spot_imgspot_imgspot_img
Rabu, Juni 12, 2024
spot_imgspot_imgspot_img
BerandaBERITAKDLK UNHASY Desa Ngusikan Gelar Festival 10 Muharram 1445 H

KDLK UNHASY Desa Ngusikan Gelar Festival 10 Muharram 1445 H

ModeratPers – Kelompok 17 Kuliah Di Luar Kampus (KDLK) Universitas Hasyim Asy’ari (UNHASY) menggelar Pengajian Akbar yang menjadi penutup program KDLK. Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Baiturrohmah desa Ngusikan, pada Kamis (27/07).

Mengusung tema “Menyambut Muharram dengan meningkatkan Kepedulian dan Kebersamaan Umat”, acara ini dibuat dengan tujuan untuk menumbuhkan semangat masyarakat desa ngusikan dalam menyambut 10 muharram melalui rangkaian kegiatan keagamaan.

“Tema ini cocok untuk menyatukan umat islam agar dilingkupi majlis ilmu yang bermanfaat”, ujar Arif Kholbi, selaku ketua pelaksana.

Acara dimulai dengan santunan anak yatim lalu dilanjutkan dengan pengajian umum. Selain warga dan perangkat desa Ngusikan, kegiatan ini juga turut mengundang Grup Banjari Al Furqonul Karim.

Acara ini mengundang Zuhdi Sarwojati sebagai penceramah. Dalam isi pengajiannya, ia menjelaskan tentang Persepsi Masyarakat Jawa terhadap pernikahan di bulan Muharram.

Masyarakat Jawa pada dasarnya percaya akan hal-hal bersifat magis dan spiritualisme (kepercayaan terhadap hal-hal gaib). Sifat magis relegius diartikan sebagai suatu pola pikir yang diartikan pada religiositas, yakni keyakinan bersifat sakral. Sebelum masyarakat adat mengenal hukum agama, masyarakat adat membuktikan keberadaan religiusitas ini dengan cara berfikir yang animistis, dan kepercayaan kepada alam gaib.

Perkawinan masyarakat Jawa pada umumnya masih dilaksanakan berdasarkan kepercayaan leluhurnya terdahulu, dikarenakan masih adanya kepercayaan-kepercayaan dalam masyarakat tersebut yang sudah turun-temurun sejak dahulu.

Dan bulan Muharram adalah bulan yang di keramatkan, apabila masih melaksanakan hajat pada bulan itu maka di percaya akan mendapat berbagai musibah atau dalam acaranya banyak terjadi gangguan-gangguan.

“Agama Islam tidak pernah mengajarkan umatnya untuk meramalkan keburukan, Islam memandang semua hari, bulan, dan tahun adalah waktu yang baik”, jelas penceramah yang akrab disapa ustadz Zuhdi.

Untuk kedepannya, Ustadz Zahdi berharap masyarakat jawa untuk tidak terlalu mengkhawatirkan musibah yang akan terjadi berdasarkan ramalan-ramalan dari leluhurnya, dikarenakan musibah yang terjadi di alam semesta ini karena ditakdirkan oleh Allah SWT.

“Semoga semua masyarakat jawa memahami bahwa semua musibah itu adalah ketetapan dari Allah, akan tetapi kebanyakan dari mereka tidak mengetahuinya,” sambungnya.

 

Pewarta : Elfira Agustya Putri

Editor : M. Maksum Ali

6 KOMENTAR

  1. Thanks for sharing excellent informations. Your website is so cool. I am impressed by the details that you’ve on this website. It reveals how nicely you understand this subject. Bookmarked this website page, will come back for extra articles. You, my friend, ROCK! I found simply the information I already searched all over the place and just could not come across. What a perfect web site.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Follow My

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6285717777301

Baca Juga

Ibu, Kunci Peradaban Manusia dan Tonggak Kasih Sayang dalam Keluarga

4
Moderatpers.com – Hari Ibu di Indonesia diperingati setiap tanggal 22 Desember. Begitupun pada tahun ini. Perayaan ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan terhadap perjuangan Ibu....

FIP Unhasy Gelar Webinar Nasional Dengan Tema ‘Kepemimpinan Dalam Pendidikan’

7
Möderatpers.com– Rabu, (30/06), Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Hasyim Asy’ari (FIP Unhasy) menyelenggarakan webinar nasional dengan tema “Kepemimpinan Dalam Pendidikan”. Acara tersebut dimulai pada pagi...
tuna rungu

Si Tuli di Mambulu

61
Karya: Ratna Dea Febrianti “Ahh … ini tidak mungkin!” “Ada apa, Yah? Kenapa Ayah berteriak?” sahut seorang wanita berlari ke sumber suara. “Istriku, maaf aku tidak...
unhasy berduka

UNHASY Kembali Berduka, Guru Besar Prodi PBA Berpulang ke Rahmatullah

0
Moderatpers.com – Rabu, (21/07). Innalillahi wa innailaihi roji’un, keluarga besar Universitas Hasyim Asy’ari (UNHASY), khususnya Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (Prodi PBA) kembali berduka...

UKMP MÖDERAT Gelar Acara Halal Bihalal Virtual Lintas Angkatan

0
Möderatpers.com- Selasa, (25/5), UKMP Moderat Universitas Hasyim Asy’ari menggelar acara “Halal Bihalal Virtual dan Revitalisasi UKMP Moderat After Lebaran.” Acara yang dilaksanakan via goggle...