spot_imgspot_imgspot_img
Kamis, Juni 20, 2024
spot_imgspot_imgspot_img
BerandaBERITAHadiri Wisuda UNHASY, Sandiaga Uno Berharap Wisudawan Jadi Pelopor Kebangkitan Ekonomi

Hadiri Wisuda UNHASY, Sandiaga Uno Berharap Wisudawan Jadi Pelopor Kebangkitan Ekonomi

Moderatpers – Menghadiri acara wisuda universitas Hasyim Asy’ari (UNHASY), menteri pariwisata dan ekonomi kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berharap para wisudawan mampu menjadi pelopor kebangkitan ekonomi Indonesia.

Sandiaga menyampaikan harapannya ini saat mengisi orasi ilmiah dalam acara wisuda sarjana ke-31 dan pascasarjana ke-20 UNHASY, Tebuireng, Jombang pada Minggu. (09/10/2022)

“Dengan bekal ilmu agama dan kewirausahaan, saya yakin UNHASY akan mencetak lulusan yang berwawasan pesantren dan ikut andil dalam menciptakan lapangan pekerjaan”, kata Sandi saat orasi.

Dengan kampus yang mengedepankan ilmu agama dan kewirausahaan, Sandiaga yakin lulusan dari UNHASY mampu menjadi SDM unggul yang berwawasan pesantren dan mampu menciptakan banyak lapangan pekerjaan.

Hal ini didasari oleh UNHASY yang memasukkan 16 satuan kredit semester (SKS) tentang wawasan agama Islam dan 9 SKS tentang wawasan kewirausahaan dalam kurikulum pendidikannya. Dua bidang keilmuan ini menjadi bekal penting mahasiswa UNHASY dalam mengarungi dunia kerja.

Atas dasar itu juga, lulusan UNHASY memiliki peluang besar untuk mampu berperan aktif dalam perkembangan ekonomi di Indonesia. Hal itu sesuai dengan apa yang sedang dibutuhkan untuk perkembangan industri di Indonesia, terutama di bidang digitalisasi.

Sandiaga juga mengajak para wisudawan untuk berperan aktif dalam pengembangan industri ekonomi kreatif. Salah satu langkah yang harus dilakukan adalah mampu adaptif dengan teknologi yang selalu berkembang.

“Teknologi akan terus berkembang, para wisudawan dan wisudawati ini adalah garda terdepan untuk adaptif dalam berbagai perkembangan teknologi”, sambung Sandiaga.

Dalam perkembangan ekonomi di Indonesia, pemerintah menargetkan untuk mampu membuka 1.1 juta lapangan pekerjaan pada tahun ini dan mencapai 4.4 juta pada tahun 2024. Mahasiswa harus berperan aktif dalam mewujudkan target ini.

“Saya yakin, target capaian 1.1 juta lapangan kerja akan terealisasi pada tahun ini dan mencapai 4.4 juta di tahun 2024, ini merupakan tanggung jawab kita semua”.

Untuk mengembangkan usaha, para mahasiswa juga perlu berjejaring menjalin relasi seluas-luasnya. Setelah kelulusan, sesama mahasiswa UNHASY bisa saling bekerjasama dalam membangun wirausaha.

Di akhir orasi, Sandiaga berpesan kepada mahasiswa untuk mengimplementasikan jargon 3G yaitu gercep (gerak cepat), geber (gerak bersama), dan gaspol (garap semua potensi online).

 

Pewarta : M. Maksum Ali

13 KOMENTAR

  1. 최신 프라그마틱 게임은 iGaming 분야에서 선도적인 콘텐츠 제공 업체로, 슬롯, 라이브 카지노, 빙고 등 다양한 제품을 통해 고객에게 혁신적인 엔터테인먼트를 선사합니다.
    프라그마틱

    프라그마틱 관련 내용 정말 재미있게 읽었어요! 또한, 제 사이트에서도 프라그마틱과 관련된 정보를 공유하고 있어요. 함께 교류하며 더 많은 지식을 쌓아가요!

    http://www.iavstudios.com/
    https://ycbgl.com/link/
    https://www.woomintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Follow My

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6285717777301

Baca Juga

https://tebuireng.online

INTEGRASI KURIKULUM PERGURUAN TINGGI DAN PESANTREN

7
Moderatpers.com -Universitas merupakan jenjang pendidikan tinggi setelah SLTA, seiring berkembangnya zaman tak sedikit perguruan tinggi yang menyadari bahwa mereka juga perlu menerapkan kurikulum yang...

Suara Mahasiswa Unhasy, Perkuliahan Semester Depan Daring atau Luring?

11
LPM FUM – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memperkirakan bahwa pembelajaran daring (dalam jaringan) di perguruan tinggi akan permanen. “Menurut saya di...

Jumat Puisi (JumPus) #Bebas-4

358
"Jika kamu tahu kamu akan pulang, perjalanannya tidak pernah terlalu sulit." - Angela Wood Kerinduan Karya : Na'im Maunah Hening terasa di saat kau tiada Tapi harus ku...

Rating Konten Dakwah Media Sosial Instagram

10
Perkembangan teknologi informasi seperti salah satunya instagram menjadi sorotan publik di media massa, maupun kalangan pemerintah dan masyarakat sekitar. Pastinya, seluruh kalangan sudah mengenali...

Perspektif dan Prospek Perempuan Masa Kini di Peringatan Hari Kartini

0
  Möderatpers.com – 21 April 2021 selalu di peringati sebagai hari Kartini Nasional. Jika menilik perjuangannya dalam memperjuangkan hak-hak dan emansipasi wanita, Raden Adjeng Kartini...