spot_imgspot_imgspot_img
Rabu, Juni 12, 2024
spot_imgspot_imgspot_img
BerandaUNEK-UNEKArtikelPeringatan Isra’ Mi’raj 27 Rajab 1422 H

Peringatan Isra’ Mi’raj 27 Rajab 1422 H

Möderatpers.com– Bulan Rajab adalah bulan yang mulia, terlebih pada tanggal 27. Pada tanggal 27 Rajab sebelum Hijriyah atau tahun ke-10 kenabian, diperkirakan antara tahun 620-621 M, peristiwa penting yaitu Isra’ Mi’raj terjadi. Dimana pada tahun 2021 ini jatuh pada tanggal 11 Maret 2021 M/27 Rajab 1442 H. Pada saat itu, Rasulullah SAW menempuh perjalanan ke langit untuk memenuhi panggilan Allah Swt. Perjalanan ini ditempuh hanya dalam kurun waktu satu malam. Orang yang menyatakan kepercayaannya pertama kali adalah sahabat Abu Bakar As-Shiddiq. Sementara kaum Quraisy semakin mengira bahwa ini hanyalah bualan dari Nabi Muhammad semata.

Isra’ adalah perjalanan yang ditempuh oleh Rasulullah dari Masjidil Haram, Makkah menuju Masjidil Aqsha, Yerussalem. Sedangkan Mi’raj adalah perjalanan Rasulullah dari Masjidil Aqsha ke langit ketujuh sampai Shidratul Muntaha. Rasulullah menghadap untuk menerima wahyu dari Allah secara langsung. Pada malam itu, malaikat Jibril datang menemui Rasulullah SAW. yang sedang terlelap (dengan hati yang tetap mengingat Allah) dan membelah dadanya, lantas menyucikanya dengan air zam-zam.
Rasulullah naik ke langit ketujuh, kemudian naik lagi sampai Sidratul Muntaha dengan mengendarai seekor makhluk bernama Buraq. Buraq berasal dari bahasa arab البَرْقُ yang berarti cahaya atau kilat. Yang mana makhluk itu diciptakan oleh Allah dengan cahaya.

Dikutip dari Republika.co.id, Beberapa hadits dan sekumpulan literatur menungkapkan tentang gambaran dari sosok Buraq, dimana makhluk ini memiliki kecepatan bergerak yang sangat tidak biasa. Karena kecepatannya bahkan tidak dapat dijangkau oleh akal sehat manusia. Tidak heran jika dikaitkan dengan kebesaran yang Allah miliki. Juga, sesuai dengan nama yang disandangnya.

Namun, pergantian kalimat dari Al-Barqu yang memiliki arti kilat, menjadi Buraq itu tentu mengandung makna yang berbeda. Jika Al-Barqu itu berarti kilat, maka Buraq bisa dikategorikan sebagai kendaraan yang mempunyai kecepatan bergerak lebih pesat dari kilat atau lebih cepat dari gerakan cahaya.

Dalam perjalanan ini, Nabi Muhammad menjumpai dan memberi salam kepada Nabi-Nabi di setiap pintu tujuh lapisan langit. Diantaranya, adalah Nabi Ibrahim As dan Nabi Musa As. Nabi Musa yang turut memberi pendapat tentang perintah sholat yang pada awalnya berjumlah 50 rakaat dalam sehari semalam sampai pada akhirnya menjadi 5 rakaat dalam sehari semalam. Dan Nabi Ibrahim yang memberi pesan agar Nabi Muhammad selalu mengingatkan hambanya untuk terus berdzikir.

Dikutip dari TribunNews.com, Nabi Muhammad diajarkan oleh Nabi Ibrahim satu dzikir, yakni لَا حَولَا ولَا قُوَّةَ إلَّا باالله “Tidak ada daya (dalam menjauhi maksiat ) dan tidak ada upaya (menjalankan ketaatan) melainkan dengan pertolongan Allah”

Amalan yang biasanya dikerjakan oleh umat muslim saat peristiwa Isra’ Mi’raj, terutama di Indonesia adalah berupa puasa sunnah menjelang Isra’, memperbanyak istighfar, doa di pagi dan sore, dzikir menjelang Isra’ atau sekedar mengadakan acara kecil-kecilan yang biasanya diisi dengan tausiyah keagamaan dan shalawat nabi.

