spot_imgspot_imgspot_img
Minggu, September 8, 2024
spot_imgspot_imgspot_img
BerandaUNEK-UNEKArtikelSejarah Hari Kebebasan Sedunia Dan Hubungannya Dengan Indonesia

Sejarah Hari Kebebasan Sedunia Dan Hubungannya Dengan Indonesia

Moderatpers.com – Hari kebesan sedunia yang diperingati setiap 09 November merupakan hari yang sarat akan peristiwa penting. Di mana 32 tahun lalu, penjajahan dan konflik antar negara bahkan dalam rumpun yang sama juga masih dirasakan kala itu. Salah satunya terpecahnya Jerman Timur dan Jerman Barat.

Terbelahnya kedua sisi ini, tidak bisa dipungkiri adalah hasil persetujuan dari pihak pemenang pada perang Dunia – II. Pasca perang Dunia II ini, terjadi juga perang dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet.

Perselisihan dua negara ini dalam memperebutkan pengakuan dunia berlangsung selama 10 tahun, sehingga menimbulkan dampak yang besar terhadap dunia termasuk Indonesia.

Dampak yang muncul di Indonesia diantaranya, munculnya perbedaan sistem ekonomi-politik pada periode orde lama dan orde baru. Selain itu, ekonomi yang ada di Indonesia mengalami keterpurukan yang disebabkan oleh perang dingin.

Akibatnya, banyak rakyat yang semakin sengsara. Bahkan, paham-paham baru seperti liberalisme, sosialisme dan komunisme berkembang pesat di Indonesia dan di seluruh belahan dunia.

Selama perang politik, ideologi, dan militer antara Amerika Serikat (Blok Barat) dan Uni Soviet (Blok Timur) terjadi, Uni Soviet membebaskan negara-negara Eropa timur dari pendudukan Nazi Jerman. Tetapi, setelah pembebasan itu, Uni Soviet menancapkan pengaruh komunisnya di negara-negara tersebut.

Setelah melalui beberapa dekade, dunia digemparkan oleh runtuhnya tembok Berlin yang tercatat dalam sejarah telah berdiri kokoh selama 28 tahun. Sebuah tembok besar yang dibangun untuk memisahkan antara barat dan timur, yang diberi simbol “Tembok Berlin”. Simbol tersebut menunjukkan adanya perang dingin antara pihak kediktatoran dan pihak demokrasi.

Kelompok diktator mendesain sekeliling Tembok Berlin dengan beton dan kawat yang berduri dengan penjagaan ketat sepanjang 155 km dari perbatasan yang dilengkapi dengan menara jaga, pos senapan mesin dan lampu sorot.

Lalu, sepanjang 40 kilometer temboknya dilapisi oleh dua dinding yang dijaga pengawas, anjing penjaga, lampu sorot dan senapan. Hal ini membuat kehidupan dari kedua sisi yang terpisahkan mengalami roda kehidupan yang berbeda.

Jerman Barat hidup dengan aman dan bebas di bawah penjagaan ketat oleh komunis yang berjaga di perbatasan Tembok Berlin. Sedangkan, Jerman Timur hidup dengan penuh tekanan, berharap suatu hari nanti bisa menjangkau daerah Jerman Barat.

Setelah lama berseteru, pada malam tanggal 09 November 1989, tembok Berlin roboh. Asal mulanya adalah terpecahnya Uni Soviet serta penerapan sejumlah reformasi liberal yang dilakukan oleh Jerman Timur.

Kemudian, dalam sekejap, warga Jerman Barat dan Jerman Timur berbaur menjadi satu dan saling berpelukan melepas keresahan bersama setelah terpisahkan, dan merayakan kemenangan di akhir pekan yang diikuti oleh lebih dari 2 juta penduduk dari Jerman Barat dan Timur.

Perayaan itu kemudian dikenal dengan “Pesta jalanan terbesar sepanjang sejarah”, dan menjadi cikal bakal di tetapkannya sejarah hari kebebasan sedunia, karena menjadi simbol kebebasan yang terus dikenang hingga kini.

