spot_imgspot_imgspot_img
Kamis, Juni 20, 2024
spot_imgspot_imgspot_img
BerandaBERITAKata Mereka Soal Wisuda Online

Kata Mereka Soal Wisuda Online

Moderatpers.com – Wisuda Universitas Hasyim Asy’ari (Unhasy) Tebuireng Jombang 2021 telah dilaksanakan untuk pertama kalinya secara online pada Minggu (31/10). Dikatakan pertama kali secara online, karena memang tahun kemarin Unhasy tidak menggelar hajat besar tahunan ini.

“Lebih tepatnya diundur, bukannya gak ada. Kenapa saya bisa bilang diundur? Karena buktinya tahun ini angkatan saya boleh ikutan wisuda juga,” ungkap Abduh salam (alumnus Unhasy angkatan 2016, yang juga merupakan Presma Unhasy 2019).

Abduh (sapaan akrabnya), mengungkapkan bahwa pada tahun 2020 tidak ada pelaksanaan wisuda (baik online maupun offline) dan diundur, karena tingginya angka kematian Covid-19 dan daerah Jawa Timur masuk pada zona merah, bahkan sampai ada yang zona hitam pada saat itu.

Kendati demikian, yudisium tetap dilaksanakan kala itu secara daring, dan ijazah pun tetap dibagikan kepada para mahasiswa yang telah merampungkan proses akademiknya. Hal itu supaya mahasiswa yang akan lanjut ke jenjang berikutnya seperti S2, dan yang ingin segera melamar pekerjaan, tidak terkendala proses administrasi, dll.

Di tahun 2021, wisuda kembali diadakan, tetapi via online. Keputusan ini berdasarkan hasil rapat rektorat dan dekan-dekan, serta orang tua wisudawan-wisudawati angkatan 2017.

“Karena Covid ini, mereka (wali mahasiswa) banyak yang penghasilannya menurun dan kesulitan dalam keuangan. Jadi jalan tengahnya biar kuliahnya tetap lancar, ijazah bisa keluar, wisudanya daring. Kalau daring kan biayanya lebih murah,” ungkap Drs. H. Muchsin Kasmin, M. Ag (Wakil Rektor II Unhasy).

“Kalau saya gak sedih, karena bagi saya wisuda itu hanya sebatas ceremonial. Yang terpenting saya lulus dari Unhasy, terus saya dapat pengetahuan, ilmu, relasi, dan juga dapat banyak pengalaman. Masalah saya gak diwisuda ya gak penting. Itu menurut saya ya, gak tau kalau teman-teman lainnya, pasti berbeda,” jelas Abduh salam, salah satu alumni yang menyayangkan tidak adanya pelaksanaan wisuda pada tahun 2020, meskipun bisa dilaksanakan secara online.

Kemudian, Zidnia Nuron, salah satu wisudawan dari Fakultas Agama Islam (FAI) prodi Pendidikan Agama Islam (PAI),  yang merupakan salah satu wisudawan terbaik 2021 mengungkapkan,  jika dirinya merasa kecewa karena wisuda yang telah ditunggu-tunggu momennya, dilaksanakan secara daring.

“Mungkin ini adalah momen yang ditunggu-tunggu, tapi kita hanya bisa melakukan secara daring, jadi agak disayangkan gitu. Tapi kita masih bersyukur sih, karena masih ada acara wisuda, kalau kakak-kakak kita yang tahun kemarin tidak melaksanakan wisuda,” ungkap Zidnia (sapaan akrabnya).

Menurut Zidnia dan voting teman-temannya, wisuda yang dilaksanakan secara online ini dinilai kurang efektif. Banyak kendala dari segi kelancaran acara dan komunikasi, salah satunya suara atau sound yang kurang keras, dan ada pula yang terkendala jaringan. “Kita harus bisa memaklumi jika sekarang masih pandemi.  Ya kita terima saja, dan kita berdo’a semoga pandemi segera berkhir.” ujarnya.

 

 

 

Pewarta: Halimatus Sholihah

Editor : Rokhimatul Inayah

26 KOMENTAR

  1. Do you mind if I quote a couple of your posts as long as I provide credit and sources back to your webpage? My website is in the exact same niche as yours and my users would genuinely benefit from some of the information you provide here. Please let me know if this okay with you. Thanks!

  2. I like what you guys are up also. Such clever work and reporting! Carry on the superb works guys I have incorporated you guys to my blogroll. I think it will improve the value of my website :).

  3. I’ve been exploring for a bit for any high-quality articles or blog posts on this kind of space . Exploring in Yahoo I finally stumbled upon this web site. Reading this info So i am happy to exhibit that I’ve an incredibly excellent uncanny feeling I found out exactly what I needed. I most undoubtedly will make sure to don’t overlook this site and give it a look on a relentless basis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Follow My

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6285717777301

Baca Juga

Anjuran Puasa Tarwiyah Dan Puasa Arafah di Bulan Dzulhijjah

0
Moderatpers.com– Bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan mulia dalam kalender Islam atau kalender Qamariyah/Hijriyah. Pasalnya, dalam bulan ini umat Islam berbondong-bondong melaksanakan ibadah Haji...

Hari Menanam Pohon Indonesia, Bagaimana Keadaan Hutan Kita?

8
Moderatpers.com - Tanggal 28 November diperingati sebagai Hari Menanam Pohon Nasional atau Hari Menanam Pohon Indonesia. Berdasarkan keputusan presiden RI Nomor 24 Tahun 2008,...

Jumat Puisi (JumPus) #Bebas-3

115
Tenangkan hati. Semua ini bukan salahmu. Jangan berhenti. Yang kau takutkan takkan terjadi. (Kunto Aji - Rehat)   Tersandung Indahnya Pantai Karya : Na'im Maunah Anginnya kencang Sang fajar meniup...
Foto : Pemotongan Tumpeng Oleh Ketua Umum UPTQ UNHASY Kepada Pembina

Milad Perdana UPTQ UNHASY, Perjuangan Syiar Al-Qur’an Di Lingkungan Kampus

9
ModeratPers - Unit Pengembangan Tahfidzul Qur’an (UPTQ) Unversitas Hasyim Asy’ari (UNHASY) Jombang merayakan hari Milad perdana. Kegiatan ini digelar di aula pascasarjana UNHASY pada...

Suara Mahasiswa Unhasy, Perkuliahan Semester Depan Daring atau Luring?

11
LPM FUM – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memperkirakan bahwa pembelajaran daring (dalam jaringan) di perguruan tinggi akan permanen. “Menurut saya di...