spot_imgspot_imgspot_img
Rabu, Juni 12, 2024
spot_imgspot_imgspot_img
BerandaUNEK-UNEKArtikelDampak Positif dan Negatif Penggunaan Artificial Intelligence Bagi Mahasiswa

Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Artificial Intelligence Bagi Mahasiswa

Moderatpers – Baru-baru ini dunia dibuat gempar oleh teknologi baru yang sedang ramai diperbincangkan. Kehadiran kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence membawa dampak yang cukup signifikan. Informasi semakin cepat menyebar dan aktivitas manusia semakin mudah dilakukan. Tak terkecuali bagi mahasiswa, tentunya Artificial Intelligence atau yang sering disebut AI ini memudahkan proses perkuliahan.

AI merupakan salah satu teknologi yang sedang populer saat ini. AI dapat banyak membantu dalam berkomunikasi, menemukan lokasi, dan lain-lain. Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan adalah sistem komputer yang mampu melakukan tugas-tugas yang biasanya membutuhkan kecerdasan manusia. Teknologi ini dapat membuat keputusan dengan cara menganalisis dan menggunakan data yang tersedia di dalam sistem. Proses yang terjadi dalam AI mencakup learning, reasoning, dan self-correction. Proses ini mirip dengan manusia yang melakukan analisis sebelum memberikan keputusan.

Tentu hal ini sangat memudahkan bagi mahasiswa. Terutama penggunaan Chat GPT ( Generative Pre-trained Transformer) yang bisa menjawab apapun pertanyaan yang dituliskan didalamnya. Bahkan Chat GPT bisa memberikan makalah atau penelitian jika ada yang meminta demikian. Namun yang menjadi pertanyaan, apakah hal tersebut dinilai baik? Berikut penjelasan dampak dari AI bagi mahasiswa.

Dampak positif Artificial Intenlligence (AI):

1. Memiliki ketepatan dan keakuratan dalam mengerjakan tugasnya.

Teknologi ini disetting untuk membantu memudahkan pekerjaan manusia, tak terkecuali mahasiswa. Pekerjaan akan lebih fleksibel dan membutuhkan waktu yang singkat. Semua yang mahasiswa pertanyakan akan terjawab didalamnya.

2. Menggantikan tugas manusia yang berulang-ulang dan bersifat rutinitas.

Tak hanya fleksibel, AI bisa menjadi asisten mahasiswa yang bisa mengerjakan secara berulang dan terus menerus. Mahasiswa tidak perlu repot-repot mencari dalam mengerjakan tugasnya.

3. Bisa digunakan kapan saja dan dalam jangka waktu yang panjang.

AI tidak memiliki batasan waktu. Mahasiswa bisa menggunakannya setiap saat bahkan dalam jangka waktu yang lama. Ini menjadi data tarik tersendiri bagi AI.

4. Lebih murah

Dengan menggunakan AI, mahasiswa tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyelesaikan tugasnya. AI benar-benar mengetahui seluk belum permasalahan yang dihadapi. Karena AI memang didesain seperti halnya manusia.

5. Bisa mengerjakan pekerjaan dengan lebih cepat dan lebih baik

Menggunakan AI akan mempersingkat waktu yang dihabiskan dalam mengerjakan sesuatu. Mahasiswa akan memiliki lebih banyak waktu luang karena kemudahan AI dalam mengerjakan pekerjaan.

Dampak negatif dengan adanya Artificial Intelligence (AI) adalah :

1. Membuat mahasiswa menjadi jauh lebih malas dibandingkan sebelumnya dikarenakan fitur-fitur yang ditawarkan sangat memudahkan mahasiswa dalam menyelesaikan pekerjaan kuliahnya. Mahasiswa akan mudah menyepelekan pekerjaan yang diberikan.

2. Artificial Intelligence (AI) tidak memiliki Common Sense, AI mampu belajar dan bekerja sendiri layaknya manusia, tetapi AI tidak dapat memahami tujuan dari infirmasi itu dibuat. Karena pemahaman menyeluruh hanya bisa dimiliki oleh manusia. Walaupun didesain seperti manusia tapi AI juga memiliki kekurangan.

