spot_imgspot_imgspot_img
Kamis, Juni 20, 2024
spot_imgspot_imgspot_img
BerandaBERITAUntuk Pertama Kalinya, Unhasy Gelar Wisuda Online Via Zoom

Untuk Pertama Kalinya, Unhasy Gelar Wisuda Online Via Zoom

Moderatpers.com – Untuk pertama kalinya sejak adanya pandemi Covid-19, Universitas Hasyim Asy’ari (Unhasy) Tebuireng Jombang menggelar wisuda online program sarjana yang ke- XXX dan pascasarjana ke-XIX via zoom teleconference meeting pada Minggu, (31/10).

Wisuda online tersebut dimulai pukul 09.00 WIB s/d selesai, yang diikuti oleh 450 wisudawan dari berbagai fakultas. Setelah tahun kemarin Unhasy tak menggelar hajat besar tahunan ini, di tahun 2021 prosesi sakral wisuda bagi mahasiswa kembali terlaksana meskipun dalam keadaan daring (dalam jaringan).

Seperti yang kita ketahui, wisuda adalah bentuk apresiasi tertinggi kepada para mahasiswa yang telah rampung menuntaskan pendidikannya. Dan tak bisa dipungkiri juga, prosesi ini merupakan salah satu hal yang juga dinantikan oleh sebagian besar mahasiswa.

Rangkaian acara wisuda dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, kemudian menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Unhasy. Setelah itu, sambutan-sambutan dari beberapa pihak yang berpengaruh penting di Unhasy, seperti Prof. Dr. KH. Imam Suprayogo (Ketua Yayasan Unhasy), sambutan dari Prof. Dr. H. Haris Supratna (Rektor Unhasy), dan sambutan Dr. Hanifuddin, M. Ag, sebagai IKAP Unhasy.

Baca Juga : INTEGRASI KURIKULUM PERGURUAN TINGGI DAN PESANTREN

Tak hanya itu, dua Menteri Jokowi yaitu Menteri Agama H. Yaqut Cholil Qoumas, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Dr. H. Sandiaga Uno, B. B.A., M.B.A. juga memberikan sambutan dan pesannya kepada para wisudawan dan wisudawati.

Setelah sambutan, acara inti prosesi wisuda adalah menayangkan video dan foto para wisudawan, disertai dengan video dari Rektor Unhasy dan Dekan dari masing-masing fakultas (Fakultas Agama Islam, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Teknologi Informasi) yang terletak disebelah kanan dan kiri dari video atau foto wisudawan yang ditampilkan.

Hal ini merupakan gelaran pengganti dari prosesi yang biasanya dilakukan di atas panggung jika wisuda offline berlangsung. Terakhir, pembacaan do’a sebagai akhir dari rangkaian acara yang dibacakan oleh KH Abdul Hakim Mahfudz (Gus Kikin), selaku Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang menandakan berakhirnya acara wisuda online.

 

Pewarta : Aulia Masruroh

Editor : Rokhimatul Inayah

7 KOMENTAR

  1. My brother suggested I might like this website. He was entirely right. This post truly made my day. You can not imagine simply how much time I had spent for this information! Thanks!

  2. What’s Happening i’m new to this, I stumbled upon this I’ve found It positively useful and it has aided me out loads. I hope to contribute & help other users like its aided me. Great job.

  3. I¦ll immediately grab your rss as I can not find your email subscription hyperlink or e-newsletter service. Do you’ve any? Please permit me know in order that I may subscribe. Thanks.

  4. Hi there just wanted to give you a quick heads up and let you know a few of the images aren’t loading properly. I’m not sure why but I think its a linking issue. I’ve tried it in two different browsers and both show the same outcome.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Follow My

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6285717777301

Baca Juga

UKM Pramuka UNHASY Adakan Pelatihan PPGD Penegak dan Pandega Se-Jombang

151
Moderatpers - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Hasyim Asy'ari (UNHASY), adakan Pelatihan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) untuk para Penegak dan Pandega se-...

Biarkan Semesta Yang Menyapa

13
  Sekuat tenaga saya sudah berupaya, menanam sedalam-dalamnya dalam tanah ketersembuyian dan kesunyian. Meyakini cinta dan semesta sendiri yang akan menyapa, dengan caranya sendiri yang...

Ayahku (Tidak) Kejam

1
Karya: Hawayein Aku terlahir dari sebuah keluarga yang berkecukupan. Untuk urusan makan sehari-hari, kami terbilang lebih beruntung daripada mereka yang makan dari sisa nasi di...

POHON KELAPA

63
Pohon sejuta manfaat.Rela berkorban demi lingkungan sekitar.Tak pandang bulu tuk menolong.Meski tubuhnya akan hancur terbuang.Kau ajarkan kami tuk berbuat kebaikan.Kau tak pernah lelah menolong...
Perjalanan KH. Ainul Yaqin dalam Mensyiarkan Al-Qur’an

Perjalanan KH. Ainul Yaqin dalam Mensyiarkan Al-Qur’an

62
Moderatpers.com – Kata Kiai atau Kyai bagi pemahaman Jawa adalah sebutan untuk seseorang yang dituakan ataupun dihormati, sebab karena ilmu dan pengalamannya. Dalam pandangan masyarakat muslim Indonesia,...