Persitiwa Isra’ Mi’raj jelas merupakan peristiwa penting bagi umat Islam. Terlebih, peristiwa ini adalah dimana perintah sholat 5 waktu diwahyukan secara langsung oleh Allah kepada kekasihnya, yakni Nabi Muhammad. Perintah spesial dalam sejarah kenabian Rasulullah, karena wahyu-wahyu sebelumnya biasanya melalui perantara Malaikat Jibril. Sebagai umat Islam, sudah sepatutnya kita turut merayakan Isra’ Mi’raj dan melakukan amalan-amalan yang baik.

Penulis : Alfi Maghfiroh
Editor : Rokhimatul Inayah

9 KOMENTAR

  1. Hey there this is somewhat of off topic but I was wanting to know
    if blogs use WYSIWYG editors or if you have to manually code with
    HTML. I’m starting a blog soon but have no coding skills
    so I wanted to get advice from someone with experience. Any help
    would be greatly appreciated!

  2. Hello there, I discovered your website via Google at the same time as
    looking for a related subject, your website came up, it appears to be
    like great. I have bookmarked it in my google bookmarks.
    Hello there, simply turned into aware of your weblog via Google,
    and located that it is truly informative.
    I am going to be careful for brussels. I will be
    grateful for those who continue this in future. Many other folks will likely be benefited out of
    your writing. Cheers!

  3. 프라그마틱 관련 글 읽는 것이 정말 즐거웠어요! 또한, 제 사이트에서도 프라그마틱과 관련된 정보를 공유하고 있어요. 함께 이야기 나누면서 더 많은 지식을 쌓아가요!
    프라그마틱슬롯

    프라그마틱의 게임은 언제나 최신 트렌드를 반영하고 있죠. 최근에 나온 트렌드 중에서 가장 마음에 드는 것은 무엇인가요

    https://www.naugblog.com
    https://www.12315th.cn/
    https://supervil.com/hot/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Follow My

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6285717777301

Baca Juga

Peringatan 1 Juni Sebagai Hari Lahirnya Pancasila

11
Möderatpers.com – Sejarah lahirnya Pancasila tentu tak akan lepas dari adanya pidato Ir. Soekarno hingga rumusan yang diusulkan oleh panitia Sembilan. Bung Karno, presiden...

Perspektif Hari Guru Sedunia Dan Perannya Di Mata Dosen Unhasy

4
Moderatpers.com – Setiap tanggal 05 Oktober, selalu diperingati sebagai hari guru internasional atau biasa disebut hari guru sedunia. Hari guru sedunia ini diperingati sejak...

Senin Puisi (SenPus)

0
Stigma   Karya: SanskaraPena Ku tak tau bagaimana itu berkembang Hal besar terjadi diujung ambang Tanpa seorang pun menghiraukan Tentang perubahan di sekitar lingkungan Seorang generasi bangsa Yang seharusnya fokus akan cita-cita Terhalang...

Prodi PBA Menggelar Masa Ta’aruf untuk Memperkenalkan Lingkungan PBA

7
Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Hasyim Asy’ari (Prodi PBA UNHASY) menggelar acara ta’aruf, webinar nasional serta sosialisasi ITHLA (Ittihadu Tholabah AL Lughoh Arobiyah)...

BEM Unhasy Gelar Kajian Islami “Membumikan Pemikiran Aswaja di Era Globalisasi”

0
Moderatpers.com – BEM Universitas Hasyim Asy’ari menggelar kajian keislaman bertajuk Kajian Islam Ahlussunnah wal Jama’ah “Membumikan Pemikiran Aswaja di Era Globalisasi”. Acara yang diselenggarakan...