spot_imgspot_imgspot_img
Rabu, Juni 12, 2024
spot_imgspot_imgspot_img
BerandaBERITAPesantren Tebuireng Adakan Ngaji Matematika Bersama GERNAS TASTAKA NU Circle Di Peringatan...

Pesantren Tebuireng Adakan Ngaji Matematika Bersama GERNAS TASTAKA NU Circle Di Peringatan HSN 2021

Moderatpers.com – Pondok Pesantren Tebuireng Jombang adakan Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021 dengan berbagai rangkaian acara. Salah satunya adalah Ngaji Matematika,  yang dibuka pada Sabtu, (23/10) di Gedung Yusuf Hasyim Lt. 03 pada pukul 09.00 s/d 15.00 WIB. Mengutip dari rundown acara, Ngaji Matematika ini akan diadakan selama sepekan, hingga tanggal 28 Oktober mendatang, selama 6 jam setiap harinya.

Adanya peringatan HSN ini disambut meriah oleh para kiai, dzuriyah Tebuireng, sejumlah guru, mahasiswa, dan juga santri di sekitar Tebuireng. Pelatihan Ngaji Matematika ini pun dibimbing langsung oleh GERNAS TASTAKA (Gerakan Nasional Pemberantas Buta Matematika) yang merupakan gerakan melek Pendidikan Matematika yang bekerjasama dengan NU Circle.

Foto Dok. : Pengasuh PP Tebuireng, GERNAS TASTAKA NU Circle bersama para peserta Ngaji Matematika pada Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021.

Atas kerjasama itulah, kemudian juga kerap disebut GERNAS TASTAKA NU Circle. Kegiatan ini sudah dilaksanakan di berbagai daerah di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Maluku, Tangerang, Kalimantan Barat, dan kota-kota lainnya.

“Banyak orang yang bilang kalau matematika merupakan mata pelajaran momok. Entah karena gurunya hanya memberikan definisi-definisi dari materi kemudian diberikan soal, ataupun karena siswa sudah bosan melihat angka-angka. Berdasarkan survei yang pernah kita lakukan di sejumlah daerah, 7 dari 10 siswa mengatakan bahwa 1/3 ditambah dengan 1/2 tidak sama dengan 5/6, tapi 2/5. Dua siswa di antaranya menemukan jawaban yang benar yaitu 5/6, sedangkan satu siswa menjawab secara ngawur. Hal itu, memperlihatkan bahwa pengetahuan matematika di Indonesia ini rendah,” kata Ahmad Rizaldi, salah satu perintis GERNAS TASTAKA NU Circle yang juga merupakan seorang dosen di UI Jakarta, saat memberikan sambutan di acara pembukaan.

Dari latar belakang tersebut, dan berpedoman juga pada grafik tingkat pendidikan di Indonesia tahun 2003-2018 yang belum merata dan semakin menurun, GERNAS TASTAKA NU Circle pun membuat pelatihan Matematika yang terbuka umum untuk para guru dan calon guru Matematika, terkhusus kalangan santri dan madrasah.

Selanjutnya, Setiawan Agung Wibowo dan Muhammad Fathii menjadi pemandu sekaligus pemateri ngaji matematika, yang diikuti oleh 40 orang dari perwakilan guru sekolah dan mahasiswa Pendidikan Matematika di sekitar Pesantren Tebuireng.

“Gerakan ini kan berdiri atas inisiatif para guru, dosen, dan akademisi yang ingin memajukan pendidikan di Indonesia, terutama di bidang matematika. Untuk itu, pelatihannya juga di khususkan untuk para guru dan calon guru juga. Supaya nanti dapat meningkatkan kualitas para guru, dan harapannya bisa menjadi bekal dalam pembelajaran kepada murid-muridnya di sekolah,” kata Setiawan Agung Wibowo, saat ditemui oleh tim redaksi UKMP Moderat.

Dengan adanya ngaji matematika ini, harapannya adalah dapat memberantas buta matematika secara masif melalui perubahan cara mengajar guru di tingkat sekolah dasar, mengembalikan pembelajaran matematika melalui pendekatan konkrit-piktorial-abstrak, serta menanamkan pembelajaran matematika melalui prinsip penalaran dan pembuktian matematika, pemecahan masalah, komunikasi gagasan, koneksitas, dan representatif.

 

 

 

Editor : Rokhimatul Inayah

5 KOMENTAR

  1. Howdy this is kind of of off topic but I was wanting to know if blogs use WYSIWYG editors or if you have to manually code with HTML. I’m starting a blog soon but have no coding know-how so I wanted to get advice from someone with experience. Any help would be enormously appreciated!

  2. Thanks for another informative site. Where else could I get that kind of info written in such an ideal way? I’ve a project that I am just now working on, and I have been on the look out for such info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Follow My

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6285717777301

Baca Juga

Jumat Puisi

0
Elips Senyuman Oleh: Mailinda Putri Anggia Sari   Berawal dari sebuah lipatan Yang tersembunyi dalam keheningan Akankah menampakan Realisasi akan kebahagiaan   Terkadang kita harus mengetahui Bagaimana itu terlampaui Hempasan duka yang sangat bermemori Dalam...
ket: para juara lomba pramuka yang sedang berfoto bersama

Pertama Kalinya! UKM Pramuka Unhasy Bersama PMB Unhasy Adakan Lomba Pramuka Penegak Rendezvous Unhasy...

68
Moderatpers-Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Unhasy bersama dengan PMB Unhasy untuk pertama kalinya menyelenggarakan Lomba Pramuka Penegak Rendezvous Unhasy 2024 se-Jawa Timur. Acara tersebut...
(Sumber gambar: suara.com)

Sejarah Memperingati Hari Olahraga Nasional

0
  Moderatpers.com- Indonesia memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada setiap 9 September. Menilik sejarah, peringatan Haornas tak bisa lepas dari gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON)....

Launching Komunitas Medan Djoeang, Gelar Pelatihan Jurnalistik

0
Moderatpers.com - Badan Esekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy’ari. Sukses meluncurkan komunitas Medan Djoeang di Loby kampus C, pada Kamis (30/01/20).            ...

Keren!!!Dekan FE Unhasy Jadi Pembicara di Webinar UiTM Malaysia

0
LPM FUM – Senin, (18/01/2020), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Hasyim Asy’ari bekerja sama dengan Tim Kelompok D’Bankers Universiti Teknologi Mara (UiTM) Cawangan Negeri...