spot_imgspot_imgspot_img
Minggu, Juni 23, 2024
spot_imgspot_imgspot_img
BerandaBERITADari Sulap Limbah Kain Perca, Kini Berdayakan Puluhan Tetangga

Dari Sulap Limbah Kain Perca, Kini Berdayakan Puluhan Tetangga

Moderatpers.com – Berawal dari niatan mengurangi limbah dan untuk mencari rezeki, Jamilah, seorang pengrajin jampel berbahan kain perca asal Desa Blimbing, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, kini telah berhasil menggandeng 20 tetangganya untuk ikut menjadi pengrajin jampel juga. Dampaknya, ekonomi lokal desanya kini terus meningkat.

Tumpukan karung berisikan kain perca tampak terjajar di dalam ruangan kerja kediaman Jamilah. Bagi sebagian orang, kain-kain perca ini merupakan limbah yang tidak terpakai dan merusak lingkungan. Namun, tidak demikian bagi Jamilah.

Menurutnya, kain-kain perca ini merupakan pundi-pundi rupiah yang bernilai besar. Apalagi di tangan-tangan kreatif sepertinya, yang memanfaatkan limbah menjadi kerajinan barang kebutuhan rumah tangga.

”Kain-kain perca ini saya gunakan untuk membuat jampel; keset; serbet; sarung sapu; dll. Caranya dengan dijahit, dan ada juga yang dianyam,” jelasnya.

Dok. Foto : Potret Jamilah saat menjahit Kain Perca menjadi kerajinan.
Dok. Foto : Potret Jamilah saat menjahit Kain Perca menjadi kerajinan.

Sudah lebih dari 20 tahun menjadi pengrajin, terhitung, Jamilah mulai merintis usahanya sejak tahun 2000 silam. Saat itu, ia mengawali dengan melakukan bisnis jual beli kain perca. Ia tahu,  bahwa masyarakat sangat resah dengan limbah kain karena tidak dapat terurai. Tapi, Jamilah yakin bahwa limbah kain tersebut masih dapat dimanfaatkan.

Baca Juga : Takjil, Makna Asli dan Penyerapannya dalam Bahasa Indonesia

Jamilah ingin apa yang dilakukannya ini tidak semata-mata hanya untuk bisnis, tapi juga untuk pemberdayaan masyarakat sekitar. Terlebih, bagi ibu-ibu rumah tangga yang banyak menghabiskan waktu di rumah. Walhasil, harapannya kini menjadi kenyataan.

Dalam sehari, setiap pengrajin ini mampu menghasilkan sekitar 5-7 buah keset. “Saya senang karena bisa membantu warga sekitar untuk meningkatkan ekonomi mereka. Sebagian dari rekan kerja saya ada yang bagian menjahit ada juga yang bagian pemasaran,” terangnya.

Bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan ini yaitu limbah kain katun dan kain kaos. Dalam sebulan, ia mampu mendatangkan bahan baku 2 kali perjalanan. Satu kali pengiriman, ia mampu mendatangkan sekitar 2 ton limbah perca.

Untuk pemasaran, kerajinannya ini tidak hanya diminati di wilayah Jawa Timur saja, melainkan sudah merambah hingga ke luar provinsi, seperti Yogya dan Kalimantan.

“Untuk proses pemasarannya, ada yang mengambil langsung di rumah, ada juga yang dikirim ke customer, tergantung kebutuhan pembeli. Sebagian juga ada yang dititipkan ke toko-toko dan dikirim ke pasar,” katanya.

Dengan adanya kegiatan seperti ini, Jamilah berharap, kedepannya selain mengurangi limbah kain dan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar, usaha kain perca miliknya dapat lebih berkembang dan dikenal masyarakat luas.

 

Pewarta : Nailis Sa’adah

Editor : Rokhimatul Inayah

113 KOMENTAR

  1. Pretty great post. I simply stumbled upon your blog and wished to mention that I have really enjoyed browsing your weblog
    posts. In any case I will be subscribing for your rss feed
    and I’m hoping you write again very soon!

  2. Hi, I do believe this is a great web site. I stumbledupon it 😉 I’m going to
    come back yet again since I saved as a favorite
    it. Money and freedom is the best way to change, may you be rich and
    continue to help others.

  3. I would like to thnkx for the efforts you have put in writing this blog. I am hoping the same high-grade blog post from you in the upcoming as well. In fact your creative writing abilities has inspired me to get my own blog now. Really the blogging is spreading its wings quickly. Your write up is a good example of it.

  4. hi!,I really like your writing so a lot! percentage we keep up a correspondence extra approximately your post on AOL? I require an expert in this area to unravel my problem. May be that is you! Having a look forward to peer you.

  5. I like the valuable info you provide in your articles.
    I will bookmark your blog and check again here frequently.
    I’m quite certain I’ll learn many new stuff right here!
    Good luck for the next!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Follow My

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6285717777301

Baca Juga

Unhasy Tandatangani MoU Bidang Tarbiyah Bersama IAIM NU Lampung

Unhasy Tandatangani MoU Bidang Tarbiyah Bersama IAIM NU Lampung

17
Moderatpers.com - Universitas Hasyim Asy’ari (Unhasy) tanda tangani Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman dengan Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIM NU) Metro...

Kumpulan puisi hari pahlawan 10 November

0
1.Memori BersejarahOleh : Delima Ami AdyaksyahYang selalu berjuang tanpa pamrih.Yang selalu bersemangat tiada letih.Yang selalu membulatkan hingga tak lagi berselisih.Yang selalu melangkah maju hingga...

Senin puisi #3

0
Dunia Sedang Tidak Baik-Baik SajaBy limajari45 Pandemi tak kunjung berakhirSemua solusi sudah dikeluarkanUntuk menjawab semua keluhanDari segi lahir maupun batinTapi hasilnya masih saja nihil Sebenarnya ada...

Menurunnya Eksistensi Koran sebagai Media Komunikasi Masa Kini

21
ModeratPers - Dalam era digital yang semakin maju, koran sebagai media komunikasi tradisional menghadapi tantangan besar dalam mempertahankan eksistensinya. Perkembangan teknologi dan perubahan perilaku...

Blue is Trendy

0
Drasa eget konvallis an conde mentum iongue nore semi. Proin metus duia im eleifend mollisa de quise pulvinar an retus. Nulla saretra hapien im...