Keutamaan Al-Qur’an dalam Perspektif Hadis

Keutamaan Al-Qur’an dalam Perspektif Hadis karya Dr. H. Ahsan Ghozali adalah sebuah buku yang menjelaskan  berbagai macam keutamaan Al-Qur’an melalui riwayat-riwayat hadis. Buku ini membahas hadits dengan tingkat kepercayaan yang beragam, mulai dari yang sangat kuat (shahih), cukup kuat (hasan), hingga yang lemah (dha’if). Meskipun ada hadits dha’if, ulama membolehkan penggunaannya dalam konteks fadha’il al-a’mal (keutamaan amal) untuk memotivasi umat dalam beribadah, bukan untuk menetapkan hukum syariat.

Buku ini menyajikan penjelasan rinci tentang kemuliaan dan keutamaan Al-Qur’an, termasuk cara Rasulullah SAW membaca dan menyimak Al-Qur’an, serta pahala bagi mereka yang mengajar, belajar, dan mengamalkan Al-Qur’an. Selain itu, buku ini membahas keutamaan setiap surat dalam Al-Qur’an dan memberikan panduan tentang cara menghafal Al-Qur’an, mulai dari metode hingga proses penyelesaiannya.

Dr. H. Ahsan Ghozali menulis buku ini dengan tujuan menyampaikan dakwah tentang keutamaan-keutamaan Al-Qur’an, dari surat Al-Fatihah hingga An-Nas. Beliau berharap buku ini dapat memotivasi umat Islam untuk lebih sering membaca Al-Qur’an, memahami isinya, dan mengenalkannya kepada orang lain. Beliau meyakini bahwa dengan berpegang teguh pada Al-Qur’an, umat Islam akan mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Penulis juga mengingatkan pembaca tentang banyaknya hadis palsu yang tersebar mengenai keutamaan surat-surat dalam Al-Qur’an. Salah satunya adalah hadis palsu yang dibuat oleh Abu Ishmah Nuh bin Abi Maryam. Buku ini menyebutkan bahwa Imam Hakim meriwayatkan cerita melalui sanadnya hingga Amar, bahwa ketika Nuh bin Abi Maryam ditanya dari mana ia mendapatkan sanad tentang keutamaan surat-surat Al-Qur’an, ia mengaku memalsukan hadis tersebut demi mendapatkan pahala karena melihat orang-orang lebih suka membaca buku fiqih daripada Al-Qur’an. (Hal.3)

Buku ini juga memberikan panduan tentang apa yang harus dilakukan oleh seorang penghafal Al-Qur’an, mulai dari cara menghafal hingga menyelesaikannya. diceritakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

عن جابر رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم قال: (إِذَا مَاتَ حَامِلُ القُرآنِ أوحى الله تعالى إلى الأرضِ أنْ لا تَأْكُلَ لَحْمَهُ قالَتْ إلهي ، كَيفَ أكل لحمه ، وكَلامُكَ في جَوفِهِ أخرج الديلم

“Ketika seorang penghafal Al-Qur’an meninggal, Allah memerintahkan bumi agar tidak memakan jasadnya. Bumi berkata: Wahai Tuhanku, bagaimana aku bisa memakan jasadnya sedangkan firman-Mu ada di dalamnya.” HR. Dailami (Hal.329)

Kelebihan buku

Buku ini memberikan penjelasan yang lengkap tentang keutamaan surat-surat dalam Al-Qur’an, dari surat Al-Fatihah hingga An-Nas. Pembaca akan mendapatkan banyak informasi tentang keutamaan setiap surat, yang dapat memotivasi mereka untuk lebih sering membaca Al-Qur’an, memahami isinya, dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kekurangan buku

Salah satu kekurangan buku ini adalah terlalu banyaknya hadis yang disertakan tanpa penjelasan yang memuaskan. Hal ini bisa menyulitkan pembaca dalam memahami konteks dan makna hadis tersebut. Selain itu, keberadaan hadis dha’if yang tidak dijelaskan secara rinci bisa membingungkan pembaca yang kurang memahami ilmu hadits. Kurangnya penjelasan mendalam tentang isi hadis membuat beberapa pembaca mungkin merasa kesulitan untuk memahami dan menerapkan ajaran dalam buku ini.

Secara keseluruhan, keutamaan Al-Qur’an dalam Perspektif Hadis karya Dr. H. Ahsan Ghozali adalah buku yang bagus bagi siapa saja yang ingin memperdalam pengetahuan tentang keutamaan Al-Qur’an dan hadis-hadis terkait. Meskipun terdapat kekurangan dalam penjelasan hadis, buku ini tetap menjadi sumber motivasi yang kuat bagi umat Islam untuk mencintai dan mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Dengan membaca buku ini, pembaca diharapkan dapat lebih memahami kemuliaan Al-Qur’an, sehingga semakin gemar untuk membaca, menghafal, dan mengamalkan ajaran-ajaran yang terkandung di dalamnya. Buku ini tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga menginspirasi umat Islam untuk menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman utama dalam kehidupan.

Judul Buku : Keutamaan Al-Qur’an Dalam Prespektif Hadis

Nama Penulis : Dr. H. Ahsan Ghozali, M.A.

Tahun Terbit : Januari 2024

Nama Penerbit : Maktabah ash Shofa Langitan

Bahasa : Indonesia

ISBN : 978-623-95372-8-9

Jumlah Halaman : 340 Halaman

Peresensi : khoiriyatul ummah

Editor : Lulu

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here