spot_imgspot_imgspot_img
Rabu, Juni 12, 2024
spot_imgspot_imgspot_img
BerandaBERITAPOSMARU UNHASY 2021 Resmi Ditunda, Berikut Alasannya!

POSMARU UNHASY 2021 Resmi Ditunda, Berikut Alasannya!

Möderatpers.com – Panitia Pekan Orientasi Mahasiswa Baru (POSMARU) Universitas Hasyim Asy’ari (UNHASY) Tebuireng Jombang resmi mengumumkan bahwa POSMARU 2021 ditunda. Acara yang seharusnya dilaksanakan pada tanggal 21-23 Agustus 2021 ini resmi diundur, dan rencananya akan dilaksanakan pada bulan Oktober mendatang.

POSMARU adalah acara tahunan untuk menyambut kedatangan mahasiswa baru (MABA) sekaligus pengenalan seputar kampus beserta isinya. POSMARU biasanya dilaksanakan pada awal semester ganjil sebelum perkuliahan dimulai. Kendati demikian, tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena ada penundaan selama kurang lebih dua bulan. Mahasiswa baru maupun lama juga bertanya-tanya apakah sebenarnya alasan ditundanya hajat besar tahunan kampus ini?

M. Naiem Assyamsi (Ketua POSMARU 2021) menjawab pertanyaan publik tersebut saat dihubungi oleh salah satu jurnalis UKMP MöDERAT. Ia menuturkan bahwa alasan inti ditundanya POSMARU ini adalah untuk memperbaiki sistem POSMARU dari tahun-tahun sebelumnya.

“Alasan utamanya ya untuk memperbaiki sistem POSMARU dari tahun-tahun sebelumnya agar lebih baik dan terstruktur. Jadi begini, di Unhasy ini ada 4 gelombang pendaftaran MABA. Biasanya MABA yang mengikuti POSMARU adalah MABA yang sudah mendaftar pada gelombang 1-3. Sedangkan, di bulan Agustus pendaftaran gelombang 3 baru saja ditutup. Nah, belajar dari tahun-tahun sebelumnya, supaya MABA yang dari gelombang 4 ini tidak ketinggalan dan harus mengikuti POSMARU tahun depan, jadi sekalian kita samakan,” kata Naiem (sapaan akrab ketua POSMARU 2021).

Ia juga menjelaskan, bahwa sampai akhir bulan Agustus, sekitar 600 Mahasiswa dari gelombang 1 dan 2, baru sekitar 400 mahasiswa yang sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti POSMARU. “Jumlah segitu baru gelombang 1 dan 2, karena gelombang 3 belum lama ditutup. Dan sampai Agustus ini, mahasiswa yang ke back up itu ya baru 2 gelombang. Kalau memaksa POSMARU tetap dilaksanakan bulan ini ya bisa-bisa pelaksanaannya dua kali, secara otomatis kerja pun juga dua kali plus inefisien pendanaan.” tuturnya.

Penundaan POSMARU 2021 ini bukan resmi keputusan sepihak dari panitia POSMARU, melainkan telah diputuskan melalui rapat dengan para pihak rektorat, termasuk Prof. Dr. Haris Supratno, M.Pd (Rektor Unhasy) beserta jajarannya, seperti bagian kemahasiswaan dan akademik, serta tim PMB (Penerima Mahasiswa Baru). Mereka semua sepakat akan hal tersebut, dengan berbagai alasan dan pertimbangan seperti yang telah disebutkan.

“Tadinya, kita juga sudah negosiasi dengan pihak PMB agar gelombang 3 dipercepat sampai sebelum perkuliahan semester ganjil ini dimulai, tetapi ternyata rencana tersebut tidak bisa terealisasi karena sudah terstruktur demikian. Jadi ya keputusan ini sudah final dengan keputusan dari PMB juga, ditambah saran serta masukan dari pihak rektorat termasuk Prof. Haris,” tegas ketua POSMARU tersebut.

Naiem pun menepis kabar huru-hara bahwa tertundanya POSMARU 2021 ini karena kurangnya kesiapan panitia dalam menyiapkan acara. “Kalau dibilang belum siap itu tidak. InsyaAllah, kami panitia siap 100% dalam pelaksanaan POSMARU 2021 ini. Namun, karena ada hal yang dipertimbangkan mau tidak mau memang demikian, toh juga untuk kebaikan bersama,” tegasnya.