3. AI masih tertinggal untuk pemrosesan informasi yang bersifat vertical dan membutuhkan sence yang kompleks. Dibalik kemudahan yang ditawarkan, AI tetaplah teknologi yang pada dasarnya masih membutuhkan waktu untuk informasi yang sedemikian rupa.

4. Literasi mahasiswa akan menurun karena mereka tidak perlu repot-repot membaca jurnal atau buku. AI memiliki daya tarik yang membuat atensi mahasiswa lebih memilih cara yang mudah ketimbang harus membaca referensi.

5. Menggunakan AI dalam waktu yang cukup lama bisa berpotensi kecanduan. Sama halnya seperti game online, AI pun juga demikian. Jika menggunakan terlalu lama, maka seseorang bisa menyalami kecanduan.

 

Dalam memanfaatkan sebuah teknologi, sesuaikanlah dengan kebutuhan. Tidak perlu mematok diri pada teknologi yang terus berkembang setiap waktu. Gunakan secara bijak dan beretika. Imbangi diri dengan ilmu pengetahuan dan ilmu agama yang seimbang sehingga bisa memilah dan memilih mana yang baik dan mana yang perlu ditinggalkan. Karena teknologi diciptakan untuk memudahkan aktivitas manusia, dimana manusia menjadi pengendali, bukan manusia yang dikendalikan.

 

Penulis : Helfi & Dewi Sulistia

Editor: M. Maksum Ali

15 KOMENTAR

  1. I blog quite often and I really appreciate your content.
    This great article has truly peaked my interest.
    I’m going to bookmark your blog and keep checking for new information about once per week.
    I subscribed to your RSS feed as well.

  2. I do agree with all of the concepts you’ve presented in your post.
    They’re really convincing and will certainly work.
    Nonetheless, the posts are very quick for newbies.
    May you please lengthen them a little from next time?

    Thank you for the post.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Follow My

https://api.whatsapp.com/send/?phone=6285717777301

Baca Juga

Mengungkap Lengsernya Presiden Ke-4

0
Möderatpers.com- Kerja sama antara Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Hasyim Asy’ari (BEM Unhasy) dengan Unit Kegiatan Mahasiswa Forum Unhasy Menulis (UKM FUM) berhasil mensukseskan acara...

Refleksi Hari Guru Nasional, Momentum Guru Untuk Memperbaiki Niat dan Ketulusan Hati

3
Moderatpers.com - Refleksi hari guru nasional, tentunya dapat dijadikan momentum untuk memperbaiki niat dan ketulusan dalam mengajar. Guru merupakan salah satu profesi yang menjadi elemen...

Prodi Akuntansi FE Unhasy Adakan Pengabdian Kepada Masyarakat Di SMA Kadiri Kras

12
Moderatpers.com - Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy’ari (FE Unhasy) Tebuireng Jombang, telah melangsungkan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMK Kadiri...
Bulan Dzulhijjah merupakan bulan terakhir dalam kalender hijriyah dan termasuk salah satu dari empat bulan yang dimuliakan (Asyhurul Hurum). Ada banyak keutamaan yang terdapat pada 10 hari pertama dalam bulan ini. Apa sajakah itu, berikut ulasannya.

Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

0
Moderatpers - Bulan Dzulhijjah merupakan bulan terakhir dalam kalender hijriyah dan termasuk salah satu dari empat bulan yang dimuliakan (Asyhurul Hurum). Ada banyak keutamaan...
Tanggapi Surat Edaran Kebijakan Kuliah Online, DPM-U Adakan Serap Aspirasi Mahasiswa

Tanggapi Surat Edaran Kebijakan Kuliah Online, DPM-U Adakan Serap Aspirasi Mahasiswa

2
Moderatpers.com – Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas Hasyim Asy'ari (DPM-U) adakan serap aspirasi mahasiswa guna menanggapi surat edaran yang dikeluarkan rektorat tentang pemberitahuan persiapan awal...