Selain itu, runtuhnya Uni Soviet merupakan berakhirnya perang dingin dan mengurangi kecemasan dunia akan adanya perang dunia III. Dampak lainnya adalah banyak negara komunis yang berubah menjadi negara demokrasi, di mana Jerman mendapatkan posisinya sebagai negara kesatuan di tengah Eropa.

 

 

Penulis :Alfi Maghfiroh

Editor : Rokhimatul Inayah

193 KOMENTAR

  1. Hello! Someone in my Facebook group shared this website with us so I came to give it a look. I’m definitely enjoying the information. I’m bookmarking and will be tweeting this to my followers! Outstanding blog and brilliant design and style.

  2. YouTube Read more about how we personalise ads in the BBC and our advertising partners. 2018: January* – February to May – June – July – August* – September to December Read more about how we personalise ads in the BBC and our advertising partners. BBC extends Scottish Cup deal for five years Real will hold a trophy parade through the Spanish capital on Sunday night following their record-extending success. However, his leaving the club before the window even started could mess up the recruitment in the coming weeks. Can you name all the FA Cup finalists since 1987, when Coventry City famously shocked Tottenham? The summer transfer window opens on 14 June for Premier League, EFL and Scottish clubs, with the Women’s Super League window opening on 24 June.
    https://sergiokljw741852.bloguetechno.com/article-under-review-63182065
    “We are now working with the federation and with our colleagues at CONMEBOL and FIFA to seek ways to investigate the accounts which posted racist material. We will continue to use our reach to promote unity and respect.” Ten Hag has now said, however, that further talks are needed with United, who confirmed to him that they had spoken to former Bayern Munich, Chelsea and Paris Saint-Germain coach Thomas Tuchel about replacing him. “He scored three times. Romelu had a great performance today, he was very generous and he gave Youri the ball for the assist,” De Bruyne said. “For me he scored the three goals, whether they were allowed or not. But having agreed to retain the former Ajax coach, sources told ESPN that Ineos are ready to extend Ten Hag’s contract beyond the final 12 months of his existing deal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Follow My

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6285717777301

Baca Juga

Batik dan Sejarahnya

63
Batik menjadi mata pencaharian utama bagi sebagian besar masyarakat Indonesia pada abad-21. Batik dinilai sebagai identitas bangsa Indonesia dan menjadi bagian penting seorang Warga...
Civitas Akademika Unhasy Tahlil dan Doa Bersama di Acara Haul Ke-2 Gus Sholah

Civitas Akademika Unhasy Tahlil dan Doa Bersama di Acara Haul Ke-2 Gus Sholah

114
Moderatpers.com -  Civitas akademika Unhasy lakukan tahlil dan do’a bersama dalam rangka haul ke-2 Dr. (HC) Ir. KH. Salahuddin Wahid (Gus Sholah) pada Rabu,...

Belajar Menulis Berita di Kelas Manis Bersama UKM FUM

3
Moderatpers.com - UKM Forum Unhasy Menulis (FUM) di kampus Unhasy yang diketuai oleh Nazzatus Zamani (red Naza) Bersama beberapa anggotanya melakukan pelatihan “cara menulis...

Senin Puisi (Senpus)

3
Telepaty Oleh: Mailinda Putri Anggia Sari Disaat orang-orang bertanya Tentang suatu kata Yang mengekspresikan diri ini Tetapi diri ini membisu   Pemikiran yang menyatu dengan perasaan Takkan bisa dikatakan Takkan mampu diperkirakan Tetap aksi...
Pererat Solidaritas, Prodi PBA Unhasy Gelar Acara Makrab

Pererat Solidaritas, Prodi PBA Unhasy Gelar Acara Makrab

62
Moderatpers.com – Untuk mempererat solidaritas antar mahasiswa, baik mahasiswa baru maupun tingkat akhir, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Hasyim Asy’ari (PBA Unhasy) menggelar...