Kendati demikian, penundaan POSMARU 2021 ini membawa banyak dampak positif. Selain perbaikan sistem, juga pada konsep pelaksanannya. Meskipun pelaksanaannya tetap dilakukan secara online/daring (dalam jaringan), ada beberapa perbedaan spesifik yang membedakannya dari POSMARU tahun kemarin yang juga dilakukan secara online.

“Ya meskipun tetap online, tetapi kita tetap berusaha membuat semeriah mungkin. Yang menjadi perbedaan spesifik adalah jika pada tahun kemarin fokus pada Hari-H. Namun, di tahun ini, kita ada acara sebelum Hari-H atau istilahnya Pra-POSMARU. Kemarin sudah dimulai dengan pengenalan ORMAWA (Organisasi Mahasiswa) dan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) dari masing-masing organisasi. Jadi, nanti waktu Hari-H kita membahas yang lainnya lagi,” tegasnya.

Tertundanya pelaksanaan POSMARU tentu bukan alasan untuk panitia agar menunda pekerjaan dan tangung jawab yang telah di emban. Panitia juga berharap besar agar POSMARU 2021 ini berjalan sukses tanpa ada kendala. “Harapannya semoga POSMARU 2021 ini sukses sesuai ekspektasi, baik panitia maupun pesertanya sama-sama kompak untuk mensukseskan acara POSMARU 2021,” tutupnya.

 

Pewarta : Rokhimatul Inayah
Editor : Ummi Mamlaul Khoiriyah

5 KOMENTAR

  1. I like this post, enjoyed this one thank you for putting up. “The universe is not hostile, nor yet is it unfriendly. It is simply indifferent.” by John Andrew Holmes.

  2. Howdy just wanted to give you a quick heads up. The words in your article seem to be running off the screen in Internet explorer. I’m not sure if this is a format issue or something to do with internet browser compatibility but I thought I’d post to let you know. The layout look great though! Hope you get the issue solved soon. Cheers

  3. I was curious if you ever considered changing the structure of your site? Its very well written; I love what youve got to say. But maybe you could a little more in the way of content so people could connect with it better. Youve got an awful lot of text for only having one or 2 pictures. Maybe you could space it out better?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Follow My

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6285717777301

Baca Juga

CerBul (cerpen akhir bulan) #1

83
Hiasan Hidup Karya : Anonim Sore yang berganti malam tanpa pikir panjang. Malam yang kemudian berganti menjadi pagi sebagai rutinitas. Lalu siang simpang siur berpamitan dan...

Prodi Ekonomi Islam Gelar Kuliah Tamu Dengan Tema “Anti Korupsi”

1
moderatpers - Program studi Ekonomi Islam (EKIS) universitas Hasyim Asy’ari (UNHASY) bersama dengan Baitul Mal Wa Tamwil Nahdlatul Ulama’ (BMT-NU) kabupaten Jombang menggelar kuliah...
Sebagai Rangkaian Kegiatan Diklat, HMP EKIS Adakan Workshop Pelatihan Makalah

Sebagai Rangkaian Kegiatan Diklat, HMP EKIS Adakan Workshop Pelatihan Makalah

0
Moderatpers.com – Sebagai rangkaian kegiatan diklat, Himpunan Mahasiswa Prodi Ekonomi Islam (HMP EKIS) adakan Workshop “Pelatihan Makalah”. Workshop yang diadakan khusus untuk mahasiswa baru EKIS...

Sosialisasi Dinas Sosial Jombang Untuk Para Relawan Kemanusiaan

0
LPM FUM – Memasuki Hari kedua penggalangan dana pada Hari Selasa, (26/01), pihak relawan pegiat sosial Unhasy yang disini dilalukan oleh para Ormawa (Organisasi...

Puisi Karya Anggota Magang 2021

0
MANUSIA ANGAN Karya: Tania Semua orang tertuju padamu Wahai manusia angan Kau merindu tanpa dirindu Benar dikata jika penciptaanmu karena perkara cinta Engkau dicintai tahu dan tidak tahu Bungaku kenapa kamu...