres Jombang pada bulan Oktober 2022 untuk mengiringi acara apel. Burhan berharap drumband MA Hasyim Asy’ari tetap berjalan eksis dan memiliki regenerasi yang baik.

“saya berharap drumband Mahasy terus ada generasi penerusnya baik dari anggota maupun pembinanya”, ujarnya.

 

Penulis: Halimatus Sholihah

Editor: M. Maksum Ali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Follow My

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6285717777301

Baca Juga

UKMP MÖDERAT Gelar Acara Halal Bihalal Virtual Lintas Angkatan

0
Möderatpers.com- Selasa, (25/5), UKMP Moderat Universitas Hasyim Asy’ari menggelar acara “Halal Bihalal Virtual dan Revitalisasi UKMP Moderat After Lebaran.” Acara yang dilaksanakan via goggle...
(Sumber gambar: suara.com)

Sejarah Memperingati Hari Olahraga Nasional

0
  Moderatpers.com- Indonesia memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada setiap 9 September. Menilik sejarah, peringatan Haornas tak bisa lepas dari gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON)....

Menanamkan Literasi Agama Lewat Buku “Gus Dur Sang Presiden” Di MI Al Ittihad

0
moderatpers - Literasi merupakan suatu kegiatan yang merujuk kepada kemampuan dan keterampilan dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu...
Dari Sulap Limbah Kain Perca, Kini Berdayakan Puluhan Tetangga

Dari Sulap Limbah Kain Perca, Kini Berdayakan Puluhan Tetangga

70
Moderatpers.com – Berawal dari niatan mengurangi limbah dan untuk mencari rezeki, Jamilah, seorang pengrajin jampel berbahan kain perca asal Desa Blimbing, Kecamatan Kesamben, Kabupaten...
Menampung Kreativitas Mahasiswa, PKKU Unhasy Turut Meramaikan GKA di Pesantren Tebuireng

Menampung Kreativitas Mahasiswa, PKKU Unhasy Turut Meramaikan GKA di Pesantren Tebuireng

0
Moderatpers.com – Mewakili Universitas Hasyim Asy’ari, Pusat Karir dan Kewirausahaan Universitas Hasyim Asy’ari (PKKU Unhasy) turut meramaikan Gelar Karya Alumni (GKA) yang bertempat di...