spot_imgspot_imgspot_img
Rabu, Juni 12, 2024
spot_imgspot_imgspot_img
BerandaBERITAMINHA Tebuireng Gelar Pameran Alunan Musik Presiden RI

MINHA Tebuireng Gelar Pameran Alunan Musik Presiden RI

ModeratPers – Museum Islam KH. Hasyim Asy’ari (MINHA) Tebuireng adakan pameran koleksi musik favorit para presiden Republik Indonesia. Kegiatan ini dipelopori oleh Museum Kepresidenan RI Balai Kirti dalam rangka merayakan HUT RI ke 78.

Kegiatan ini diselenggarakan mulai tanggal  21 – 27 Agustus 2023 dengan tajuk “Alunan Musik Presiden”. Pada pameran ini para pengunjung bisa menikmati alunan musik favorit yang biasa diputar oleh para presiden RI di sela – sela kesibukannya sebagai pemimpin negara.

Pameran resmi dibuka dengan pemotongan untaian bunga secara simbolis oleh Bupati Jombang yang diwakili oleh Muhammad Saleh selaku staf ahli bidang Pemerintahan, Kesejahteraan, Politik dan Hukum Kabupaten Jombang.

Dalam pembukaan, turut hadir juga KH. Abdul Hakim Mahfudz atau yang akrab disapa Gus Kikin selaku pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng , Pustanto selaku Kepala Galeri Nasional Indonesia, dan Linda Siagian selaku kepala unit Museum Kepresidenan RI Balai Kirti.

Berbagai koleksi musik favorit para presiden mulai dari Soekarno hingga Susilo Bambang Yudhoyono tersaji dalam pameran ini. Gus Kikin menilai pameran seperti ini sangat penting untuk mengenalkan sejarah pada generasi muda.

“Penting sekali kita menghidupkan museum-museum untuk tempat anak-anak kita, sebagai gambaran sejarah yang ada di Indonesia”, ungkap Gus Kikin (21/8).

Pada pintu masuk para pengunjung akan disuguhkan dengan 6 layar monitor bergambar presiden RI beserta list lagu – lagu favoritnya. Setelah itu pengunjung dapat memutar musiknya secara langsung pada monitor.

Selain pameran musik, rangkaian acara dimeriahkan dengan panggung budaya oleh band Letto. Selain itu juga terdapat kegiatan lokakarya, tur sejarah bagi pelajar SMP, dan pojok ekspresi.

“Nanti kalo teman-teman ada komunitas seni bisa didaftarkan dan akan kami jadwalkan (ikut tampil dalam pameran)”, ujar Linda Siagian saat diwawancarai.

Dalam pelaksanaan kegiatan pameran, Museum Kepresidenan RI Balai Kirti bekerja sama dengan Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan, Museum Musik Indonesia, dan Yayasan Irama Nusantara.

 

Pewarta : Ilfi Mariani, Mailinda Putri

Editor : M. Maksum Ali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Follow My

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6285717777301

Baca Juga

POHON KELAPA

41
Pohon sejuta manfaat.Rela berkorban demi lingkungan sekitar.Tak pandang bulu tuk menolong.Meski tubuhnya akan hancur terbuang.Kau ajarkan kami tuk berbuat kebaikan.Kau tak pernah lelah menolong...
Sumber gambar: kibrispdr.org

Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

5
ModeratPers - Bulan Ramadhan adalah bulan yang ditunggu - tunggu oleh setiap umat muslim. Bulan yang penuh dengan berkah dan ampunan ini memiliki banyak...

Sosialisasi Dinas Sosial Jombang Untuk Para Relawan Kemanusiaan

0
LPM FUM – Memasuki Hari kedua penggalangan dana pada Hari Selasa, (26/01), pihak relawan pegiat sosial Unhasy yang disini dilalukan oleh para Ormawa (Organisasi...

Potret Al-Karimiyah, Pondok Pesantren Yang Fokus Pada Pendidikan Akhlak

5
Moderatpers.com - Al-Karimiyah merupakan salah satu nama pondok pesantren yang berdiri di sebelah utara Pondok Pesantren Tebuireng Jombang. Dikutip dari Majalah Tebuireng, Al-Karimiyah merupakan...
Perkenalkan Dunia Ekonomi Islam, HMP EKIS Adakan Diklat Virtual

Perkenalkan Dunia Ekonomi Islam, HMP EKIS Adakan Diklat Virtual

7
Moderatpers.com – Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy’ari menyelenggarakan Diklat Ekonomi Islam yang bertajuk “Mencetak Generasi Ekonomi Robbani Yang Solutif Untuk...